10 Kota dengan Populasi Penduduk Terbanyak di Indonesia

10 Kota dengan Populasi Penduduk Terbanyak di Indonesia
info gambar utama

Kota menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah daerah pemukiman yang terdiri atas bangunan rumah yang merupakan kesatuan tempat tinggal dari berbagai lapisan masyarakat. Kota juga merupakan daerah pemusatan penduduk dengan kepadatan tinggi serta fasilitas yang modern. Di Indonesia, sebutan kota juga digunakan sebagai daerah atau unit administrasi negara yang berada di bawah provinsi dengan wali kota sebagai pemimpinnya.

10 Kota dengan Populasi Penduduk Terbnayak di Indonesia
info gambar

Berdasarkan data yang dirilis oleh Kementerian Dalam Negeri RI dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan, berikut adalah 10 kota terbesar di Indonesia berdasarkan jumlah populasi penduduk.

  1. Jakarta

Sudah tidak diragukan lagi bahwa DKI Jakarta merupakan kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Sebagai ibu kota negara, Jakarta memang menjadi pusat dari segala perkembangan baik di bidang keuangan, pendidikan, serta hiburan. Oleh karena itu, banyak orang yang bermigrasi ke kota metropolitan tersebut.

Dengan menggabungkan jumlah penduduk dari lima kota administrasi yang ada di Provinsi DKI Jakarta, maka penduduk Kota Jakarta berjumlah 10.306.803 jiwa.

  1. Surabaya

Posisi kedua ditempati oleh Surabaya. Kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan ini memiliki populasi penduduk sebanyak 2.827.392 jiwa. Kota ini merupakan kota terbesar sekaligus pusat pendidikan, keuangan, jasa dan perdagangan terbesar di Provinsi Jawa Timur.

  1. Medan

Posisi ketiga diisi oleh Kota Medan, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 2.478.145 jiwa. Ibu kota Provinsi Sumatra Utara ini juga merupakan kota dengan penduduk paling banyak di Pulau Sumatra.

Kota Medan menjadi pusat ekonomi, keuangan dan perdagangan terbesar di luar Pulau Jawa. Bersama Jakarta dan Surabaya, Kota ini dikenal sebagai markas berdirinya gedung-gedung tinggi.

  1. Bekasi

Di posisi keempat ada Kota Bekasi, kota ini memiliki jumlah penduduk sebesar 2.409.083 jiwa, jumlah tersebut menjadikannya sebagai kota dengan penduduk paling banyak di Provinsi Jawa Barat.

Kota Bekasi menjadi tempat beroperasinya beberapa perusahaan dan industri berskala besar. Selain itu upah minimum Kota Bekasi yang tinggi menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat yang hendak bermigrasi.

  1. Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Bandung, kota yang dijuluki “Paris Van Java” ini menempati peringkat kelima sebagai kota dengan populasi penduduk terbesar di Indonesia.

Kota yang berstatus sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat ini memiliki populasi sebesar 2.404.589 jiwa. Iklim usaha yang baik ditambah suasana kota yang sejuk dan nyaman menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menetap di Kota Bandung.

  1. Depok

Kota Depok lebih dikenal sebagai kota penyangga Jakarta, kota ini menjadi bagian dari area metropolitan terbesar di Indonesia (Jabodetabek).

Menurut data Kementerian Dalam Negeri RI terbaru, pada 2017 Kota Depok memiliki jumlah penduduk sebesar 1.809.120 juta jiwa dan menempati peringkat keenam sebagai kota dengan populasi penduduk terbanyak di Indonesia.

  1. Makassar

Posisi ketujuh diisi oleh Kota Makassar, kota yang kaya akan sejarah ini dikenal sebagai pusat pendidikan, keuangan dan perdagangan terbesar di wilayah Indonesia Timur.

Kota yang berstatus sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi selatan ini memiliki populasi penduduk sebesar 1.663.479 jiwa, menjadikannya sebagai kota dengan populasi terbesar di Pulau Sulawesi.

  1. Semarang

Berstatus sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah, Semarang memiliki populasi penduduk sebanyak 1.653.039 jiwa. Selain sebagai pusat pemerintahan, Semarang juga dikenal sebagai pusat Pendidikan, industri, jasa dan perdagangan terbesar di Provinsi Jawa Tengah.

  1. Tangerang

Kota yang menjadi bagian dari wilayah Metropolitan Jabodetabek ini memiliki populasi sebesar 1.651.428 jiwa. Tangerang merupakan markas dari perusahaan dan pabrik berskala besar, maka tak heran upah minimum kota ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia.

  1. Palembang

Posisi terakhir diisi oleh Palembang. Kota yang terkenal dengan Jembatan Amperanya ini memiliki populasi penduduk sebanyak 1.569.297 jiwa. Catatan tersebut menjadikan Palembang sebagai kota dengan populasi penduduk terbesar kedua di Pulau Sumatra setelah Medan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini