Inkubasi Virtual, Fasilitasi Pendiri Startup di Seluruh Penjuru Indonesia

Inkubasi Virtual, Fasilitasi Pendiri Startup di Seluruh Penjuru Indonesia
info gambar utama

Situasi krisis akibat pandemi yang sedang dialami oleh Indonesia dirasakan dampaknya oleh berbagai kalangan, termasuk para pendiri startup. Namun demikian, hal ini tidak menyurutkan semangat inovasi dan eksperimen yang dimiliki oleh para wirausahawan tersebut.

Dengan sumber daya yang dimiliki, para pendiri startup tersebut terus berusaha untuk menciptakan produk-produk yang dibutuhkan dan menjadi solusi bagi masyarakat atau konsumen. Pada saat bersamaan, mereka juga menguji model bisnis agar usaha yang mereka bangun dapat tumbuh berkelanjutan.

Namun demikian, risiko kegagalan startup cukup tinggi, terutama di masa awal usia pendiriannya. Pada masa tersebut, startup perlu dukungan ekosistem yang positif bagi perkembangannya. Salah satu ekosistem yang diperlukan adalah inkubasi bisnis. Apalagi dalam masa krisis seperti saat ini, keberadaan inkubasi secara signifikan sangat dibutuhkan oleh startup, agar dapat terus bertahan bahkan melanjutkan perkembangannya.

Hal inilah yang melatari Masyarakat Industri Kreatif TIK/Digital Indonesia atau MIKTI bersama A-incubator melaksanakan inkubasi virtual yang dikhususkan untuk para pendiri startup dari seluruh Indonesia, termasuk jika mereka sedang berdomisili di luar negeri. Dengan metode pelaksanaan layanan inkubasi yang sepenuhnya dijalankan secara online, layanan dapat diikuti dari manapun mereka berada dan fleksibilitas yang tinggi.

MIKTI Start adalah layanan inkubasi virtual untuk startup digital yang dipersembahkan oleh MIKTI dan A-incubator, agar pendiri startup dari berbagai daerah di Indonesia dapat memperoleh dukungan yang diperlukan. Sepanjang para pendiri startup digital tersebut memiliki tekad dan kesungguhan untuk mengikuti program.

Tahapan program dalam layanan inkubasi virtual MIKTI Start dijalankan secara online sepenuhnya menggunakan platform khusus yang disediakan. Hal ini membuat program bisa diikuti oleh siapapun tanpa ada batasan waktu dan tempat. MIKTI Start didukung oleh layanan inkubasi bisnis dan para mentor yang berpengalaman.

Solusi akselerasi di tengah krisis

Melalui layanan yang diberi tajuk “MIKTI Start” ini, para pendiri startup akan mendapatkan berbagai penguatan pengetahuan dan keterampilan yang sangat diperlukan untuk mengelola startup-nya hingga menyelesaikan setiap tahapan. Lama masa layanan bagi tiap startup tergantung pada tekad dan kesungguhan untuk mengikuti program.

Terdapat tiga jenjang yang dapat dipilih dan diikuti oleh seluruh peserta pendiri startup, baik yang baru akan memulai maupun yang saat ini produknya sudah tersedia, antara lain Problem-Solution Fit untuk startup pada tahap ide dan difokuskan untuk menyempurnakan ide tersebut dengan diiringi validasi ide secara bertahap.

Product-Launch Fit untuk tahap pengembangan produk berdasarkan ide yang telah tervalidasi yang dilanjutkan dengan aktivasi pengguna awal, serta Product-Market Fit untuk startup yang memiliki produk yang telah dapat diakses oleh pengguna untuk kemudian fokus pada iterasi penyempurnaan produk dan model bisnis serta retensi pelanggan awal sebelum akhirnya memperluas pasar pada tahap selanjutnya.

Pada setiap jenjang, terdapat materi pelatihan lengkap dan disajikan secara bertahap sesuai dengan tahapan inovasi yang dirancang berdasarkan metodologi inovasi berstandar global, yaitu Lean Startup, Design Thinking dan Agile Development, serta lembar kerja untuk membantu proses implementasinya.

Selain itu, para peserta akan mendapat pendampingan dari para mentor berpengalaman di bidang startup serta menguasai metodologi inovasi yang diterapkan. Peserta dapat memilih mentor sesuai dengan kebutuhan pada setiap tahapannya, termasuk kesesuaiannya dengan bidang industri atau jenis solusi startup tersebut.

Meskipun dijalankan secara virtual dan fleksibel, peserta tetap akan merasakan pengalaman inkubasi yang berkualitas, karena MIKTI dan A-incubator telah mengembangkan standar “kurikulum” yang teruji bagi pelaksanaan inkubasi, baik secara offline maupun online.

Layanan inkubasi virtual MIKTI Start sudah dapat diikuti secara gratis dan tidak ada batas waktu pendaftaran. Calon peserta cukup dengan melengkapi profil data startup beserta tim dengan registrasi dan aktivasi akun lebih dulu di platform web start.mikti.id, tanpa seleksi. Setelahnya terdaftar, peserta langsung dapat menjalani tahapan proses inovasi, mendapatkan materi pelatihan, mengisi lembar kerja serta diskusi dengan mentor yang dilakukan sepenuhnya melalui platform tersebut.

Menurut Koordinator Program MIKTI Start, Indra Purnama, setiap startup memiliki tantangan yang berbeda-beda, baik karena faktor internal startup tersebut misalnya komposisi tim dan karakteristik solusi yang dikembangkan maupun faktor eksternal seperti aspek pasar dan industri yang dipilih.

Memberikan batasan waktu yang baku akan beresiko untuk membuat startup peserta inkubasi tidak cermat dalam melalui proses dan tahapan inovasi yang penting serta dalam mengelola aspek resiko yang menyertainya. Dengan begitu, founder juga dapat bertanggung jawab dan leluasa mengelola waktu dan rencana kerjanya dengan baik, sesuai kebutuhan spesifik startup mereka.

Para peserta yang secara serius mengikuti Layanan Inkubasi Virtual MIKTI Start ini juga berkesempatan bertemu dengan sejumlah pihak yang dapat membantu mengembangkan bisnis mereka lebih lanjut. Pihak-pihak tersebut antara antara lain angel investor, venture capital, korporasi, pemerintah dan mitra strategis lainnya.

Angel.ID sebagai kelompok angel investor dan merupakan organisasi induk dari A-incubator akan memberikan fasilitas khusus bagi startup yang terpilih dengan sejumlah angel investor Indonesia.*

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini