Yuk! Sisihkan Uang kawan dengan 3 Trik Menabung Ini

Yuk! Sisihkan Uang kawan dengan 3 Trik Menabung Ini
info gambar utama

Pernahkah Kawan merasa sulit menabung? Mungkin penyebabnya karena Kawan memiliki perilaku konsumtif atau kurang semangat dalam menabung. Padahal, menabung merupakan kebiasaan baik dan Kawan akan merasakan berjuta manfaat di kemudian hari, seperti membantu biaya hidup tak terduga, mencapai rencana finansial, atau memenuhi impianmu.

Mungkin Kawan bisa menerapkan 3 trik menabung unik berikut agar lebih giat menyisihkan uang.

1. Mulai dari receh

Ilustrasi © Kompasiana
info gambar

Trik menabung ini cocok untuk Kawan yang merasa terbebani setiap kali harus menyisihkan uang dengan jumlah besar. Terlebih, jika Kawan memerlukan banyak biaya untuk kebutuhan sehari-hari dan tak ada dana tersisa untuk ditabung. Kini tak ada alasan lagi untuk tak menabung karena Kawan bisa memulainya dari uang receh.

Jangan pernah anggap remeh uang receh. Meski nominalnya kecil, tetapi bila dikumpulkan sedikit demi sedikit, akan menjadi bukit alias berjumlah banyak. Sediakan celengan berukuran besar karena frekuensi Kawan bertemu uang receh akan cukup sering. Apabila Kawan menemukan uang receh di dalam saku, dompet, atau tas, segera masukan ke dalam celengan.

Uang receh dalam trik ini adalah pecahan uang dengan nilai kurang dari Rp10.000. Berarti, nominal uang yang bisa Kawan kumpulkan setiap harinya mulai dari uang koin, seperti Rp100, Rp200, Rp500, dan Rp1.000 hingga uang kertas, seperti Rp1.000, Rp2.000, dan Rp5.000. Kawan mungkin bisa terkejut saat menghitung jumlah yang telah terkumpul!

2. The power of Rp20.000

Ilustrasi © Bank Sinarmas
info gambar

Trik menabung selanjutnya dipopulerkan oleh Ippho Santosa, seroang motivator. Ia berbagi rahasia menabung yang unik dan efektif. Bagi Kawan yang malas menabung, trik ini bisa menjadi pilihan ampuh. Penerapannya cukup mudah, Kawan hanya perlu menyediakan celengan dan menyisihkan setiap uang dengan nominal Rp20.000 untuk ditabung.

Saat Kawan berbelanja dan menerima kembalian dua lembar uang Rp20.000, membersihkan tas dan menemukan uang Rp20.000, atau di situasi apapun, maka semua uang tersebut harus segera ditabung. Namun, sebenarnya Kawan bisa menyesuaikan nominal tersebut dengan kemampuan masing-masing.

Asumsikan bahwa sehari Kawan bisa menyisihkan selembar uang Rp20.000. Tanpa disadari, dalam 30 hari Kawan sudah menghimpun sebanyak Rp600.000. Berdasarkan sisi psikologis, tentu akan terasa lebih mudah daripada langsung menabung sebesar Rp600.000.

3. Tabel 52 angka untuk 52 minggu senilai 10 juta

Ilustrasi © Instagram gatherich
info gambar

Trik terakhir kali ini diperkenalkan oleh @gatherich, akun instagram financial educator. Akun ini membagikan tabel produktif untuk siapapun yang tertarik menabung dengan tujuan luar biasa. Kawan bisa menghimpun uang sebesar 10 juta rupiah dalam setahun jika konsisten mengikuti trik ini.

Dalam tabel tersebut tertulis 52 nominal uang karena setidaknya dalam setahun terdiri dari 52 minggu. Setiap minggunya, Kawan harus memilih satu nominal yang tertera di tabel dan menabung sejumlah nominal tersebut. Apabila Kawan tak memiliki dana lebih, maka boleh untuk tak menabung pada minggu tersebut karena di dalam tabel ini juga terdapat nominal 0.

Usai menabung, jangan lupa untuk mencoret angka nominalnya. Setelah mencoret seluruh angka pada tabel, maka Kawan telah berhasil menabung senilai 10 juta rupiah. Tabel ini bisa ditempelkan di dinding kamar, meja belajar, kulkas, atau di tempat lain yang mudah dilihat agar tidak terlupa.

Nah, mudah bukan? Kawan bisa mulai menerapkan trik menabung di atas sedini mungkin. Ucapkan selamat tinggal pada kegiatan menabung yang membosankan dan siap-siap merasakan manfaat luar biasa! (RIF)

Sumber: Akurat.co | Koinworks.com | Cigna.co.id | Sahabat Pegadaian

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini