7 Perusahaan BUMN Pemilik Aset Terbesar 2020, Siapa Juaranya?

7 Perusahaan BUMN Pemilik Aset Terbesar 2020, Siapa Juaranya?
info gambar utama

Kawan GNFI, pasti kalian sudah tidak asing dengan istilah BUMN atau Badan Usaha Milik Negara?

Sebagai negara yang menganut sistem ekonomi Pancasila (campuran), Indonesia memiliki sederet perusahaan yang memproduksi barang dan jasa yang yang ditujukan untuk hajat hidup orang banyak atau masyarakat Indonesia.

Barang dan jasa tersebut diproduksi secara masif oleh perusahaan BUMN yang berada di bawah naungan Kementerian BUMN Republik Indonesia.

Kalo dilihat secara fungsi, BUMN memiliki fungsi sebagai penyedia layanan kebutuhan masyarakat, sebagai pengelola dari cabang-cabang produksi sumber daya alam untuk masyarakat dan masih banyak lagi.

Tulisan kali ini mengulas mengenai perusahaan BUMN yang memiliki total aset paling besar. Empat dari tujuh perusahaan yang masuk dalam daftar adalah perusahaan perbankan sedangkan sisanya merupakan perusahaan non-perbankan.

Sebagai informasi, tiap-tiap perusahaan BUMN diwajibkan melaporkan keuangan dan aset setiap tahunnya. Berikut GNFI sajikan, 7 BUMN pemilik aset terbesar berdasarkan laporan keuangan konsolidasi terbaru semester 1/2020 atau kuartal II/2020.

Baca juga: 10 Perusahaan Terbesar di Indonesia

1. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa dikenal PLN menempati peringkat pertama sebagai BUMN pemilik aset terbesar. Dalam laporan keuangan konsolidasi terakhir atau pada kuarter II/2020, jumlah aset PLN mencapai Rp1.617,55 triliun. Dengan rincian, aset tidak tetap sebesar Rp1.455,05 triliun dan aset lancar sebesar Rp162,49 triliun. Besarnya aset PLN sangat wajar, mengingat jangkauan perusahaan dan layanannya tersebar luas dari Sabang hingga Merauke, bahkan sampai ke pelosok negeri.

2. PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk

Posisi kedua ditempati oleh salah satu bank dengan nasabah paling banyak di Indonesia, Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Dalam laporan konsolidasi kuartal II/2020, jumlah aset BRI mencapai Rp1.387,76 triliun. Tingginya nominal tersebut sekaligus membuat BRI dinobatkan sebagai Bank dengan aset terbesar di Indonesia.

3. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menempel di posisi ketiga dengan jumlah aset yang tak kalah besar. Bank Mandiri melaporkan jumlah aset pada laporan keuangan semester 1/2020 sebesar Rp1.169 triliun, dengan total liabilitas senilai Rp1.033,33 triliun.

4. PT Pertamina (Persero)

Perusahaan minyak terbesar dan terkemuka di Tanah Air PT Pertamina (Persero) menempati peringkat keempat sebagai BUMN pemilik aset terbesar. Dalam laporan keuangan konsolidasi terakhir, jumlah aset Pertamina mencapai Rp984,93 triliun, dengan rincian Rp639,8 triliun aset tidak lancar dan Rp343 triliun aset lancar.

5. PT Bank Negara Inodnesia (Persero) Tbk

Salah satu Bank paling populer di Tanah Air, Bank Negara Inodnesia atau yang biasa dikneal BNI masuk jajaran BUMN pemilik aset terbesar. Jumlah aset BNI mencapai Rp813 triliun, sementara jumlah utang BNI tercatat senilai Rp709,27.

6. Bank Tabungan Negara Persero)

Soal aset, Bank Tabungan Negara atau BTN tidak mau kalah dari bank lainnya. Tercatat BTN memiliki aset senilai Rp314,60 triliun menempatkannya sebagai BUMN pemilik aset terbesar ke-6 di Indonesia.

7. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Peringkat terakhir sebagai BUMN pemilik aset terbesar ditempati oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Perusahaan yang bergerak dibidang telekomunikasi ini mencatatkan total aset senilai Rp191,39 triliun dengan rincian, aset tidak lancar senilai Rp191,39 triliun dan aset lancar senilai Rp54,95 triliun.

==

Baca juga:

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini