Tak Ada di Negara Lain, Inilah Jurusan Kuliah Unik dan Langka di Indonesia

Tak Ada di Negara Lain, Inilah Jurusan Kuliah Unik dan Langka di Indonesia
info gambar utama

Penulis: Rifdah Khalisha

#WritingChallengeGNFI#CeritaDaerahdariKawan#MakinTahuIndonesia

Pemilihan jurusan kuliah mengambil andil cukup besar dalam menentukan masa depan Kawan nantinya. Mengingat kuliah menjadi langkah awal untuk mewujudkan karier dan cita-cita, maka Kawan harus memilih jurusan yang sesuai minat dan bakat.

Kebanyakan calon mahasiswa lebih memilih jurusan yang memang sudah terkenal dan banyak peminat yang tersedia di sebagian besar perguruan tinggi. Namun, tahukah Kawan kalau dari sekian banyak jurusan di Indonesia, ternyata ada jurusan langka? Bahkan, tak dapat Kawan temui di negara lain karena hanya ada di Indonesia.

Meski langka dan lulusannya masih terbilang sedikit, bukan berarti tak bagus. Justru, prospek kerjamu akan terbuka luas dan menjanjikan. Terlebih, Kawan akan terlatih memenuhi kebutuhan negeri. Penasaran apa saja jurusan langka di Indonesia? Yuk, kita intip.

1. Sastra Jawa

Ilustrasi © Dictio.id
info gambar

Apabila Kawan punya minat besar pada kebudayaan Jawa, maka jurusan Sastra Jawa cocok buatmu. Sastra Jawa, bagian dari budaya Indonesia menjadi salah satu jurusan yang hanya ada di Indonesia. Tak hanya sekadar bahasa, Kawan bisa mempelajari linguistik, karya sastra, dan kebudayaan Jawa dengan lebih luas.

Program studi ini memang terkesan kuno, tapi dengan mempelajari ilmu dan budaya Jawa melalui naskah-naskah kunonya, kamu jadi memahami seluk-beluk budaya Jawa dan menumbuhkan semangat untuk melestarikannya. Kawan juga akan banyak bertemu naskah-naskah Jawa kuno dengan berbagai topik bahasan, mulai dari kesehatan, filsafat, dan politik.

Jurusan ini tak mempersiapkan Kawan untuk menjadi dalang, penembang, sinden, pemain gamelan, atau pelaku budaya. Lebih dari itu, Kawan bisa mempersiapkan diri menjadi peneliti budaya Jawa. Kawan bisa menemui jurusan Sastra Jawa di Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Negeri Semarang.

2. Teknologi Batik

Teknologi Batik © Ukwms.ac.id
info gambar

Banyak dari Kawan mungkin baru mendengar atau mengetahui jurusan ini. Kehadirannya sebagai tindak lanjut dari pengukuhan batik sebagai warisan tak benda oleh UNESCO pada tahun 2009 lalu. Lalu, pada 2011, jurusan ini secara resmi hadir guna meluluskan penerus bangsa dengan pengetahuan dan keterampilan seputar batik. Buat Kawan yang suka dengan batik, maka jurusan ini cocok banget buatmu!

Dalam jurusan teknologi batik, Kawan bisa memahami seluk-beluk batik, mulai dari sejarah, filosofi, hingga produksi batik sendiri. Harapannya, para lulusan jurusan ini mampu mengembangkan teknologi dan mendirikan usaha mandiri di bidang batik. Kawan yang tertarik dapat mendaftarkan diri ke jurusan ini di Universitas Pekalongan.

3. Seni Pedalangan

Seni pedalangan © Smki-yogya.sch.id
info gambar

Siapa di antara Kawan yang suka menonton wayang? Nah, ternyata di Indonesia sudah ada jurusan seni pedalangan. Kehadirannya sebagai bentuk pelestarian akan budaya adat Jawa tradisional, yang tak lain adalah wayang.

Secara spesifik, seni pedalangan akan membahas terkait seni pementasan wayang tradisional. Para mahasiswa di sini harus berkarya mementaskan wayang, baik memerankan dalang maupun membuat alur cerita yang sesuai perkembangan zaman. Jadi, jurusan ini rasanya tepat untuk Kawan yang suka bercerita!

Lulusannya tak selalu menjadi dalang, tetapi juga bisa berprofesi sebagai pengamat dan peneliti budaya hingga penulis naskah. Hebatnya, sekarang sudha banyak perguruan tinggi yang punya jurusan seni pedalangan, seperti Institut Seni Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sebelas Maret, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Semarang, dan lainnya. Namun, jurusan yang telah terakreditasi A ada di Institut Seni Indonesia Denpasar dan Surakarta.

4. Seni Karawitan

Seni karawitan © Smki-yogya.sch.id
info gambar

Masih berkaitan dengan budaya Indonesia, ada pula jurusan seni karawitan. Menariknya, Kawan juga bisa menempuh pendidikan sekaligus ikut serta melestarikan budaya. Karawitan merupakan seni gamelan dan seni suara yang bertangga nada slendro dan pelog yang terkenal di Pulau Jawa dan Bali. Jadi, mahasiswa di jurusan ini akan mempelajari seni musik tradisional dari penjuru Nusantara.

Jadi, mahasiswanya berkesempatan menguasai alat musik tradisional, seperti gamelan, kecapi, gendang, suling, dan sebagainya. Selain itu, belajar teknik vokal dan aransemen musik tradisional, termasuk menyinden. Sama seperti seni pedalangan, sudah banyak universitas yang menyediakan jurusan ini.

Kawan bisa mendaftar di Institut Seni Indonesia di Denpasar dan Surakarta yang jurusan seni karawitannya telah terakreditasi A. Namun, masih ada universitas lain, yakni IKIP PGRI Madiun, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Medan, Universitas Indraprasta PGRI, Universitas Kristen Satya Wacana, dan Universitas Pendidikan Ganesha.

5. Tasawuf Psikoterapi

Psikoterapi © Sehatq.com
info gambar

Jangan khawatir, jurusan langka di Indonesia tak hanya seputar budaya saja, ada pula jurusan yang mirip psikologi. Jurusan ini bernama tasawuf psikoterapi, wajar saja kalau namanya masih asing di telinga karena Kawan hanya dapat menemukannya Indonesia. Di sini Kawan akan mempelajari teori gabungan anatara terapi psikologi dengan pendekatan tasawuf atau sufisme.

Tasawuf sendiri termasuk bagian dari ilmu agama Islam yang mempelajari tata cara menyucikan jiwa, menjernihkan akhlaq, serta memperoleh kebahagiaan. Jadi, tak hanya belajar kesehatan mental, baik dari sisi medis, psikologi, dan agama. Lengkap, bukan?

Beberapa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) sudah punya jurusan ini, di antaranya IAIN Tulungagung, Sumatera Utara, Imam Bonjol, Raden Intan, Walisongo, Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi. Sementara itu, Universitas Islam Negeri (UIN) juga punya jurusan ini, seperti di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Raden Fatah Palembang, Sultan Syarif Kasim, dan Syarif Hidayatullah.

Bagaimana Kawan, sudah tertarik memilih salah satu jurusan di atas untuk melanjutkan studi kuliahmu?

Kawan, untuk mendengarkan dan mengetahui lebih banyak informasi, yuk, dengarkan podcast GoodVoice di Spotify supaya Kawan Makin Tahu Indonesia!

Referensi: Kumparan | IDN Times | Go Kampus | Rencanamu

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini