Mengenal Ciri dan Jenis Madu Asli Indonesia, Kawan Perlu Tahu!

Mengenal Ciri dan Jenis Madu Asli Indonesia, Kawan Perlu Tahu!
info gambar utama

Manis dan bermanfaat, itulah madu. Harga madu yang tergolong mahal membuat banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab untuk menjadikannya sebagai usaha madu palsu. Hal ini tentunya sangat merugikan banyak pihak, karena madu yang semestinya memiliki banyak manfaat, menjadi tidak memiliki manfaat karena dipalsukan.

Agar Kawan tidak salah membeli madu di pasaran, tentunya Kawan GNFI wajib mengetahui ciri madu asli beserta jenis-jenis madu yang ada di Indonesia. Nah, ada baiknya Kawan membaca ciri madu asli yang dilansir dari Paramorina berikut ini.

1. Memiliki Tekstur yang Kental

Tekstur Madu | Foto: CekAja
info gambar

Madu asli memiliki tekstur yang kental alami. Kawan bisa menguji kekentalan madu ini dengan jara menggoyangkan botol madu tersebut.

Jika madu bergerak lambat karena teksturnya kental, kemungkinan besar madu tersebut asli atau murni. Namun, jika bergerak cepat dan cukup ringan, sudah dipastikan madu palsu atau sudah ditambahkan campuran.

2. Tidak Lengket

Ciri madu yang paling dasar untuk membedakan asli atau palsu yaitu tidak lengket. Kawan bisa mengujinya dengan cara mengoleskan madu pada kulit di bagian tubuh.

Madu asli akan cepat menyerap dengan sendirinya ketika dioleskan pada permukaan kulit. Namun, madu palsu akan menghasilkan butiran-butiran yang tertinggal, dan lengket.

3. Tidak Mudah Larut dalam Air

Ciri madu murni selanjutnya adalah tidak mudah larut dalam air. Kawan bisa mengujinya dengan cara mencampurkan madu dengan air di dalam suatu wadah.

Jika dimasukkan air, madu asli akan mengendap di dasar wadah. Sementara madu palsu akan menyatu dengan air secara cepat bahkan sebelum di aduk.

4. Membekukan Madu

Selanjutnya, madu asli akan memiliki proses pembekuan cenderung lebih lama.Madu asli akan cepat membeku jika dimasukkan ke dalam freezer. Madu palsu lebih cepat, mirip seperti pembekuan es batu yang menggunakan air.

Nah, setelah mengetahui beberapa ciri dan membuktikan bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu, sekarang saatnya Kawan mengetahui jenis-jenis madu asli Indonesia.

Jenis-Jenis Madu Asli Indonesia

1. Madu Hutan Sumbawa

Madu Hutan Sumbawa | Foto: Kompas.com
info gambar

Madu hutan Sumbawa merupakan salah satu jenis madu Indonesia yang memiliki ciri khas tekstur dan pekat. Madu ini memiliki kadar air yang jauh lebih rendah dibandingkan madu lainnya.

Hal tersebut terjadi karena tanah Sumbawa kering dan panas. Adapun lebah yang menghasilkan madu ini mengambil dari sumber nektar di pohon bidara.

2. Madu Randu

Jika tidak terlalu suka dengan rasa sangat manis, Kawan bisa mencoba madu jenis Randu ini. Selain memiliki rasa manis yang rendah, madu Randu juga memiliki sedikit rasa asam.

Jika dilihat dari warnanya, madu yang dihasilkan oleh lebah yang menghisap bunga Randu ini memiliki ciri khas warna cokelat terang.

3. Madu Hutan Timor

Madu Hutan Timor | Foto: Brambang.com
info gambar

Jika penasaran dengan madu yang berasal dari wilayah timur Indonesia, Kawan bisa mencoba madu Hutan Timor yang dihasilkan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur ini.

Untuk masalah kualitas, madu Hutan Timor tidak bisa diragukan lagi. Bahkan, madu ini disebut dengan madu dengan kualitas terbaik ke-3 di dunia setelah Yunani dan Australia.

4. Madu Rambutan

Seperti namanya, madu ini memiliki rasa dan aroma mirip dengan buah rambutan. Madu ini memang sengaja diternakkan di sekitar kebun rambutan dan memiliki rasa yang tidak begitu manis.

Sementara untuk warnanya, madu Rambutan memiliki warna kuning jernih. Khasiat madu ini tidak jauh berbeda dengan madu-madu lainnya, yakni dapat mengoptimalkan kinerja ginjal, melancarkan urine, menyembuhkan penyakit pinggang, dan sebagainya.

5. Madu Kopi

Madu Kopi | Foto: Maduwb.com
info gambar

Jenis madu asli Indonesia selanjutnya yaitu madu Kopi. Seperti dengan namanya, madu ini dihasilkan dari lebah yang mengambil sari dari bunga kopi.

Hal yang membuat spesial dari madu ini adalah memiliki sedikit aroma kopi yang khas. Untuk mengkonsumsi madu ini, Kawan bisa langsung meminumnya atau mencampurkannya dengan makanan.*

Referensi:CekAja | Sariagri.id | IDNTimes

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini