Di Mana Sebenarnya Pulau Madripoor di Serial Marvel "The Falcon and The Winter Soldier"?

Di Mana Sebenarnya Pulau Madripoor di Serial Marvel "The Falcon and The Winter Soldier"?
info gambar utama

Episode ke-3 serial marvel yang kini booming "The Falcon and The Winter Soldier" berjudul "Power Broker" mengisahkan perjalanan ke Madripoor, sebuah kota fiktif di Asia Tenggara tempat Sharon Carter bersembunyi sejak peristiwa "Captain America: Civil War".

Dimulai dengan pertemuan Sam Wilson (Anthony Mackie) atau Falcon dan Bucky Barnes (Sebastian Stan) atau Winter Soldier dengan Zemo (Daniel Bruhl) yakni orang yang menyebabkan Perang Saudara di film Captain America ketiga.

Kota Madripoor ini sebenarnya telah ada di Komik Marvel sejak tahun 80-an, tetapi ini adalah pertama kalinya muncul di Marvel Cinematic Universe. Beberapa indikasi Madripoor sebenarnya mudah dipahami, dan Winter Soldier menguraikan jenis tempatnya sebelum beraksi.

Ini adalah negara kota yang dibangun di sebuah pulau kecil di Asia Tenggara, di suatu tempat antara Singapura dan pulau Bangka di Indonesia, tempat para penjahat berbahaya datang untuk bekerja, bermain, dan berbisnis.

Gambaran kota Madripoor di malam hari | Marvel
info gambar

Kota Madripoor sendiri diciptakan oleh Chris Claremont dan Steve Leialoha pada tahun 1985 di "New Mutants # 32:" yang didirikan oleh para bajak laut dan berfungsi sebagai surga bagi para pelanggar hukum dan yang diburu.

Masuknya uang kotor ke Madripoor menciptakan bank dan perusahaan besar tempat berbagai organisasi kriminal dapat mencuci uang mereka. Dengan demikian, kota ini dibagi menjadi dua bagian: Hightown, taman bermain bagi orang kaya, dan Lowtown, daerah kumuh yang sarat kejahatan.

Letak Madripoor
info gambar

Sebelumnya, karakter seperti Captain America, Black Widow, Nick Fury, dan bahkan Punisher telah menghabiskan waktu di Madripoor dalam berbagai komik, video game, dan petualangan animasi. Di komik, negara ini terletak di lepas pantai barat daya Singapura, tapi di serial "The Falcon and the Winter Soldier', Madripoor disebut berada di kepulauan Indonesia.

Dalam perjalanan ke Madripoor dengan pesawat terbang pribadi Zemo, Bucky menjelaskannya kepada Sam di mana letak Madripoor. “Madripoor adalah negara pulau di Kepulauan Indonesia. Itu adalah tempat suaka para bajak laut pada 1800-an,” kata Bucky. Bahkan, di komik X-Men, Madripoor digambarkan memiliki candi kuno, yang penampakannya mirip sekali dengan candi-candi Hindu di Jawa, terutama candi Prambanan.

Meski begitu, di serial Marvel terbaru ini. banyak gedung-gedung yang di kota itu yang cukup mirip dengan skyline Singapura, bahkan benderanya pun begitu mirip dengan negara tetangga Indonesia tersebut. Nama Madripoor, memang punya suara yang mirip dengan Singapura, bukan?

View this post on Instagram

A post shared by Good News From Southeast Asia (@seasia.co)

Kehadiran Madripoor dalam cerita The Falcon and the Winter Soldier agaknya menjadi awal dari rencana panjang Marvel ke depan. Pulau atau tempat itu ternyata berhubungan dengan sosok para mutan legendaris, X-Men.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Indonesia disebut-sebut dalam cerita yang Marvel sodorkan. Dalam Avengers: Age of Ultron, kehadiran Indonesia juga sudah disebut meski samar-samar. Yakni ketika jet yang dikemudikan Bruce Banner dikonfirmasi pemimpin S.H.I.E.L.D, Nick Fury, jatuh di Laut Banda. Laut yang letaknya tak jauh dari Kepulauan Maluku dan Samudera Hindia.

Referensi:

“The Falcon and the Winter Soldier Episode 3 Takes a Surprise-Filled Trip to Madripoor.” Rotten Tomatoes Movie and TV News The Falcon and the Winter Soldier Episode 3 Takes a SurpriseFilled Trip to Madripoor Comments, editorial.rottentomatoes.com/article/the-falcon-and-the-winter-soldier-episode-3-takes-a-surprise-filled-trip-to-madripoor/.

“Heboh Episode 3 The Falcon and The Winter Soldier, Nama Indonesia Disebut.” KOMPAS.tv, www.kompas.tv/article/160910/heboh-episode-3-the-falcon-and-the-winter-soldier-nama-indonesia-disebut?page=2.

Octafiani, Devy. “Welcome to Madripoor! Pulau Di Indonesia Dalam The Falcon and the Winter Soldier.” Detikhot, hot.detik.com/tv-news/d-5520523/welcome-to-madripoor-pulau-di-indonesia-dalam-the-falcon-and-the-winter-soldier.

Vaux, Robert, and Robert Vaux (33 Articles Published) A native Californian. “Falcon and Winter Soldier: Everything You Need to Know About Madripoor.” CBR, 5 Apr. 2021, www.cbr.com/falcon-winter-soldier-madripoor-history/.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

AH
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini