Menginspirasi, Berikut 4 Sosok Perempuan Sukses Pengelola Startup di Indonesia

Menginspirasi, Berikut 4 Sosok Perempuan Sukses Pengelola Startup di Indonesia
info gambar utama

Penulis: Habibah Auni

Startup menjadi topik populer di kalangan peminat maupun pelaku kewirausahaan. Pasalnya, startup menjadi wadah terbaik untuk memulai dan mempelajari bisnis. Berkecimpung di dunia startup sangat melatih kemampuan manajerial organisasi, ketahanan mental, dan kemampuan-kemampuan lainnya.

Siapapun bisa menjadi pendiri dan pengelola startup, entah itu anak muda ataupun orang yang sudah berpengalaman. Tidak terbatas oleh sekat apapun, sehingga startup dapat menembus dan mematahkan dinding pembatas sosial, politik, ekonomi, dan lain-lainnya.

Sudah banyak perempuan yang terjun dan bekerja di perusahaan startup. Ada pula yang berani mengambil langkah lebih; merintis dan mengembangkan startup dari nol.

Jerih payah sudah dicurahkan oleh para perempuan pengelola startup Indonesia. Perjalanan terasa begitu panjang dan menantang. Namun, dengan ketelatenan dan kegigihan mereka, sosok-sosok perempuan di Indonesia ini berhasil menorehkan prestasi di kancah nasional dan internasional. Berikut beberapa sosok perempuan sukses pengelola startup di Indonesia.

1. Diajeng Lestari

Diajeng Lestari | Foto: IndieMarketFest
info gambar

Siapa yang nggak kenal Hijup.com? e-commerce fesyen muslim dengan konsep B2C (Business to Customer) yang namanya telah membumi di Indonesia dan dunia. Mal online pertama di Indonesia yang menjadi primadona perempuan-perempuan muslim muda di seluruh dunia.

Nah, sosok di balik Hijup.com tak lain Diajeng Lestari. Perempuan tangguh dengan pemikiran cemerlang, kreatif, dan inovatif yang mampu mengembangkan Hijup.com sampai seperti sekarang.

Sampai saat ini, terhitung ada 120 brand dari para desainer lokal yang termasuk dalam Hijup.com, seperti Dian Pelangi, Jenahara, dan Ria Miranda. Hijup.com juga memperoleh kepercayaan dari berbagai pihak untuk mengembangkan ekosistem bisnis fesyen muslim secara global, seperti investor, Fenox VC, dan Skystar Capital, dan pihak 500 startup.

Di samping itu, Hijup.com dapat memperoleh 1,6 juta unique visitor dengan 20% pengunjung berasal dari luar Indonesia, seperti Amerika Serikat, India, dan Malaysia. Adanya jumlah pengunjung dari luar Indonesia ini disebabkan dari pelayanan penjualan Hijup.com yang menjangkau luar negeri.

Sudah terlihat jelas bahwa Diajeng Lestari merupakan sosok perempuan sukses pengelola Startup Indonesia yang hebat dan patut diacungi jempol. Ia juga cakap memanfaatkan peluang bisnis fesyen di Indonesia di momen yang tepat, lalu mengembangkannya hingga seperti sekarang.

Baca jugaKian Meroket, Inilah UMKM Indonesia yang Mendunia

2. Dea Salsabila Amira

Dea Salsabila Amira | Foto: Rumah Millenials
info gambar

Dea Salsabila Amira merupakan sosok perempuan pendiri startup inspiratif lainnya yang bisa Kawan tengok. Lantaran, Dea memiliki berbagai prestasi gemilang dari semasa kecil hingga sekarang. Kemandirian, ketelatenan, dan kompetensi yang dimiliki Dea, berhasil mengantarkannya pada pintu kesuksesan di usianya yang muda, yakni sebagai founder Rentique.

Rentique merupakan startup berbasis aplikasi dengan fokus utama fashion destination to rent & buy buat para perempuan. Di startup ini, para perempuan diperkenankan untuk meminjam baju – baju kelas premium dari merek-merek ternama, seperti Coach, Michael Kors, Gucci, dan lain sebagainya.

Di samping itu, Rentique juga mengupayakan pemberian skill seputar enterpreneurship di bidang modelling pada para perempuan yang bergerak di bidang itu. Terbukti pada tahun 2019, di mana Rentique membuka program mentorship kepada para hijab desainer untuk mengembangkan bisnis fashion-nya.

Baca jugaDeretan Pengusaha Wanita Indonesia yang Masuk dalam 30 Under 30 Majalah Forbes

3. Mesty Ariotedjo

Mesty Ariotedjo | Foto: Wolipop - Detik/Anggi Mayasari
info gambar

Selebriti, praktisi kesehatan, dan CEO startup. Itulah identitas kuat yang menggambarkan sosok luar biasa dari Mesty Ariotedjo. Di dunia startup, Mesty membangun WeCare.id, suatu situs yang membantu banyak orang dalam mendapatkan akses kesehatan.

Sejak tahun 2015, WeCare.id telah membantu banyak orang di daerah pedalaman untuk memperoleh perawatan dan akses kesehatan yang terjamin. Berkat usahanya di WeCare.id, Mesty masuk dalam deretan Forbes “30 Under 30” 2016.

Baca jugaSederet Anak Muda Indonesia dalam Daftar 30 Under 30 Majalah Forbes

4. Alamanda Shantika

Alamanda Shantika | Foto: IDN Times/Rosa Folia
info gambar

Siapa yang tidak tahu Gojek? Startup ojek online yang sukses di Indonesia dan sudah merambah dunia internasional. Tak lupa mendapatkan penghargaan di tingkat ASEAN, yaitu gelar sebagai ASEAN Entrepreneur Award dari Knowledge Forum pada 2016.

Ternyata, kesuksesan besar Gojek dipengaruhi kontribusi dan inovasi para pendirinya, termasuk Alamanda Shantika. Ia berperan sebagai Vice President of Product di Gojek, pencipta berbagai ide cemerlang di Gojek. Turut mengembangkan startup online itu bersama Nadiem Makarim.

Sekarang, Alamanda merintis startup pendidikan bernama Binar Academy. Startup ini memfasilitasi berbagai program pendidikan mengenai teknologi informasi. Sampai akhir 2018, Binar Academy sukses mendapatkan 12.000 pendaftar program gratis.

Itulah beberapa sosok perempuan sukses pengelola Indonesia. Ini menandakan bahwa kesuksesan dapat dicapai oleh siapapun tanpa memandang gender. Apakah Kawan terinspirasi dan tergerak untuk mendirikan startup?*

Referensi: CNBC Indonesia | Dewaweb | Glints | Katadata.co.id | Qerja

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini