Inilah 4 Atlet Muslim Indonesia yang Berhasil Mengguncang Dunia, Sangat Membanggakan Ya!

Inilah 4 Atlet Muslim Indonesia yang Berhasil Mengguncang Dunia, Sangat Membanggakan Ya!
info gambar utama

Penulis: Habibah Auni

Berbicara tentang atlet muslim yang berhasil mengguncang dunia, barang tentu nama yang terlintas pertama kali di benak kita adalah Muhammad Ali, sang tangan emas penakluk arena tinju. Prestasi, bakat, dan ketekunan Muhammad Ali membuat zaman terus mengingat namanya.

Setelah Muhammad Ali, kita pun dibawa untuk menyaksikan pertunjukan atlet muslim berbakat lainnya, mulai dari Marat Mubinovich Safin (petenis), Khabib Nurmagomedov (petarung seni bela diri mixed martial arts atau MMA), hingga Zidane Zidan (pemain sepak bola).

Atlet muslim berdarah Indonesia pun tidak ketinggalan mengguncangkan dunia. Dengan kerja keras dan prestasi, para atlet muslim Indonesia ini berhasil mencapai puncak kejayaan dan popularitasnya.

Dunia sudah mengakui kehebatan para atlet muslim Indonesia, sampai-sampai nama mereka diabadikan dalam situs-situs di internet. Mereka menjadi legenda di bidangnya masing-masing dan diyakini sulit untuk ditandingi oleh siapapun. Berikut empat atlet muslim Indonesia yang telah mengharumkan nama negeri.

1. Lalu Muhammad Zohri

(Insert Foto IG di sini)

Pria asal Nusa Tenggara Barat (NTB) ini pernah menjadi buah bibir Indonesia pada puncak kejayaan kariernya. Tepatnya pada tahun 2018, Zohri memenangkan lomba lari 100 meter dalam ajang IAAF World U-20 Championship dengan catatan waktu 10,18 detik. Mendahului dua pelari dari Amerika Serikat, yakni Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

Kehebatan Zohri ini berhasil mengangkat nama Indonesia di kejuaraan bergengsi itu untuk pertama kalinya, sejak berdirinya pada 1986 silam. Tak sampai di situ saja, Zohri juga berhasil memenangkan kejuaraan Seiko Golden Prix 2019, menempati posisi ketiga sebagai pelari tercepat.

Baca Juga:

2. Aries Susanti Rahayu

Barangkali kompetisi panjat tebing jarang Kawan dengar namanya. Namun percayalah, panjat tebing termasuk olahraga bergengsi yang dapat memacu adrenalin atletnya. Terbukti dari atlet panjang tebing Indonesia yang berhasil mengguncang dunia!

Ialah Aries Susanti Rahayu, atlet perempuan muslim dengan prestasi panjat tebing yang begitu luar biasa. Prestasi-prestasi itu seperti meraih medali emas dalam Piala Dunia di Wujiang dan Xiamen, medali emas dalam kejuaraan panjat tebing tingkat dunia IFSC World Cup 2018 di Chongqing, China, serta medali emas di kejuaraan panjat tebing di Asian Games 2018.

Segelintir prestasi Aries pun membuat namanya menyita perhatian publik. Rekor kecepatan Aries dalam memanjat tebing yang terus membaik pun membuat orang-orang menjulukinya sebagai spiderwomen Indonesia. Adapun rekor tercepat yang pernah diraih oleh Aries dalam memanjat tebing adalah 7 detik; cukup membuat nama Indonesia melambung.

Berkat prestasinya itu, Aries mendapatkan berbagai tawaran pekerjaan. Di antaranya adalah diangkat sebagai pegawai negeri sipil oleh pemerintah Indonesia dan menjadi pemeran utama dalam film layar lebar dengan cerita tentang perjuangan dirinya sebagai atlet panjat tebing.

Baca Juga:

3. Aero Sutan Aswar

Menjadi atlet muslim Indonesia yang mengharumkan nama Indonesia memang suatu kebanggaan tersendiri. Apalagi jika menjadi juara dunia yang di olahraga yang terdengar asing di telinga, seperti olahraga jet ski.

Aero Sutan Aswar, adalah atlet muslim jet ski Indonesia yang berhasil menorehkan berbagai prestasi bergengsi di dunia, seperti tercatat sebagai pembalap jet ski termuda dunia di kelas Pro, memenangkan Grand Prix pada usia 16 tahun, meraih gelar Iron Man Offshore Champion 2011 pada kejuaraan Mark Hahn di Arizona, Amerika Serikat, dan prestasi-prestasi lainnya.

Dilansir dari Liputan6.com, Aero memulai kariernya sebagai atlet jet ski sejak kecil. Cucu dari salah satu pendiri Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) ini sangat berbakat dalam jet ski. Buktinya, Aero tercatat meraih rekor start tercepat pertama di ajang dunia jet ski dengan waktu 56,7 detik.

Baca Juga:

4. Pipiet Kamelia

Sekarang, kita memasuki nama atlet muslim Indonesia yang berhasil membuat bangga Indonesia dengan seni bela diri ciptaannya. Ialah Pipiet Kamelia, petarung pencak silat dengan segudang prestasi bergengsi dan gemilang.

Pipiet diketahui telah menorehkan berbagai prestasi di tingkat internasional, antara lain adalah memenangkan kejuaran dunia Asia Championship Korea pada 2017, peringkat pertama dan kedua di SEA Games Malaysia 2017, meraih medali emas di ajang Asian Games 2018, dan prestasi-prestasi lainnya.

Perempuan berdarah betawi ini memulai karier sebagai atlet pencak silat sejak tahun 2007, tepatnya saat ia masih berumur 12 tahun. Hingga saat ini, Pipiet tetap menekuni dunia pencak silat. Pendidikan yang telah dituntaskannya pun mendukung kariernya, seperti sekolah atlet di Ragunan, Jakarta Selatan, dan berkuliah di Universitas Negeri Jakarta dengan program studi Sports Science.

Itulah beberapa nama atlet muslim Indonesia yang telah mengharumkan nama negeri tercinta. Prestasi mereka membuktikan bahwa semangat, kerja keras, dan passion dapat membawa pada kesuksesan pribadi dan Indonesia. Semoga dengan ini Kawan semakin semangat untuk berprestasi, ya!*

Referensi:bola.com | bolasport.com | Kompas.com | Kumparan | Liputan6.com | Okezone Sports | Sindonews.com | Suara.com

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini