5 Merek Cokelat Favorit Remaja di Indonesia, SilverQueen Juaranya

5 Merek Cokelat Favorit Remaja di Indonesia, SilverQueen Juaranya
info gambar utama

Frontier Research baru-baru ini mengeluarkan laporan Top Brand Index 2021. Laporan ini didapatkan dari survei yang dilakukan tiga kali dalam setahun dan mengambil sampel pada 15 kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Manado dan Denpasar. Survei ini melibatkan 1.000 remaja berusia 13–17 tahun.

Nilai TOP Brand diperoleh dari performa merek tersebut yang diukur dalam Mind Share, Market Share dan Commitment Share.

  • Mind Share menunjukkan kekuatan merek dalam memposisikan diri dalam benak pelanggan di kategori produk tertentu,
  • Market Share menunjukkan kekuatan merek dalam pasar dan berkaitan erat dengan perilaku pembelian pelanggan, dan
  • Commitment Share menunjukkan kekuatan merek dalam mendorong pelanggan untuk membeli kembali di masa mendatang.

Hasil dari penilaian ketiga kriteria tersebut, diolah menjadi Top Brand Index (TBI) dengan cara menghitung rata-rata terbobot parameter masing-masing.

Laporan Top Brand terbagi menjadi tiga, yaitu Fase 1, Fase 2, dan Top Brand for Kids & Teens. Dilansir dalam laman web Top Brand Award, pasar remaja merupakan pasar yang menjanjikan dibandingkan pasar untuk usia lainnya. Para remaja memiliki banyak pilihan produk dari berbagai merek yang dapat mereka terima.

Berdasarkan data tersebut, berikut merek cokelat batangan yang paling disukai oleh remaja Indonesia.

Peringkat Merek Cokelat Favorit Remaja Indonesia
info gambar

1. Silver Queen

Cokelat asal Garut ini berhasil menjadi merek cokelat yang paling digemari remaja Indonesia dengan skor TBI mencapai 56,2 persen. Skor ini mengalami penurunan 2,9 persen dari 59,1 persen pada tahun lalu. Meskipun demikian, Silver Queen tetap berada di peringkat pertama untuk kategori cokelat batangan.

Silver Queen merupakan cokelat yang diproduksi oleh Petra Foods, yang sekarang berganti nama menjadi Delfi Limited. Mulanya, cokelat ini diproduksi di Garut. Namun, pada 1955, pabriknya dipindahkan ke Bandung karena meningkatnya jumlah pemesanan saat Konferensi Asia Afrika.

Selain dipasarkan di Indonesia, produk Silver Queen juga sudah diekspor ke beberapa negara seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan Filipina.

Mengutip dari Instagramnya, terdapat 6 jenis varian yang ditawarkan Silver Queen, yaitu Cashew, Almond, Fruit & Nuts, Dark Chocolate, Very Berry Yoghurt, dan Green Tea Matcha.

2. Cadbury

Cadbury berada di posisi kedua cokelat favorit remaja Indonesia dengan skor TBI 17,9 persen. Skor ini meningkat 5,3 persen dari tahun sebelumnya yang memiliki skor 12,6 persen.

Coklat asal Inggris ini mengklaim memiliki tekstur yang lembut dan lumer di mulut. Untuk rasa yang ditawarkan, Cadbury memiliki berbagai macam varian, yaitu Cadbury Plain, Cashew Nut, Fruit & Nut, Oreo, dan Black Forest.

3. Delfi

Sama seperti Silver Queen, cokelat Delfi juga diproduksi oleh Delfi Limited. Delfi berada di posisi ketiga cokelat favorit remaja Indonesia dengan skor TBI 10,66 persen. Cokelat Delfi juga memiliki berbagai macam varian, antara lain Almond, Cashew, Dairy Milk, dan Fruit & Nut.

4. Toblerone

Cokelat asal Swiss ini berada di posisi keempat dengan skor TBI 6 persen, naik 0,4 persen dari 2020. Toblerone memiliki bentuk segitiga yang melambangkan gunung Matterhorn di pegunungan Alpen. Dengan butiran nougat dan kacang serta kandungan madu di dalamnya, varian yang ditawarkan adalah dark chocolate dan white chocolate.

Cerita Asal Mula SilverQueen, Cokelat Batangan Populer Asal Garut

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Lydia Fransisca lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Lydia Fransisca.

LF
IA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini