Akhiri Paceklik Gelar, Marcus-Kevin Juara Hylo German Open 2021

Akhiri Paceklik Gelar, Marcus-Kevin Juara Hylo German Open 2021
info gambar utama

Perang saudara tersaji pada final ganda putra Hylo German Open 2021 yang digelar di Saarlandhalle Saarbrücken, Jerman pada Minggu (7/11/2021) malam WIB.

Duel sesama wakil Indonesia itu mempertemukan Marcus Fernaldi Gideon-Kevin Sanjaya Sukamuljo (The Minions) yang merupakan unggulan pertama, kontra juniornya Leo Rolly Carnando-Daniel Marthin.

Setelah melewati pertandingan selama 34 menit, The Minions jadi juara Hylo Open 2021 berkat kemenangan 21-14, 21-19.

Gim pertama langsung dibuka dengan sengit kala dua ganda putra Indonesia silih berganti memimpin perolehan angka. Marcus-Kevin pun berhasil meraih momentum kemenangan dengan mencetak empat angka beruntun yang membuat mereka unggul 8-4. Setelah itu, The Minions mampu mengontrol permainan dan unggul 11-7 pada saat jeda usai flick serve Daniel Marthin dinyatakan foul.

Unggul saat interval membuat Marcus-Kevin makin di atas angin. Dengan tempo relatif cepat, ganda putra nomor satu dunia itu terus mendulang angka. Gim pertama pun berakhir dengan skor 21-14 untuk kemenangan The Minions.

Memasuki gim kedua, Leo-Daniel langsung mengambil inisiatif serangan dengan berhasil mencetak tiga poin beruntun tanpa balas. Leo-Daniel bahkan sempat memimpin dengan skor 18-16. Akan tetapi, ganda putra peringkat 35 dunia itu seolah kehilangan konsentrasi dan kecolongan tiga angka beruntun.

Kedudukan sempat kembali imbang jadi 19-19. Namun, laga akhirnya tuntas dalam dua gim langsung usai The Minions mencetak dua angka beruntun.

Dengan hasil ini, The Minions pun berhak tampil sebagai juara ganda putra Hylo Open 2021. Seusai pertandingan, Marcus memuji Leo-Daniel yang ia nilai tampil bagus pada partai puncak Hylo Open 2021.

"Leo-Daniel main bagus hari ini, mereka bagus dan memang layak masuk final," kata Marcus, dikutip Kompas.com, Minggu (7/11/2021) malam WIB.

Tidak hanya memberi pujian, Marcus juga mendoakan Leo-Daniel. Dia berharap, Leo-Daniel bisa terus belajar dan berkembang. "Kami tadi hanya menang pengalaman dari mereka (Leo-Daniel). Semoga mereka bisa terus belajar dan berkembang," ujar Marcus.

Saat ini, Leo/Daniel menduduki peringkat ke-35 dunia. Namun, setelah menjadi runner-up Hylo Open 2021, mereka akan naik beberapa peringkat. Pencapaian di Hylo Open 2021 menjadi pertanda baik dalam perjalanan karier Leo/Daniel.

Sementara itu, wakil Indonesia lainnya Praveen Jordan-Melati Daeva Oktavianti gagal di partai puncak ganda campuran saat menghadapi unggulan pertama asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh-Sapsiree Taerattanachai. Praveen-Melati tunduk dalam dua gim langsung 22-20 dan 21-14.

19 Tahun Menanti, Indonesia Kembali ke Podium Tertinggi Thomas Cup

Perjalanan The Minions menuju podium juara

Road to champions Hylo Open 2021, The Minions tampil apik dengan memnangkan seluruh laga dua set langsung dengan tempo permainan kurang dari 40 menit. | GoodStats
info gambar

Marcus-Kevin melewati pertandingan di ajang Hylo German Open 2021 dari babak pertama hingga juara dengan kemenangan straight game atau dua gim langsung dalam tempo kurang dari 40 menit.

Marcus-Kevin mengawali perjuangannya di Hylo Open 2021 dengan berhadapan wakil Jepang, Hiroki Okamura-Masayuki Onodera di babak 32 besar. Hasilnya, Marcus-Kevin menang dua gim langsung dengan skor 21-17, 21-19.

Kemenangan tersebut mengantar Marcus-Kevin berjumpa dengan wakil Belanda, Ruben Jille-Ties Van Der Lecq di babak 16 besar Hylo Open 2021. Hasil positif kembali diraih The Minions dengan skor ketat 23-21, 21-18 atas pasangan wakil Belanda tersebut.

Dengan demikian, The Minions melanjutkan perjuangannya di babak delapan besar atau perempat final Hylo Open 2021.

Pada babak perempat final, Marcus-Kevin kembali berhasil mengantongi kemenangan atas lawannya asal Denmark, Daniel Lundgaard-Mathias Thyrri. Hasil tersebut mengantar Marcus-Kevin ke babak semifinal Hylo Open 2021.

Marcus-Kevin kemudian bertemu dengan unggulan ganda putra asal Thailand, Supak Jomkoh-Kittinupong Kedren. Skor 21-17 dan 21-16 mewarnai duel Marcus-Kevin kontra wakil Thailand tersebut melenggang ke babak final Hylo German Open 2021.

Pada partai puncak Hylo Open 2021, Marcus-Kevin memenangi perang saudara usai menundukan junioirnya Leo-Daniel dua gim langsung.

Kemenangan ini bukan cuma mengakhiri paceklik gelar Marcus-Kevin dalam 22 bulan terakhir. Tetapi juga membantu mendongkrak peringkat mereka di klasemen BWF World Tour 2021. Dengan posisi Hylo Open bukan lagi turnamen Super 100, tetapi Super 500, maka distribusi poin yang didapatkan juga naik, jadi 9.200 angka untuk sang juara.

Daftar Lengkap Peringkat BWF Usai Kejuaraan Thomas-Uber Cup 2020

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini