20 Destinasi Wisata Terpopuler di Media Sosial, Bali Masuk Peringkat 5

20 Destinasi Wisata Terpopuler di Media Sosial, Bali Masuk Peringkat 5
info gambar utama

Setiap negara di dunia memiliki masing-masing objek wisata dengan keunikan tersendiri yang menjadi ciri khas. Apakah itu deretan bangunan dengan arsitektur megah, daerah perbukitan yang eksotis, pantai-pantai dengan pasir putih yang bersih, pesona di bawah laut, festival tahunan yang meriah, tempat belanja barang-barang unik, atau makanan yang lezat. Karena keistimewaan tersebut, para pelancong rela terbang jauh ke berbagai kota dan negara untuk menambah pengalaman mereka dalam berwisata.

Begitu banyak inspirasi untuk mencari destinasi wisata dari majalah, internet, atau rekomendasi orang terdekat. Namun, sekarang ini begitu mudah menemukan tempat-tempat indah dari media sosial.

Pada Selasa (8/3/2022), Money.co.uk merilis daftar 20 destinasi wisata di dunia yang paling populer di media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Youtube. Destinasi yang disebut picture-perfect ini menggambarkan bagaimana setiap destinasi begitu indah untuk difoto dan kemudian dibagikan di media sosial. Berikut daftarnya:

Menurut Laporan YouGov, Bali Jadi Destinasi Wisata Terfavorit Orang Indonesia

20 wisata terpopuler di media sosial

London | @r.classen Shutterstock
info gambar

Secara keseluruhan, London, Inggris, menjadi destinasi terpopuler di Instagram, TikTok, dan YouTube. Ada lebih dari 150 juta unggahan di Instagram yang menyebut kota tersebut, kemudian ada lebih dari 28 miliar penayangan di TikTok, dan lebih dari 150 ribu penelusuran untuk vlog di Youtube. London menjadi kota yang paling banyak dikunjungi di dunia dengan keistimewaan budaya, sejarah, dan perkotaan modern.

Pada peringkat nomor dua ada Dubai, Uni Emirat Arab. Ada sebanyak 117 juta unggahan yang menyebut Dubai di Instagram, dengan tayangan di TikTok yang ditonton sampai 65 miliar kali, dan penelusuran vlog Dubai di Youtube sebanyak 144.000 kali.

Pada abad ke-18 Dubai hanyalah desa nelayan kecil, dan kini popularitasnya kian mengesankan, terutama untuk tujuan wisata mewah, dari hotel-hotel hingga arsitektur bangunan yang megah.

Kemudian, tempat terpopuler ketiga adalah Paris, Prancis, yang terkenal dengan Menara Eiffel dan Notre Dame. Ada 135 juta unggahan tentang Paris di Instagram, 24 miliar tayangan di TikTok, dan 156.000 kali penelusuran vlog di Youtube.

Di peringkat nomor empat dan lima adalah New York, Amerika Serikat dan Bali, Indonesia. Dilanjutkan dengan Los Angeles, Barcelona, Istanbul, Miami, Tokyo, Las Vegas, Toronto, Berlin, Singapura, Melbourne, Sydney, Amsterdam, Madrid, Seoul, dan Hong Kong.

Jembrana, Destinasi Wisata Memesona di Bali Selain Kuta dan Ubud

Bali paling populer di Youtube

Bali terpopuler di Youtube | Money.co.uk
info gambar

Secara keseluruhan, Bali berada di peringkat kelima dengan unggahan di Instagram sebanyak 69,2 juta, tayangan di TikTok ditonton 12,2 miliar kali, dan penelusuran vlog di Youtube 276.000 kali.

Namun, ternyata Bali merupakan destinasi terpopuler nomor satu di Youtube. Sementara Instagram dan TikTok menampilkan gambaran singkat mengenai destinasi wisata, Youtube menawarkan video yang lebih panjang dengan gambaran jelas dari perjalanan seseorang di Bali. Baik itu mengenai penjelajahan pantai-pantai, wisata kuliner, mengunjungi tempat-tempat yang kental dengan kebudayaan, menunjukan kafe-kafe hit, rekomendasi beach club, penginapan yang unik, dan tentunya pengalaman secara menyeluruh di Pulau Dewata.

Sementara itu, untuk destinasi paling populer di Instagram adalah London. Ada 155,6 juta unggahan di Instagram dengan tagar #London. Tentunya bukan sesuatu yang mengagetkan sebab London disebut-sebut sebagai kota yang Instagrammable dengan bangunan-bangunan ikonik, bar dan restoran mewah untuk dijelajahi, dan spot-spot unik untuk difoto dan dibagikan ke Instagram.

Di media sosial TikTok, destinasi paling populer adalah Dubai dengan lebih dari 65 miliar penayangan di video yang menyebut kota tersebut. Begitu banyak video di TikTok yang menampilkan pemandangan mewah khas Dubai, seperti gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa.

Untuk menentukan peringkat destinasi terpopuler di media sosial tersebut, Money.co.uk menggunakan metode pendataan yang diambil dari Euromonitor’s Top 100 City Destinations Index 2021 dan sumber lainnya.

Perusahaan data finansial asal Inggris tersebut kemudian mendata banyaknya unggahan di Instagram yang menyebutkan destinasi menggunakan tagar, berapa banyak video di TikTok yang menyebutkan destinasi menggunakan tagar, serta jumlah penelusuran dengan kata kunci (kota) vlog di Yotube dan bersumber dari Ahrefs.

Google Rilis Laporan Tentang Minat Pariwisata Orang Indonesia Sepanjang 2021

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini