Bukan Hanya Pare, Berikut Kota di Indonesia yang Hadirkan Kampung Inggris

Bukan Hanya Pare, Berikut Kota di Indonesia yang Hadirkan Kampung Inggris
info gambar utama

Bahasa Inggris telah lama menjadi bahasa internasional. Sebagai bukti, kamu dapat dengan menemukan pelajaran bahasa Inggris yang menjadi pelajaran wajib tingkat dasar, menengah, hingga atas. Bukan hanya di sekolah saja, kamu bisa mempelajari bahasa Inggris di mana saja seperti mengikuti program di Kampung Inggris.

Begitu banyak metode yang dapat kamu terapkan untuk mempelajari bahasa Inggris. Mulai dari otodidak melalui film atau musik, hingga mengikuti kursus. Untuk tempat kursus, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Kampung Pare.

Jika selama ini kamu lebih mengenal Kampung Inggris Pare, untuk Goodmates yang berdomisili jauh dari Pare juga memiliki kesempatan untuk merasakan pengalaman belajar di Kampung Inggris. Berikut deretan kota-kota di Indonesia yang juga menghadirkan Kampung Inggris di kotanya.

1. Kampung Inggris Sumatra Barat

Kampung Inggris Sumatera Barat di Harau Valley English School | Foto: Harau Valley
info gambar

Pertama ada kampung Inggris yang berlokasi di Sumatra Barat hadir di Harau Valley English School. Melansir dari situs resminya, belajar bahasa Inggris di Harau Valley English School tidak hanya mengadopsi sistem pembelajaran Kampung Inggris Pare Kediri, tapi juga dari pengalaman tahunan dengan referensi berstandar internasional.

Baca juga: Cara Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Tanpa Ikut Les

Berlokasi di Lembah Harau, belajar di sini akan membuat kamu nyaman karena indahnya pemandangan. Belum lagi dengan fasilitas yang lengkap, seperti wifi, asrama, perpustakaan dan protokol kesehatan yang aman sesuai peraturan pemerintah.

Bagi kamu yang sedang menjadi pejuang beasiswa, mencari kerja atau sekadar ingin menambah kemampuan bahasa Inggris, Kampung Inggris Harau Valley English School bisa jadi pilihan. Harau Valley siap memberikan pembelajaran bahasa Inggris dengan cara yang fun atau lebih mirip seperti belajar rasa liburan.

2. Kampung Inggris Sulawesi Selatan

Tempat kampung inggris | Foto: ngopibareng
info gambar

Selanjutnya ada kampung Inggris yang sudah buka sejak 2020. Tempat ini berlokasi di Kelurahan Tomenawa, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang yang bekerja sama antara Yayasan Edukasi Sulawesi Selatan (YESS) dan Pemerintah Kecamatan Baraka.

Melansir dari portal makassar, Kampung Inggris Baraka memiliki misi untuk membentuk budaya dan lingkungan bahasa Inggris dengan membangun mental peserta agar menjadi smart english.

Metode pembelajaran yang ada juga lebih banyak menggunakan sistem outdoor dengan suasana yang lebih rileks. Pada kemampuan speaking atau berbicara, Kampung Inggris Baraka lebih mengutamakan praktik daripada teori. Semua peserta juga wajib menggunakan bahasa Inggris selama di area Kampung Inggris Baraka sejak pagi hingga sesi pembelajaran berakhir.

Baca juga:5 Upaya untuk Menjaga Kelestarian Bahasa Daerah

Kampung Inggris Baraka menawarkan beragam program kelas. Di antaranya kelas Weekend, kelas Weekend Camp, Full Day Camp,English Camp, kelas Private, kelas bagi Job Seekers dan yang menarik ada kelas Islamic Speech

3. Kampung Inggris Jawa Barat

Kampung Inggris Bandung di Desa Inggris | Foto: Media Indonesia
info gambar

Sampurasun! Kampung Inggris satu ini hadir di Kota Bandung tepatnya di Jatinangor, Sumedang. Kampung Inggris yang telah rintis sejak 2014 ini juga merupakan We English Kampung Inggris Bandung.

Mirip seperti kebanyakan Kampung Inggris lainnya, Desa Inggris juga menawarkan sistem pembelajaran dengan Asrama English Area. Para siswa akan mempraktikan kemampuan bahasa Inggris dengan menggunakan bahasa tersebut untuk kegiatan sehari-hari saat di asrama.

Baca juga:Ingin Mahir Berbahasa Asing? Gabung Bersama Komunitas Polyglot Indonesia

Belajar sambil bermain membuat metode pembelajaran tetap menyenangkan. Desa Inggris juga menggunakan berbagai macam fun games baik indoor maupun outdoor agar siswa tidak jenuh.

Kamu juga memiliki kesempatan mendapatkan bimbingan karier dan persiapan beasiswa studi. Seperti bagaimana cara menghadapi wawancara kerja dan persiapan untuk seleksi beasiswa.

Itulah tiga Kampung Inggris yang hadir di kota-kota di Indonesia. Jika kamu tertarik untuk belajar di sana, kamu bisa mencari ke website resmi masing-masing untuk mencari tahu informasi lebih lanjut.

Referensi: Liputan6 | Republika | Okezone | Desa Inggris | @redaksikampunginggris

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini