Geliat PayLater dan Kiat Belanja Online dengan Upaya Penghematan yang Efektif

Geliat PayLater dan Kiat Belanja Online dengan Upaya Penghematan yang Efektif
info gambar utama

Belanja online telah menjadi gaya hidup yang tak terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat di masa kini. Apalagi dengan semakin beragamnya platform belanja online yang tersedia, serta sistem pembayaran digital yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja.

Bicara mengenai pembayaran digital, ada satu bentuk layanan pelengkap yang belakangan kian populer dan cukup banyak diminati sebagian kalangan, yakni PayLater. Sederhananya, paylater sendiri merupakan fitur atau layanan pinjaman uang yang biasanya dimiliki oleh platform tertentu, baik itu eCommerce, ride-hailing service, berbagai layanan fintech, hingga platform online travel agent (OTA).

Geliat peminat akan penggunaan paylater sendiri cukup tinggi, sebagaimana riset yang dilakukan oleh Daily Social mengungkap, bahwa paylater menjadi layanan keuangan favorit peringkat kedua pada tahun 2020 (72,5 persen), atau sedikit di bawah platform dompet digital yang memiliki rekognisi sebesar 82,2 persen.

Masih menurut riset lain yang dilakukan oleh Daily Social, di Indonesia sendiri ada beberapa platform atau layanan paylater yang diandalkan oleh masyarakat. Dari sekian banyak layanan yang ada, salah satu yang masuk peringkat 5 besar adalah PayLater Traveloka.

7 Layanan Paylater Paling Sering Digunakan di Indonesia 2021

Tingkatkan pelayanan untuk pengguna

Ilustrasi PayLater Traveloka
info gambar

Melihat tingginya antusias akan layanan paylater yang mereka miliki, Traveloka baru-baru ini melakukan upgrade atau pembaruan fitur yang diklaim dapat semakin mempermudah penggunanya dalam melakukan aktivitas digital.

Sebelumnya PayLater Traveloka hanya bisa digunakan untuk aplikasi internal, dalam arti kata untuk melakukan pembelian tiket kereta api, penginapan, tagihan, atau aktivitas hiburan lainnya.

Namun kini, OTA terkemuka di tanah air tersebut menghadirkan fitur yang membuat penggunanya bisa memanfaatkan paylater mereka untuk melakukan transaksi belanja di luar platform, terutama eCommerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, BukaLapak, dan JD.ID.

Praktiknya, pengguna PayLater Traveloka dengan intensitas aktivitas tinggi dan reputasi pembayaran baik, berhak mengajukan Virtual Number PayLater Traveloka. Saat sedang melakukan belanja online, pengguna bisa memilih opsi pembayaran kartu kredit, kemudian menyalin rincian Virtual Number PayLater Traveloka agar transaksi berhasil.

Pelaku Belanja Online Kian Tinggi di Indonesia, Produsen Ponsel Manfaatkan Momentum

Kiat belanja online efektif dengan PayLater

Meski memiliki ragam sisi positif, salah satunya membantu memfasilitasi pemenuhan kebutuhan masyarakat di kala darurat. Namun di lain sisi penggunaan paylater juga memiliki potensi membuat biaya tagihan dan pengeluaran seseorang menjadi membengkak secara tak terduga.

Apalagi jika perilaku konsumtif meningkat, yang saat ini sering ditemui dalam kondisi kalap saat berbelanja online menggunakan paylater. Untuk meminimalisir hal tersebut, berikut 8 kiat yang bisa dilakukan agar aktivitas belanja online menggunakan paylater tidak menimbulkan pemborosan:

Memprioritaskan kebutuhan utama

Usahakan untuk membuat daftar kebutuhan pribadi dan rumah tangga secara rinci, mulai dari persediaan bahan makanan, produk kebersihan diri dan rumah, tagihan (listrik, air, internet, dan telepon), dan lain sebagainya.

Daftar kebutuhan tersebut harus dijadikan acuan utama untuk belanja atau melakukan transaksi pembayaran tagihan secara online, agar kita dapat fokus memenuhinya sebelum membeli barang-barang lain yang kurang penting.

Berbelanja pada momen khusus

Yang dimaksud dengan momen khusus adalah seperti hari raya (Idulfitri, Natal, Tahun Baru, dan lainnya), hari belanja online nasional, hari konsumen, serta tanggal cantik (hari dan bulan yang sama).

Pada saat-saat tersebut, mayoritas marketplace atau eCommerce mengadakan promo besar-besaran. Dan tak ada salahnya menunda rutinitas belanja online demi mendapatkan diskon lebih besar pada momen tersebut.

Membeli barang dalam jumlah banyak

Produk rumah tangga yang digunakan secara rutin setiap hari (misalnya beras, sabun, pasta gigi, sampo, dan lainnya) sebaiknya langsung dibeli dalam jumlah banyak saat belanja online. Karena biasanya, eCommerce membuat paket bundling yang isinya lebih dari 2 produk sehingga harganya lebih terjangkau.

Manfaatkan voucher gratis ongkir dan cashback

Niat berhemat juga bisa diwujudkan dengan memanfaatkan voucher gratis ongkir dan cashback semaksimal mungkin, yang biasanya disediakan oleh eCommerce.

Meski cashback yang didapat bukan berupa uang melainkan poin, namun apabila diakumulasikan tetap dapat digunakan untuk pembelanjaan berikutnya, sehingga belanja di waktu yang akan datang bisa dilakukan tanpa harus menyiapkan biaya besar.

Mengikuti flash sale

Flash sale adalah momen diskon kilat yang biasanya membanderol produk dengan harga super murah dibandingkan harga normal. Kita hanya perlu mencermati dan menandai produk-produk yang ingin dibeli supaya bisa lekas mendapatkannya secara cepat ketika flash sale dimulai.

Menggunakan fitur filter di eCommerce

Salah satu fitur penting di platform eCommerce yang dapat dimanfaatkan ketika belanja online adalah filter. Kita bisa memanfaatkan filter sebaik mungkin supaya bisa memperoleh produk dengan harga terbaik, atau memilih penjual produk yang lokasinya paling dekat karena berkaitan dengan ongkos kirim yang harus dibayar.

Di Balik Alasan Kenapa Milenial Suka Belanja Online

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini