7 Aktivitas Menarik Saat Berkunjung ke Trawas

7 Aktivitas Menarik Saat Berkunjung ke Trawas
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Trawas merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Mojokerto yang berada di daerah sekitar pegunungan. yaitu Gunung Penanggungan di sebelah utara dan Gunung Welirang di sebelah selatan. Akhir-akhir ini dengan memanfaatkan keindahan alamnya, Trawas bertransformasi menjadi daerah wisata yang ramai di kunjungi wisatawan. Salah satu tempat .

Trawas merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Mojokerto yang berada di daerah sekitar pegunungan. yaitu Gunung Penanggungan di sebelah utara dan Gunung Welirang di sebelah selatan. Akhir-akhir ini dengan memanfaatkan keindahan alamnya, Trawas bertransformasi menjadi daerah wisata yang ramai di kunjungi wisatawan. Salah satu tempat wisata di Trawas yang sangat ramai yaitu Rustic Market. Rustic Market adalah sebuah cafe yang terletak di tengah sawah dengan desain bangunan Eropa dengan pemandangan lereng Gunung Penanggungan, dan Gunung Welirang yang sangat menawan.

Rustic Market | Foto: wisatainfo

            Namun selain menikmati cafe dengan pemandangannya yang sangat indah, banyak kegiatan lain yang bisa di lakukan GoodMates ketika berkunjung ke Trawas, diantara yaitu:

  1. Menikmati pemandangan hamparan sawah terasering.

Selain pemandangan alam gunung yg memukau, indahnya hamparan sawah juga menjadi pilihan destinasi yang perlu Goodmates kunjungi. Trawas yang terletak di lereng gunung membuat kontur daerah Trawas naik turun, sehingga menciptakan sawah dengan tipe terasering. Sawah dengan tipe terasering mampu menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, ditambah dengan keberadaan gunung yang sangat dekat, GoodMates dapat melihat keindahan gunung dengan jelas.

Sawah terasering | Foto: Trevelingyuk.com

  1. Mandi di air terjun atau di sumber air secara langsung.

Trawas memiliki beberapa air terjun namun yang telah dikelola menjadi tempat wisata baru satu yaitu Air Terjun Dlundung yang terletak di Desa Ketapanrame, Trawas. Selain mandi di air terjun, GoodMates juga dapat mandi di aliran air yang berasal dari sumber air langsung di wisata Sumber Gempong. Sumber Gempong berada di Dusun Sukorame Desa Ketapanrame, Trawas. Sumber Gempong adalah sebuah sumber air yang kini telah diolah menjadi tempat wisata yang sangat indah dan patut untuk GoodMates kunjungi.

Sumber Gempong | Foto: Let’s Traveling maen yuk

  1. Staycation.

Trawas dengan pemandangan yang sangat indah dan udara yang sejuk, membuat banyak orang ingin untuk merasakan staycation di Trawas.  Di Trawas GoodMates dapat memilih tipe penginapan, mulai dari villa sederhana dengan dua kamar untuk keluarga kecil, hingga villa besar dan mewah dengan banyak kamar tidur untuk acara besar. Selain villa, Trawas juga tersedia beberapa pilihan hotel untuk GoodMates staycation.

Villa Trawas | Foto: Trevelingyuk.com

  1. Mendaki Gunung Penanggungan.

Gunung Penanggungan memiliki empat jalur pendakian dan dua jalur diantaranya berada di Kecamatan Trawas, yaitu jalur Tamiajeng dan jalur Seloliman. Jadi, GoodMates yang berkunjung ke Trawas bisa melakukan aktivitas mendaki gunung, namun jangan lupa untuk menyiapkan kebutuhan selama pendakian ya GoodMates .

Pemandangan di atas gunung| Foto: Superlive.id

  1. Menikmati wahana permainan yang melimpah.

Saat berkunjung di Trawas GoodMates bisa menikmati wahana permainan yang hampir mirip dengan Jatim Park. Wisata yang terkenal dengan wahana bermain yaitu Sumber Gempong dan Taman Ganjaran, masing-masing berada di Desa Ketapanrame. Di Sumber Gempong GoodMates dapat menikmati wahana permainan seperti kereta sawah, sepeda air, sepeda udara dan becak udara. Sedangkan di Taman Ganjaran GoodMates dapat menikmati lebih banyak wahana permainan dari mulai bianglala, ATV hingga bioskop 9 dimensi.

Wahana Permainan di Taman Ganjaran | Foto: Faktualnews.co

  1. Outbound

jika GoodMates berkunjung ke Trawas bersama tim kerja, atau keluarga besar dan ingin melakukan kegiatan seru-seruan di ourdoor maka GoodMates dapat melakukan outbound. Di Trawas tersedia banyak lapangan untuk kegiatan outbound yang lengkap trainer-nya juga.

Outbond | Foto: Worldorgs.com

  1. Piknik di pondok sawah.

Jika ada GoodMates yang hidup dengan hiruk pikuk kota, penuh kebisingan biasanya sangat mendambakan suasana sepi dan santai, maka pondok sawah adalah solusinya. Pondok sawah ini terletak di kawasan wisata Sumber Gempong. GoodMates biasanya membawa makanan sendiri, kemudian duduk-duduk di pondok sawah sembari menikmati angin semilir dengan pemandangan hamparan sawah serta Gunung Penanggungan yang tampak gagah di depan mata.

Gubuk Sawah | Foto: Metro Times News

Berikut beberapa kegiatan yang dapat GoodMates lakukan di Trawas. Sudah tidak perlu ragu lagi GoodMates untuk berkunjung ke Trawas, Ayo segera agendakan liburan kalian.

 

 

Referensi:

https://www.wisatainfo.com/2021/08/rustic-market-trawas-mojokerto-harga.html

https://www.maenyuk.xyz/2021/10/sumber-gempong.html

https://travelingyuk.com/desa-selotapak-di-mojokerto/282969

https://travelingyuk.com/villa-di-mojokerto/29222

https://www.superlive.id/index.php/news/perjuangan-dalam-hujan-mendaki-gunung-penanggungan

https://metrotimes.news/nasional/launching-mars-psnb-di-wisata-sawah-sumber-gempong/

https://id.worldorgs.com/katalog/mojokerto/pusat-rekreasi/trawas-outbound-provider-top-trawas

https://faktualnews.co/2020/07/26/tidak-pakai-tiket-masuk-taman-ghanjaran-trawas-mojokerto-bikin-kerasan-wisatawan/225712/

 

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini