Bantu Kesehatan Mental dengan Bersikap Bodo Amat

Bantu Kesehatan Mental dengan Bersikap Bodo Amat
info gambar utama

Sudah hal yang biasa ketika kita terlalu memerhatikan hidup orang lain dibandingkan hidup sendiri. Rasa takut akan penilaian orang lain. Lalu, fokus pada kelebihan atau pencapaian orang lain dan kekurangan diri sendiri, itu semua hanya akan membuatmu tidak berani dalam mengambil langkah perubahan. Maka, sudah seharusnya kamu memberanikan diri untuk bisa bersikap 'bodo amat' terhadap hal yang mungkin merugikan diri kamu.

Berikut 6 alasan mengapa sikap bodo amat penting untuk kesehatan mental kamu:

  1. Selalu Jadi Diri Sendiri
Ilustrasi Jadi Diri Sendiri | Foto: Freepik
info gambar

Akan sulit bagi kamu berusaha menjadi yang orang lain inginkan. Apalagi, memaksa diri karena kemauan orang yang kita cintai, tentu ini akan sangat menyiksa diri dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Jika terus terjadi, maka akan akhirnya, kamu tidak akan bisa menerima kekurangan diri sendiri dan memaksakan hal yang tidak seharusnya kamu lakukan. Padahal, sudah seharusnya semua orang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Namun, apabila kita bisa menerima diri sendiri dengan bersikap bodo amat dengan perkataan orang lain, maka kekurangan itu bisa kamu buat sebagai kelebihanmu.

  1. Lebih Menikmati Hidup

Ilustrasi Menikmati Hidup I Foto: Pak Bob

Tidak semua perkataan negatif perlu kamu masukan dalam hati. Apabila kamu dapat mengelola dengan baik, maka itu akan membuatmu lebih tenang. Sikap bodo amat bukan berarti kamu harus bersikap seperti orang anti sosial yang acuh tidak acuh kepada lingkungan sekitar. Namun, mampu menempatkan masalah pada tempatnya.

  1. Tidak Mudah Membandingkan Diri

Ilustrasi membandingkan diri ǀ Foto : Beauty Nesia

Ketika kamu terlalu fokus terhadap orang lain, kemudian memerhatikan semua pencapaiannya, tidak terasa kamu akan membandingkannya dengan dirimu. Pada saat itulah, kamu merasa memliki banyak kekurangan. Hanya fokus pada hal tersebut, lalu mulai berputus asa.

Padahal, ketika kamu bersikap bodo amat, kamu akan merasa bahwa dirimu memiliki keunggulan dan kelebihan tersendiri yang mungkin orang tidak miliki. Dengan begitu, kamu akan fokus melakukan pengembangan diri sesuai dengan yang kamu inginkan.

  1. Lebih Percaya Diri

Ilustrasi Percaya Diri ǀ Foto : Studi Ilmu

Coba jika kamu lebih sering bersikap bodo amat dengan apa yang orang lain katakan, baik itu orang yang iri denganmu atau ingin menjatuhkanmu, maka kamu akan lebih percaya diri dengan yang sedang kamu usahakan.

Pada dasarnya, kamu tidak percaya diri ketika melakukan sesuatu karena takut menerima kritik atau penilaian buruk oleh orang lain. Namun ternyata, itu semua bisa kamu hindari ketika berani bersikap bodo amat.

  1. Tidak Mudah Cemas

Ilustasi Mudah Cemas ǀ Foto : Tiktak

Rasa cemas yang berlebihan akan menghampirimu ketika terus mengkhawatirkan pendapat orang lain ketika melakukan sesuatu. Ketika ada kritikan yang menjatuhkan, maka sudah seharusnya kamu jadikan hal yang membangun kamu ke depannya. Banyak rasa cemas hanya akan menunda kamu untuk terus maju, berinovasi, dan berkreasi.

  1. Fokus dengan Tujuan Hidup

Ilustrasi Fokus dengan Tujuan ǀ Foto : Akademi Trainer

Dengan bersikap bodo amat, kamu tidak perlu membuang waktu dan pikiranmu untuk memikirkan perkataan dan pendapat orang lain tentang dirimu. Kamu tidak akan terpengaruh dengan perkataan yang membuatmu sakit hati. Kamu tidak perlu memikirkan keberhasilan orang lain.

Saat kamu tidak membuang waktu dan pikiran untuk itu semua, kamu akan lebih fokus dengan tujuan hidupmu sendiri. Membuat planning yang telah ditata dengan baik untuk dapat kamu terapkan dalam kehidupan keseharian.

Nantinya, dengan pencapaian yang kamu miliki, akan membuat hati dan pikiranmu jauh lebih bahagia. Tentunya, sangat baik untuk kesehatan mental kamu.

Itulah hal positif yang akan kamu dapatkan ketika berani mengambil langkah bersikap bodo amat dengan hal yang mungkin merugikan dirimu. Kebiasaan buruk terlalu memerhatikan perkataan orang lain dapat kamu ubah dengan kebiasaan baru, yaitu fokus memperbaiki kekuranganmu dan mengembangkan kelebihanmu.

 

Referensi:Buat Info ǀ Yoursay

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini