Plus Minus Jadi Freelancer, Apa Saja?

Plus Minus Jadi Freelancer, Apa Saja?
info gambar utama

Seiring perkembangan zaman yang semakin mobile dan erat dengan kecanggihan teknologi, tak sedikit orang yang mulai melirik pekerjaan harian lepas, atau lebih dikenal dengan sebutan freelancer. Padahal sebelumnya, profesi ini terbilang jarang dilirik karena kurang menjanjikan dan identik dengan penghasilan yang tidak stabil.

Secara sederhana, pekerja freelance dapat diartikan sebagai seseorang yang bekerja pada suatu perusahaan atau instansi tanpa terikat perjanjian kerja yang kuat. Dengan begitu, kita bisa bebas bekerja dimanapun dan kapanpun selama tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

Dengan tawaran pekerjaan yang memiliki fleksibilitas waktu dalam bekerja, profesi sebagai freelancer pun ramai peminat lantaran waktu kerja yang fleksibel dan tak terikat kontrak kerja seperti pekerja full-time. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan menjadi seorang freelance seperti keuntungan dan kekurangannya. Apa saja?

  1. Mendapatkan Waktu Kerja Lebih Fleksibel
Ilustrasi mendapatkan waktu kerja lebih fleksibel
Caption

Berbeda dengan karyawan full-time yang punya jam kerja yang sudah ditentukan, dari jam 9 pagi hingga 5 sore, para freelancer bisa lebih leluasa mengatur waktu bekerja mereka selama pekerjaannya dapat diselesaikan tepat waktu.

  1. Dapat Mengambil Beberapa Jenis Pekerjaan Sekaligus
Ilustrasi dapat mengambil beberapa pekerjaan
Caption

Poin ini menjadi alasan kuat mengapa banyak orang tertarik dengan pekerjaan freelancer. Kita dapat mengambil beberapa jenis pekerjaan sekaligus dari perusahaan yang berbeda. Meski begitu, kita harus bisa pintar mengatur jadwal bekerja agar tidak bentrok satu sama lain.

  1. Punya Pendapatan Lebih Besar
Ilustrasi punya pendapatan lebih besar
info gambar

Nah, ini yang jadi hal paling menggiurkan dari profesi freelancer. Kamu bisa berpeluang mendapatkan upah lebih besar dari pekerja full-time. Dengan mengambil beberapa pekerjaan, otomatis penghasilan kamu juga dapat diakumulasikan lebih banyak. Tapi tetap saja, hal ini tentu tergantung dari berapa besar penghasilan yang didapat dari setiap pekerjaan yang diambil Goodmates.

  1. Bekerja Sesuai Hobi Dan Keahlian
Ilustrasi bekerja sesuai hobi dan keahlian
Caption

Pilihlah pekerjaan freelance sesuai minat dan kemampuan kamu, Goodmates. Dengan begitu, sebanyak apapun pekerjaan yang diambil tentu tak akan terasa menjadi beban. Nggak cuma itu aja, selain menjadikan hobi sebagai ladang penghasilan, secara tidak langsung skill kamu juga akan terus terasah lho.

  1. Beban Kerja dan Pendapatan Tidak Stabil
Ilustrasi beban kerja dan pendapatan tidak stabil
info gambar

Selain banyak poin plus yang didapat dari pekerjaan freelance, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satunya penghasilan yang tidak stabil tiap waktu. Maka dari itu, kamu tidak bisa hanya bergantung pada satu klien saja untuk mendapatkan upah lebih banyak. Para freelancer juga dituntut harus lebih bekerja keras untuk mendapatkan proyek dari setiap pekerjaannya.

  1. Rela Mengorbankan Waktu Pribadi
Ilustrasi rela mengorbankan waktu pribadi
Caption

Menjadi freelancer juga harus siap-siap mengorbankan kehidupan pribadi dan quality time dengan keluarga. Dengan waktu dan tempat bekerja yang tak terbatas, kamu harus selalu bisa meluangkan waktumu saat diperlukan. Jadi, kesiapan adalah kunci utama.

  1. Risiko Tidak Dibayar
Ilustrasi risiko tidak dibayar
Caption

Seorang freelancer harus siap dengan risiko pembayaran yang terlambat atau bahkan tidak dibayar sama sekali. Maka dari itu kamu harus jeli saat memilih klien dan berani untuk menagih pembayaran yang tertunda, sehingga kamu bisa terhindar dari yang namanya tidak dibayar atas pekerjaan yang telah kamu lakukan.

  1. Tidak Ada Tunjangan Kerja
Ilustrasi tidak ada tunjangan kerja
info gambar

Memutuskan untuk menjadi freelancer, berarti harus siap untuk tak mendapatkan tunjangan yang biasa didapat pekerja full-time, seperti tunjangan Hari Raya dan tunjangan kesehatan. Karena sebagai freelancer, kita hanya akan dibayar sesuai apa yang kita kerjakan.

Gimana Goodmates? Setelah melihat beberapa hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari seorang freelancer, masih tertarik nggak dengan profesi yang satu ini?

Nah, untuk tau lebih banyak seputar informasi lowongan pekerjaan, kamu bisa cek Instagram @workerspedia dan channel Youtube Workerspedia. Disana kamu akan menemukan informasi seputar pekerjaan yang sangat bermanfaat.

 

Referensi:Linovhr | INews

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini