Melihat Bagaimana Kentalnya Budaya Indonesia Dalam Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara

Melihat Bagaimana Kentalnya Budaya Indonesia Dalam  Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara
info gambar utama

Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman budaya dengan suku bangsa terbanyak sedunia yang totalnya mencapai lebih dari 700. Hal ini kembali ditunjukkan oleh Alffy Rev dengan meluncurkan Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara pada 17 Agustus 2022, setelah sukses dengan Wonderland Indonesia pertama.

Tidak menunggu lama setelah video musik rilis sudah berada pada posisi trending #1. Wonderland Indonesia 2 menyita banyak perhatian kalangan karena video musiknya yang menunjukkan keberagaman budaya Indonesia, seperti satwa nusantara, baju adat, tarian adat, lagu-lagu daerah dan nasional serta alat musik daerah.

Animasi Satwa Jalak Bali dan Elang Jawa

Animasi Elang Jawa | YouTube: Alffy Rev

Terlihat burung Jalak Bali, burung asli nusantara berwarna putih dan membawa angklung serta Elang Jawa atau Garuda yang mengepakkan sayapnya menunjukkan bagaimana pahlawan-pahlawan Indonesia berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Kedua burung ini termasuk dalam spesies endemik yang eksistensinya terancam punah.

Baju Adat Novia Bachmid yang Menawan!

Novia Bachmid | YouTube: Alffy Rev

Di setiap pergantian lagu, Novia mengenakan delapan pakaian adat yang berbeda-beda, seperti pada bagian lagu Lalo Ngaro (Sasak Lombok Timur) baju yang dipakai dari suku Mbojo dengan cadar cantik yang bernama rimpu.

Menampilkan Tari Kecak, Bali

Tari Kecak | YouTube: Alffy Rev

Tari kecak merupakan salah satu tarian yang terkenal di Pulau Bali. Sekumpulan laki-laki dengan mengenakan kain khas Bali menarikan tari kecak yang kaya akan nilai seni, simbol atas kepercayaan terhadap Tuhan, dan pesan moral yang terlihat saat burung Garuda mengorbankan sayapnya untuk menyelamatkan Shinta dari Rahwana.

Muncul Beragam Lagu Daerah

Indonesia memiliki lebih dari 400 lagu daerah. Lagu-lagu daerah yang ditampilkan pada Wonderland Indonesia 2 menggambarkan ragam budaya dari berbagai suku, diantaranya Lingsir Wengi (Jawa), Cik-cik Periuk (Suku Dayak), Sinanggar Tullo (Sumatera Utara), Ayo Mama (Maluku), Anging Mammiri (Sulawesi Selatan), Lalo Ngaro (Sasak Lombok Timur), Tanduk Majeng (Madura), dan satu lagu nasional, Mengheningkan Cipta.

Sampek, Alat Musik Tradisional Dayak

GoodMates, apa kalian mendengar suara alunan musik magis yang dipetik? Yap, alat musik itu dinamakan sampek yang memiliki tiga senar khas suku Dayak, Kalimantan Selatan. Sampek memiliki makna kebersamaan dan keselarasan yang sesuai dengan apa yang ingin Wonderland Indonesia 2 sampaikan.

Kekayaan budaya dan suku bangsa yang dimiliki Indonesia dirangkum sebagiannya pada Wonderland Indonesia yang mana ini membuat banyak kalangan semakin mengenal Indonesia bahkan Wonderland Indonesia dianggap sebagai salah satu instrumen diplomasi budaya karena memuat kekhasan Indonesia didalamnya.

Melalui ini GoodMates pasti #MakinTahuIndonesia karena tidak hanya memikat masyarakat dalam negeri, banyak content creator luar negeri, seperti Amerika Serikat, Malaysia, Spanyol, dan lain-lain membuat video reaksi yang menunjukkan kekagumannya terhadap budaya Indonesia melalui Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara.

Referensi:

UNEWS | Makna MV Lagu dan Lirik Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara-Alffy Rev feat Novia dkk, TRENDING 1!

TRIBUN NEWS | 8 Fakta Wonderland Indonesia 2: The Sacred Nusantara, Karya Alffy Rev yang Trending di YouTube

PORTAL JEMBER | Ada Tari Kecak di Wonderland Indonesia 2, Ini Makna dan Filosofi Tari Khas Bali yang Dipakai Alffy Rev

CHAT NEWS | Mengenal Sampek, Alat Musik Tradisional Dayak di Video Trending YouTube

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini