6 Komunitas Peduli Kesehatan Mental di Indonesia, Kamu Tidak Sendirian!

6 Komunitas Peduli Kesehatan Mental di Indonesia, Kamu Tidak Sendirian!
info gambar utama

Penderita gangguan kesehatan mental sering kali merasa sendirian. Perasaan tidak didukung oleh lingkungan sosial tersebut justru membuatnya merasa terbebani dan proses penyembuhan semakin terasa sulit. Namun begitu, GoodMates tidak perlu risau karena komunitas peduli kesehatan mental sudah berkembang di Indonesia.

Komunitas peduli kesehatan mental merupakan komunitas yang aktif menyuarakan kampanye seputar isu mental dan jiwa. Mereka juga mengadakan berbagai kegiatan dan menyediakan layanan atau informasi lainnya. Beberapa di antaranya pun aktif mengampanyekan jenis gangguan kesehatan mental tertentu, sehingga bisa menyasar penderita gangguan kesehatan mental yang lebih spesifik.

Simak sampai akhir, berikut ini enam komunitas peduli kesehatan mental di Indonesia yang GoodMates perlu tahu.

Into The Light Indonesia

Into The Light Indonesia merupakan komunitas berbasis anak muda yang aktif melakukan advokasi, kajian, dan edukasi mengenai pencegahan bunuh diri dan kesehatan jiwa. Dibentuk pada Mei 2013 lalu, Into The Light Indonesia fokus kepada penghapusan stigma di masyarakat terhadap bunuh diri dan orang-orang dengan gangguan kesehatan jiwa. Komunitas ini hadir dengan moto “Hapus Stigma, Peduli Sesama, Sayangi Jiwa”.  

Into The Light Indonesia tidak memberikan layanan konseling. Akan tetapi, komunitas ini meluncurkan beragam program, seperti mengadakan diskusi publik, pelatihan, kampanye, dan menerbitkan hasil penelitian. Program-program tersebut bertujuan untuk mengurangi stigma bunuh diri dan meningkatkan kesadaran pencarian bantuan bagi orang-orang yang merasakan gejala gangguan kesehatan mental.

Baca Juga: Rumah Belajar sebagai Wadah Anak Ekspresikan Diri

Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia

Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) telah berdiri sejak tahun 2009. KPSI merupakan komunitas yang berorientasi pada edukasi dan pelayanan kepada orang dengan skizofrenia, yakni jenis gangguan jiwa dengan halusinasi. Selain itu, KPSI juga memberi dukungan aspek legal dan hukum. 

KPSI menyediakan layanan konsultasi dan kelompok dukungan (peer support). Tidak hanya layanan konsultasi untuk pasien skizofrenia, tetapi juga layanan pendampingan untuk keluarga pasien. Dari sana, pasien dapat saling berinteraksi dan keluarga pasien bisa menyemangati satu sama lain.

Bipolar Care Indonesia

Didirikan pada tahun 2013, Bipolar Care Indonesia berkembang menjadi komunitas yang berfokus pada bipolar, yakni gangguan mental yang diidentikkan dengan perubahan drastis pada suasana hati (mood). Bipolar Care Indonesia tidak hanya mewadahi Orang Dengan Bipolar (ODB), melainkan juga caregiver (pengasuh) dan siapa saja yang peduli dengan gangguan bipolar.

Bipolar Care Indonesia melakukan edukasi, dukungan, dan berbagai aktivitas, seperti psikoedukasi, support group “BipoTalk”, dan art therapy. Bipolar Care Indonesia juga aktif merayakan Hari Bipolar Sedunia dengan menggelar beragam kegiatan yang berhubungan dengan gangguan bipolar. 

Depression Warriors Indonesia

Depression Warriors Indonesia merupakan support group berbasis komunitas untuk orang-orang yang tengah berjuang menghadapi depresi. Depression Warriors Indonesia bertujuan untuk menciptakan kesadaran (awareness) kesehatan mental dan menjadi wadah bagi penyintas depresi. Komunitas ini dikenal dengan kampanye media sosial melalui tagar #IAmWarrior.

Beragam program telah diluncurkan oleh Depression Warrior Indonesia, di antaranya healing camp, sharing session, support group session, webinar, dan program sukarelawan (volunteer) bagi orang-orang yang peduli dengan isu kesehatan mental. Di Instagram, komunitas ini juga aktif mengunggah konten edukasi mengenai depresi.

Baca Juga: Mengenal Sendkebaikan, Komunitas Berbagi di Kota Makassar

I Smile 4 You

Komunitas yang berbasis di Instagram ini telah berdiri sejak tahun 2016. I Smile 4 You merupakan komunitas yang bertujuan untuk membangun semangat positif muda-mudi Indonesia melalui senyuman. I Smile 4 You percaya akan kekuatan senyuman sebagai langkah sederhana untuk menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik.

Dua program utama yang difasilitasi oleh I Smile 4 You ialah layanan curhat dan sukarelawan (volunteer). Dilansir dari akun Instagram @by.ismile4you, layanan curhat dilakukan dengan metode support group. Program ini dilakukan selama tujuh minggu dan peserta akan didampingi oleh satu orang pendengar curhat.

ALPAS Mental Health Indonesia

ALPAS Mental Health Indonesia atau Alpas.id merupakan komunitas kesehatan mental nonprofit yang bertujuan untuk membantu seseorang agar terbebas dari stigma dan perasaan ditinggalkan. Adapun misi Alpas.id, antara lain, mempelajari isu, berkoneksi dengan orang lain, tumbuh sebagai komunitas yang cakap, dan menjadi manfaat untuk kesehatan mental seseorang.

Alpas.id mewadahi layanan konseling gratis bernama “Curhat Alpas”. Layanan tersebut bisa diakses melalui aplikasi LINE. Curhat Alpas menyediakan konselor yang merupakan mahasiswa atau sarjana psikologi. Uniknya, calon pengguna layanan ini juga bisa memilih konselor yang diinginkan.

Baca Juga: Melestarikan Budaya Angklung Bersama Komunitas Guriang

Nah, GoodMates, itu dia enam komunitas peduli kesehatan mental yang ada di Indonesia. Deretan komunitas di atas siap menjadi bagian dari perjalanan penyembuhanmu. Tetap semangat dan sadar penuh bahwa kamu tidak sendirian.

Referensi: Into The Light Indonesia | Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia | Bipolar Care Indonesia | Instagram Depression Warriors Indonesia | Instagram I Smile 4 You | Alpas.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini