Mencari Calon Bintang Catur Indonesia Lewat Festival Catur Pelajar Nasional 2022

Mencari Calon Bintang Catur Indonesia Lewat Festival Catur Pelajar Nasional 2022
info gambar utama

Festival Catur Pelajar Nasional 2022 menghadirkan para pecatur belia dari berbagai penjuru Indonesia. Ajang ini sekaligus menjadi arena munculnya pada calon-calon bintang catur masa depan.

Mencari calon bintang-bintang masa depan adalah hal yang dibutuhkan Indonesia agar bisa terus bersaing di kancah catur dunia. Untuk itulah perlu ada turnamen yang secara khusus mewadahi para pecatur belia untuk unjuk gigi.

Salah satunya adalah Festival Catur Pelajar Nasional 2022. Ajang ini sukses digelar tahun ini dan telah resmi berakhir pada Sabtu (1/9) lalu.

Festival Catur Pelajar Nasional 2022 mempertandingkan para pelajar dari berbagai jenjang. Ada delapan kategori yang dipertandingkan, yaitu SMA putra dan putri, SMP putra dan putri, SD 1-3 putra dan putri.

Ajang ini disambut meriah oleh para pecatur belia dari berbagai penjuru Tanah Air. Tercatat, ada 1.393 siswa dari 601 sekolah di 22 provinsi yang ikut serta.

Tidak sekadar adu kebolehan antarpelajar, Festival Catur Pelajar Nasional 2022 juga merupakan pintu masuk menuju ajang internasional. Juara dari setiap kategori berhak mendapatkan golden tiket untuk tampil dalam Asian Youth Chess Championship 2022 (AYCC) yang akan dihelat di Bali pada 13-27 Oktober 2022 mendatang.

Festival Catur Pelajar Nasional 2022 diselenggarakan melalui kerja sama antara BPK Panabur, Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi), dan Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA). Lewat ajang ini, diharapkan olahraga catur bisa mendapatkan dukungan untuk diperkenalkan dan dikembangkan.

"BPK Penabur dan Percasi bersama-sama ingin membangun karakter unggul anak bangsa melalui turnamen catur yang berkesinambungan, apalagi tagline Festival Catur Pelajar Tingkat Nasional ini 'Jujur Itu Juara' sangat memberikan harapan ke depan," ujar Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya seperti dilansir Antara.

Apresiasi juga diberikan oleh Deputi III Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Raden Isnanta. Menurutnya, ajang seperti Festival Catur Pelajar Nasional adalah upaya untuk melahirkan pecatur top Indonesia."Hadirnya 1.393 peserta pecatur pelajar dari 22 Provinsi sangat luar biasa dan ini sudah pasti membantu pembinaan olahraga khususnya catur Indonesia termasuk juga upaya melahirkan pecatur kelas dunia seperti halnya GM Utut Adianto serta pelajar andal nasional lainnya," kata Raden Isnanta.

Apakah Kawan GNFI juga suka bermain catur? Berani bertanding menghadapi adik-adik peserta Festival Catur Pelajar Nasional 2022?

Merlep Ginting, Orang Karo yang Tak Bisa Baca-Tulis Penantang Jago Catur Belanda

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini