4 Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional

4 Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional
info gambar utama

Bahasa Indonesia mempunyai fungsi penting, dimana salah satunya adalah sebagai bahasa nasional. Fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional sendiri sudah tersirat pada butir ketiga Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi, "Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia". Butir ketiga itu juga menegaskan bahwa kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional berada di atas bahasa daerah.

Secara umum, fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional ada empat, yaitu: sebagai lambang kebanggaan kebangsaan; alat penghubung antar warga, antar daerah, dan antar budaya; lambang identitas nasional; serta alat pemersatu suku budaya di Indonesia.

Adapun pembahasan lebih detail dari keempat fungsi tersebut bisa kamu simak sebagai berikut!

1. Sebagai Lambang Kebanggan Kebangsaan

Pada fungsi ini, bahasa Indonesia dianggap mampu mencerminkan nilai-nilai sosial budaya Indonesia yang mendasari rasa kebanggaan terhadap bangsa Indonesia. Agar fungsi ini tetap terjaga, bahasa Indonesia harus terus dipelihara, dijaga, dan dikembangkan. Kebanggaan masyarakat dalam penggunaan bahasa Indonesia pun juga harus terus ditingkatkan.

2. Alat Penghubung Antar Warga, Antar Daerah, dan Antar Budaya

Sebagaimana yang kita tahu, Indonesia kaya akan budaya, suku bangsa, dan bahasa daerah. Supaya semua unsur itu bisa terhubung satu sama lain, masyarakat Indonesia harus menggunakan bahasa Indonesia saat berkomunikasi. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa bahasa Indonesia dianggap sebagai bahasa persatuan, serta kedudukannya harus berada di atas bahasa daerah.

3. Sebagai Lambang Identitas Nasional

Seperti halnya bendera merah putih dan simbol garuda, bahasa Indonesia adalah identitas nasional lainnya yang kita miliki. Agar identitas ini senantiasa hadir, masyarakat harus tetap menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, baik di pergaulan maupun lingkungan kerja.

4. Alat Pemersatu Suku Budaya di Indonesia

Fungsi ini masih ada benang merahnya dengan fungsi kedua. Dengan adanya bahasa Indonesia, setiap suku budaya di Indonesia bisa berkomunikasi dengan lebih lancar dan terhindar dari kesalahpahaman. Hal inilah yang bisa memicu persatuan dan keharmonisan antar suku budaya di Indonesia. Walau menggunakan bahasa Indonesia, setiap suku budaya di Indonesia masih tetap bisa menggunakan bahasa daerah mereka masing-masing, serta tetap menjaga nilai-nilai sosial budaya yang mereka yakini.

Fungsi Lainnya

Selain sebagai bahasa nasional, bahasa Indonesia juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai bahasa negara. Fungsi ini sudah dikukuhkan lewat Undang-Undang Dasar 1945 ayat Bab XV Pasal 36. Pada undang-undang tersebut, disebutkan bahwa fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai bahasa yang digunakan dalam berbagai penyelenggaraan administrasi negara. Misalnya dalam penyelenggaraan pendidikan dan sebagainya.

Secara umum, fungsi bahasa Indonesia sebagai bahasa negara ada empat, yaitu:

  • Sebagai bahasa resmi kenegaraan.
  • Alat penghubung pada tingkat nasional.
  • Sebagai bahasa pengantar dalam proses pendidikan.
  • Sebagai alat yang membantu pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), serta kebudayaan.

Sumber:

https://www.merdeka.com/jatim/fungsi-bahasa-indonesia-sebagai-bahasa-pemersatu-bangsa-ketahui-sejarahnya-kln.html

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

Terima kasih telah membaca sampai di sini