Kabar Gembira, MRT Jakarta Kini Beroperasi hingga Tengah Malam

Kabar Gembira, MRT Jakarta Kini Beroperasi hingga Tengah Malam
info gambar utama

Penumpang MRT saat ini boleh senang. Sebab, transportasi umum tersebut kini beroperasi hingga tengah malam.

Dioperasikannya MRT hingga tengah malam telah dilakukan sejak Selasa (15/11). Kebijakan untuk memperpanjang jadwal MRT ini diterapkan sebagai respons atas tindak lanjut dari instruksi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Instruksi yang dimaksud adalah Instruksi Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 486 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pengaturan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi Pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1.

"Sehubungan dengan hal tersebut, maka kebijakan waktu operasional MRT Jakarta disesuaikan," ujar Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT MRT Jakarta Rendi Alhilal seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, MRT Jakarta beroperasi hingga pukul 23.00 WIB. Dengan kebijakan perpanjangan waktu operasi ini, MRT menjadi beroperasi hingga pukul 24.00 WIB.

Hal ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang biasa memanfaatkan transportasi umum sebagai andalan sehari-hari. Kini, masyarakat tidak perlu khawatir ketinggalan kereta apabila harus beraktivitas hingga larut malam.

Sementara itu, jam dimulainya operasional MRT tidak mengalami perubahan. Untuk hari Senin - Jumat atau hari kerja, layanan MRT dimulai pukul 05.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu - Minggu atau akhir pekan, layanan dimulai pukul 06.00 WIB.

Selain jam operasi, penumpang juga perlu memperhatikan bahwa jarak waktu kedatangan kereta juga tidak berubah. Untuk hari kerja, jarak kedatangan kereta adalah 5 menit di jam sibuk dan 10 menit di jam normal. Sedangkan pada hari libur, jarak antarkeretanya adalah 10 menit.

Peran Phoa Beng Gan Membangun Kali Molenvliet yang Selamatkan Batavia

Pengembangan MRT

Perpanjangan waktu operasional hanyalah satu kabar baik dari MRT. Di samping itu, ada pula kabar baik lainnya berupa proyek perpanjangan rute yang terus berjalan.

Kini, PT MRT Jakarta tengah menjalankan proyek pembangunan MRT fase 2. Dalam laman resminya, diterangkan bahwa jalur yang dibangun di fase ini akan membentang dari Bundaran HI hingga Ancol Barat.

Proyek fase 2 terdiri dari fase 2A dan 2B. Saat ini, PT MRT Jakarta telah mulai menggarap fase 2A di mana akan ada tujuh stasiun bawah tanah yang dibangun, yakni Stasiun Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota dengan total panjang jalur sekitar 5,8 kilometer.

Fase 2A juga terdiri dari dua segmen. Untum segmen satu, jalurnya adalah dari Bundaran HI hingga Harmoni yang pembangunannya diproyeksikan rampung pada tahun 2025. Sementara itu, jalur segmen dua adalah Harmoni hingga Kota dan ditargetkan selesai pada tahun 2028.

Wabah Kolera: Ketika Buruknya Kualitas Air Ciliwung Bawa Bencana di Batavia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini