4 Destinasi Museum Date Low Budget di Pulau Jawa

4 Destinasi Museum Date Low Budget di Pulau Jawa
info gambar utama

Mengisi waktu luang bersama pasangan tidak selalu di mal, kafe, atau restoran hits. Rupanya, tempat-tempat bersejarah dan memiliki nilai seni tinggi dapat menjadi destinasi Kawan GNFI bersama pasangan untuk jalan bersama di hari libur. Salah satunya, museum.

Museum memang terkenal dengan memamerkan berbagai benda-benda kuno dan terkesan tempat yang membosankan. Namun, jangan salah, museum-museum sekarang dapat menjadi destinasi yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama pasangan kamu. Museum punya banyak spot yang estetik instagramable dan dapat Kawan abadikan bersama pasangan.

Trend kencan di museum alias museum date semakin naik. Banyak akun-akun dari Tiktok, Twitter dan Instagram selalu membahas dan membuat wishlist museum-museum untuk museum date. Tidak hanya itu, kalau Kawan nonton film sama pacar di mall, minimal kamu perlu budget di atas Rp50.000 untuk nonton berdua. Kalau dibandingin sama museum date, rata-rata harga tiket museum low budget. Harganya bisa di bawah Rp10.000. Bahkan ada yang gratis.

Banyak museum yang terdapat di kota besar di Pulau Jawa, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, maupun Surabaya. Ada rekomendasi satu museum yang dapat kamu kunjungi dari setiap kota berdasarkan rating dan reviewer dari Google dan harga tiket. Informasi ini tentu dapat membantu kamu menyusun dating itinerary bersama si Dia. Berikut rekomendasinya!

Museum 1.000 Moko: Kisah Tersimpan Tentang Leluhur Masyarakat Alor

1. Museum Bank Indonesia Jakarta

Museum Bank Indonesia
info gambar

Museum Bank Indonesia pertama kali dibangun tahun 1828. Museum ini memiliki koleksi berupa sejarah, jenis mata uang di Indonesia dan luar negeri, perkembangan logo Bank Indonesia, dan kisah krisis moneter 1998.

Kawan bisa mengakses Museum Bank Indonesia dengan busway, karena ada halte busway dan banyak pemberhentian angkot yang dekat dengan museum ini. Selain ke Museum Bank Indonesia, kamu bisa juga mengunjungi museum dan atraksi wisata lain di sekitar museum. Beberapa atraksi wisata lain yang bisa kamu kunjungi diantaranya Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Sejarah Jakarta, Taman Fatahillah, dan Museum Mandiri.

Berbagai kuliner juga bisa Kawan temukan di dekat museum. Kamu bisa mampir ke Batavia Market, Cafe Batavia, Bakso Mastom ataupun Kedai Seni Djakarte. Selain itu, kamu juga bisa mampir ke Glodok Plaza untuk berbelanja.

Berikut alamat, jam buka, dan harga tiket masuk dari Museum Bank Indonesia.

Alamat: Jl. Pintu Besar Utara No.3, RW.6, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

Jam Buka: Selasa - Minggu, 08.00 - 15.30 WIB

Harga Tiket Masuk: Pelajar/Mahasiswa - Gratis, Umum - Rp5.000

2. Museum Konferensi Asia Afrika Bandung

Museum yang masih berada di dalam Jl. Asia Afrika, Braga ini memamerkan sejumlah koleksi berupa benda dan foto dokumenter dari Konferensi Bogor hingga Konferensi Asia Afrika. Selain itu, museum ini memberikan informasi terkait perkembangan sosial budaya dan peranan bangsa di Asia Afrika.

Untuk akses transportasi ke museum ini, kamu bisa menggunakan bus dan berhenti di Halte Banceuy. Setelah turun dari bus, Kawan bisa berjalan sejauh 350 meter ke arah timur untuk bisa sampai ke museum. Selain dari Halte Banceuy, Kawan juga bisa naik angkot dan berhenti di Alun Alun Brandos yang terletak di selatan museum.

Setelah dari museum, kamu dan pasangan kamu bisa foto bersama Tugu Asia Afrika, Mural Asia Afrika, ataupun sepanjang Jl. Asia Afrika. Tidak hanya itu saja, kamu bisa berjalan - jalan di Museum Wolff Schoemaker, Alun - Alun Kota Bandung, ataupun Pendopo Kota Bandung.

Saat lapar, Kawan bisa berwisata kuliner di dekat Museum Konferensi Asia Afrika. Kawan dan kekasih hati bisa mampir ke Starbucks Asia Afrika, Ayam Penyet Surabaya, Katsunyaka Braga Sarinah, Kopi Magma, atau kuliner lainnya. Kalau belanja? Tentu bisa. Lokasi museum tidak jauh dari Plaza Parahyangan - Distro Center.

Berikut alamat, jam buka, dan harga tiket dari Museum Asia Afrika.

Alamat: Jl. Asia Afrika No.65, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Jam Buka: Selasa, Kamis, Sabtu - Minggu, 09.00 - 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Gratis

Mengunjungi Museum Milik Bersama yang Berada di Sudut Brastagi

3. Museum Sonobudoyo Jogja

Museum yang terletak di kecamatan Gondomanan ini cukup menarik untuk dikunjungi. Museum Sonobudoyo menyimpan benda - benda budaya Yogyakarta. Museum ini memiliki beberapa ruang yang berisi koleksi wayang, batik, dan koleksi senjata tradisional. Berbagai pameran seni, pemutaran film, ada pagelaran seni telah diadakan di museum ini.

Ada dua transportasi umum yang bisa Kawan gunakan untuk menuju lokasi ini. Pertama Kawan bisa menggunakan bus Transjogja dan berhenti di halte Senopati 1. Kemudian, Kawan GNFI bisa menggunakan becak dari depan Taman Pintar.

Setelah Kawan mengunjungi Museum Sonobudoyo, Kawan bisa mampir ke atraksi wisata lain. Atraksi wisata lain yang dekat dengan museum ini, diantaranya Alun - Alun Yogyakarta, Keraton Yogyakarta, dan Jogja Gallery. Setelah lelah berjalan - jalan, Kawan bisa juga menikmati kuliner di dekat museum.

Kamu bisa kulineran di Special Bakmi dan Nasi Goreng Pak Pele yang cukup terkenal, Kopi Walik, Kedai Kopi Margomulyo, Kopi Walik, Kopi Kandang Macan, dan berbagai kuliner lainnya. Setelah berwisata kuliner, Kawan dan pasangan bisa berjalan - jalan ke Malioboro Mall dengan menggunakan becak.

Berikut informasi alamat, jam buka, dan harga tiket masuk dari Museum Sonobudoyo.

Alamat: Jl. Pangurakan No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

Jam Buka: Selasa - Sabtu, 08.00 - 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Anak - anak - Rp2.000, Dewasa - Rp3.000

Museum Gunungapi Merapi di Sleman, Daya Tarik Wisata tentang Gunung dan Gempa

4. Monumen Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Surabaya

Museum yang berada di kawasan Tugu Pahlawan memiliki koleksi berkaitan tentang pertempuran 10 November. Sejarah mengenai pertempuran 10 November dijelaskan di museum ini. Koleksi yang dipamerkan di museum diantaranya koleksi foto, senjata rampasan, dan artefak peninggalan pertempuran.

Lokasi kawasan monumen cukup dekat dengan akses transportasi seperti halte dan pemberhentian bus. Sejauh 600 meter dari bagian utara kawasan monumen terdapat Halte Kebonrejo. Di bagian barat kawasan juga terdapat Halte Pasar Turi serta di bagian timur dan selatan juga terdapat pemberhentian bus.

Beberapa kuliner daerah dan modern yang bisa Kawan GNFI coba bersama pasangan di dekat destinasi ini. Kamu bisa mampir ke Nasi Bebek Asli Tugu Pahlawan, Sentra Wisata Kuliner Kepanjen, Janji Jiwa Jilid 418, ataupun Omah Tua Coffee and Library.

Tak jauh dari kawasan Monumen Tugu Pahlawan, Kawan bisa mengunjungi Museum Dr. Soetomo dengan berjalan kurang lebih 7 menit ke bagian selatan.

Berikut informasi alamat, jam buka, dan harga tiket masuk dari Monumen Tugu Pahlawan dan Museum 10 November Surabaya.

Alamat: Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Kec. Bubutan, Kota SBY, Jawa Timur 60174

Jam Buka: Selasa - Minggu, 08.00 - 15.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Pelajar dan Mahasiswa - Gratis, Umum - Rp5.000

Berikut sejumlah destinasi museum date low budget di Pulau Jawa yang bisa Kawan GNFI kunjungi. Bagaimana? Sudah tertarik dengan museum date? Atau sudah ada rencana dating dengan pacar mau ke museum mana? Kawan bisa memasukkan rekomendasi di atas ke list tempat dating weekend nanti.

Referensi: Popbela.com | IDNTimes.com | Brilio.net

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AB
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini