Medali di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 Buka Jalan Eko Yuli Irawan ke Olimpiade 2024

Medali di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 Buka Jalan Eko Yuli Irawan ke Olimpiade 2024
info gambar utama

Satu lagi prestasi membanggakan datang dari angkat besi Indonesia. Eko Yuli Irawan meraih hasil ciamik di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022.

Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 digelar di Bogota, Kolombia sejak 5 Desember lalu dan dijadwalkan berlangsung hingga 16 Desember mendatang. Sejumlah atlet Indonesia turut berpartisipasi.

Salah satunya adalah Eko Yuli Irawan. Atlet angkat besi kawakan berusia 33 tahun itu tampil di kelas 61 kg putra.

Hasilnya, Eko mendapat dua medali perak dan satu perunggu. Itu didapat setelah ia mencatatkan total angkatan seberat 300 kg yang terdiri dari 165 kg clean & jerk dan 135 kg snatch. Dengan demikian, Eko berhak atas medali perak di angkatan total dan clean & jerk plus perunggu untuk angkatan snatch.

Di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022 ini pula Eko kembali bersaing dengan rival beratnya, Li Fabin dari China. Eko pun harus mengakui keunggulan Li Fabin yang berhasil keluar sebagai pengisi posisi teratas.

Li Fabin tampil dominan di semua angkatan. Total, ia mencatatkan angkatan 312kg yang terdiri dari 175 kg clean & jerk dan 137 kg snatch.

Dari Asian Games, Sejarah TVRI Mewarnai Pertelevisian Indonesia

Menuju Olimpiade 2024

Apa yang diraih Eko membuatnya punya jalan untuk tampil di Olimpiade 2024. Medali perak Kejuaraan Dunia Angkat Besi adalah poin penting yang dikoleksinya dalam kualifikasi menuju Olimpiade.

Untuk diketahui, Eko harus memenuhi kewajiban yang ditetapkan IWF untuk bisa tampil di Olimpiade 2024. Pertama, ia wajib ikut serta dalam dua turnamen, yakni Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2023 dan Piala Dunia Angkat Besi 2024. Lalu ia juga harus tampil minimal dalam tiga dari turnamen berikut: Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022, Kejuaraan Kontinental 2023, IWF Grand Prix I 2023, IWF Grand Prix II 2023, serta Kejuaraan Kontinental 2024.

Eko mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantunya hingga bisa meraih medali di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2022.

“Terima kasih atas doa dan dukungan dari Istri, keluarga, kerabat dekat, dan masyarakat Indonesia. Hari ini di Kejuaraan Dunia Angkat Besi di Kolombia untuk kualifikasi Olimpiade 2024 baru bisa mendapat medali perak. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi,” kata Eko seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Pencapaian Eko juga diapresiasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali.

“Eko berhasil membuktikan bahwa dengan perjuangan dan semangat yang tinggi, menjadi modal untuk bisa lolos di Olimpiade. Dengan hasil ini, saya harap Eko akan mewakili Indonesia di Olimpiade 2024. Saya harap Eko sebagai lifter senior menjadi contoh bagi para atlet muda khususnya Angkat Besi Tanah Air,” kata Amali.

Daftar Tuan Rumah ASEAN Para Games dari Masa ke Masa, Malaysia Terbanyak

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini