5 Wisata Gunung Kelud Terbaik yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan

5 Wisata Gunung Kelud Terbaik yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan
info gambar utama

Tahukah Anda, area Gunung Kelud memiliki destinasi wisata menarik yang beragam. Jika Anda seorang pencinta alam, pastinya akan dibuat rindu untuk menginjakkan kaki di gunung yang satu ini karena wisata Gunung Kelud sempat tutup selama pandemi COVID-19.

Tapi tak perlu berkecil hati, karena kini wisata alam ini telah dibuka kembali dan siap menghempaskan semua rasa lelah dan penat yang Anda rasakan. Sebelum berkemas, mari simak dulu ulasan 5 wisata Gunung Kelud terbaik berikut ini!

1. Puncak Gunung Kelud

objek wisata gunung kelud
info gambar

Destinasi yang pertama ini sangat cocok dan wajib dikunjungi bagi Anda yang memiliki hobi hiking. Pemandangan di sekitar puncak Kelud sangat mengagumkan karena Anda bisa melihat 3 puncak gunung sekaligus. Ketiga puncak yang bisa terlihat jelas tersebut adalah puncak Kelud, puncak Sumbing, dan puncak Gajah Mungkur.

2. Wisata Air Panas Kelud

kolam air panas objek wisata gunung kelud
info gambar

Setiap gunung berapi aktif sudah pasti memiliki sumber mata air panas. Begitu juga dengan Kelud yang memiliki sumber alami air panas dan dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata.

Mengunjungi wisata air panas di Kelud ini menjadi daftar kegiatan yang wajib Anda coba karena udara di sekitar Pegunungan Kelud yang dingin. Perpaduan sempurna, bukan?

3. Agrowisata Margomulyo

Selain pemandangan alam, di kawasan Kelud Anda juga bisa menemukan destinasi dengan konsep agrowisata, loh. Agrowisata ini dikenal sebagai Taman Agro Kediri, karena seperti yang kita tahu Gunung Kelud berada di perbatasan Kediri.

Kawasan Agrowisata Margomulyo dihiasi oleh berbagai tanaman bunga yang dibudidayakan oleh pengelola. Beberapa jenis bunga cantik yang tersedia di antaranya seperti krisan, matahari, refugia, mawar, dan masih banyak lagi.

4. Kampung Durian

kampung durian wisata gunung kelud

Bagi Anda pencinta raja buah atau durian, maka Anda wajib mengunjungi Kelud sekarang juga dan mampir ke Kampung Durian. Di sini Anda dapat menemukan berbagai varietas durian dan bukan hanya dapat disantap secara langsung melainkan bisa juga dihidangkan dalam bentuk berbagai menu olahan yang pastinya lezat!

5. Mysterious Road Kelud

Destinasi kelima sekaligus yang terakhir dalam daftar ini adalah Mysterious Road Kelud. Jalan misterius ini menunjukkan fenomena yang sulit dipahami, dimana mobil yang mesinnya dimatikan akan tetap berjalan meskipun jalannya menanjak. Untung menghilangkan rasa penasaran segera kunjungi destinasi ini sekarang juga dan buktinya kemisteriusannya.

Kelima destinasi menarik di atas tentu hanya akan Anda temukan di Gunung Kelud. Jika Anda berniat untuk liburan di gunung dengan ketinggian 1.731 meter ini Anda bisa mengunjungi Desa Ringinrejo, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Untuk letaknya sendiri, sebenarnya gunung ini berada dalam kawasan 3 kabupaten yaitu Kabupaten Kediri, Blitar, dan Malang.

Wisata alam ini buka setiap hari selama 24 jam nonstop dan hanya dikenai biaya 10 ribu per orang untuk tiket masuknya.

Wisata Gunung Kelud: Suasana Alami di Puncak Gunung Jawa Timur

wisata gunung kelud
info gambar

Menilik lebih jauh, Gunung Kelud memang menjadi destinasi favorit karena dihiasi dengan bentang alam yang luar biasa seperti bukit yang indah, sungai air panas, lembah-lembah, dan yang paling menakjubkan adalah fenomena munculnya anak Gunung Kelud yang mulai terbentuk sejak 2007.

Bukan hanya itu, gunung ini juga menjadi tempat tinggal aneka fauna sebut saja kera, kijang, dan aneka burung. Selain itu, bagi Anda yang ingin hiking di sini Anda akan berpapasan dengan bunga abadi yaitu bunga Edelweis yang menghiasi kawasan gunung ini.

Dengan semua keistimewaan yang dimiliki, tak salah jika wisata Gunung Kelud sangat worth it untuk dikunjungi terlebih bagi kamu yang ingin liburan sekaligus healing dari kepenatan rutinitas sehari-hari. Selamat liburan dan jangan lupa untuk selalu stay save sobat GNFI!

Sumber :
https://www.nativeindonesia.com/wisata-gunung-kelud/
https://lintaspariwisata.com/10-tempat-wisata-gunung-kelud-dan-sekitarnya-yang-wajib-dikunjungi/
https://vsi.esdm.go.id/index.php/gunungapi/data-dasar-gunungapi/538-g-kelud
https://kediripedia.com/mysterious-road-kelud-medan-magnet-atau-ilusi/
https://travel.detik.com/cerita-perjalanan/d-5406012/pesona-alam-gunung-kelud
https://jogja.tribunnews.com/2014/02/11/kera-kijang-dan-burung-mulai-turun-dari-gunung-kelud

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

Terima kasih telah membaca sampai di sini