Pracima Tuin Mangkunegaran, Ruang Publik Baru di Surakarta yang Kini Sudah Dibuka

Pracima Tuin Mangkunegaran, Ruang Publik Baru di Surakarta yang Kini Sudah Dibuka
info gambar utama

Taman Pracima atau Pracima Tuin adalah salah satu bagian dari komplek Pura Mangkunegaran. Tempatnya terdiri dari taman, kolam dan beberapa bangunan.

Menurut informasi yang dipublikasikan IDN Times, bangunan-bangunan di Pracima Tuin dikelilingi oleh taman dan kolam. Bangunan-bangunan di sana pun memiliki namanya masing-masing seperti Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik.

Aslinya, Pracima Tuin adalah lapangan tenis yang kini tidak digunakan lagi dan kemudian lahannya dijadikan taman dengan luas sekitar 1.000 meter persegi. Nama Pracima Tuin berarti taman yang terletak di area barat, dan letaknya memang beda di bagian barat Pura Mangkunegaran.

Rekomendasi 15 Makanan Khas Maluku Utara asli dari Negeri Rempah

Revitalisasi Pracima Tuin

Pracima Tuin mulai direvitalisasi pada tahun 2022. Adapun tujuan revitalisasi tersebut adalah menjadikan Pracima Tuin sebagai ruang publik tempat masyarakat berkumpul, beraktivitas, dan berinteraksi satu sama lain.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pracima Tuin. Sebab, tempat tersebut memang diproyeksikan untuk menjadi sentra pengembangan seni dan budaya, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta kuliner khas setempat.

Revitalisasi Pracima Tuin kini telah menuju tuntas. Acara soft opening pun dilaksanakan pada Sabtu (21/1). Acara dihadiri oleh Mangkunegara X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, serta Menteri BUMN Erick Thohir.

"Setelah ini Taman Pracima pelan-pelan dibuka untuk publik agar berkunjung. Sementara pembangunan masih berproses, kami akan buka dengan kuota, pakai reservasi, info bisa lewat Instagram kami," ujar Mangkunegara X GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo seperti dilansir Antara.

Dengan demikian, Pracima Tuin pun dibuka dan bisa dikunjungi oleh masyarakat. Pembukaan ini dilakukan secara bertahap hingga Maret mendatang di mana nantinya juga akan dilaksanakan grand opening. Setelah soft opening ini, diharapkan pengunjung mencapai 75 orang pada siang hari dan 100 orang pada malam hari.

Sementara itu, Erick Thohir menyampaikan harapan besar untuk Pracima Tuin yang hadir dengan wajah baru. Bukan sekadar ruang publik, ia berharap keberadaan Pracima Tuin turut melestarikan sejarah budaya di Mangkunegaran.

"Insyaallah di bawah Adipati Mangkunegara X, Mangkunegaran bisa menjadi bagian membangun sejarah budaya yang selama ini kadang terlupakan sejalan dengan perubahan zaman yang terjadi," kata Erick Thohir.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan akses ke Pracima Tuin? Untuk saat ini, Kawan GNFI yang berminat berkunjung dapat melakukan reservasi melalui WhatsApp di nomor +62 813-2615-9199 atau langsung mengisi form di laman pracima.id.

11 Jenis Gorengan Khas Andalan Orang Indonesia Yang Ada Dimana-mana







Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini