Mahasiswa UMM Memberikan Edukasi terkait 4 Sehat 5 Sempurna sebagai dasar Pertumbuhan anak

Mahasiswa UMM Memberikan Edukasi terkait 4 Sehat 5 Sempurna sebagai dasar Pertumbuhan anak
info gambar utama

Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa atau (PMM) Bhaktiku Negeri kelompok 51 gelombang 13 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) beranggotakan 5 mahasiswa dari Program Studi Farmasi-FIKES. Mahasiswa tersebut adalah Iffatun Ulyana Putri, Fina Eka Rahmawati, Tyara Kusuma Wardhani Wahyudi, Regita Pramesty Cahya Wardana dan Rossa Ariesta.

Kegiatan PMM ini dinaungi oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) kelompok ini adalah Bapak Ganjar Adhywirawan Sutarjo, M.P. Salah satu program kerja yang dilaksanakan adalah penyuluhan mengenai Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Demo Pembuatan Jasuke pada Siswa-siswi Kelas 1 dan 2 SDN Karangbesuki 3.

Menanamkan slogan 4 sehat 5 sempurna sejak usia dini sangat baik untuk memberikan kesadaran akan pentingnya makan makanan sehat karena makanan baik merupakan makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahamam akan pentingnya mengkonsumsi 4 sehat 5 sempurna kepada anak sekolah terkhususnya siswa-siswi SDN Karangbesuki 3, sehingga mereka dapat memngaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari.

Tradisi Bedug dan Sungkeman Meriahkan Lebaran di Negara Sosialis Kuba

Nah, Makanan 4 sehat 5 sempurna ini merupakan acuan dasar atau pedoman makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi dan diikuti oleh setiap masyarakat Indonesia untuk melengkapi syarat makanan sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun 4 sehat 5 sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur-mayur, buah-buahan dan susu.

  1. Makanan pokok, adalah makanan yang mengandung karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat memiliki peran dan manfaat bagi tubuh, yaitu sebagai energi utama. Contoh dari makanan pokok yaitu nasi, ubi, kentang, singkong, dan lain-lain
  2. Lauk-pauk, adalah makanan utama pendamping makanan pokok yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun bagi tubuh. Selain itu lauk pauk juga memiliki banyak bentuk nutrisi dan protein yang baik , seperti daging, ikan, tahu, tempe, dan telur.
  3. Sayur-mayur, adalah makanan yang sehat dan bergizi, sayuran merupakan sumber terbaik dari mineral dan vitamin serta serat untuk tubuh. jika mengkonsumsi banyak sayur juga akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit
  4. Buah-buahan, merupakan makanan yang mengandung serat, vitamin dan mineral esensial yang baik bagi tubuh seperti memperlancar buang air besar dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.
  5. Susu, sumber dari kalsium, protein, fosfor dan mineral penting lainnya. Banyak manfaat yang di dapat dari minum susu. Contohnya susu dapat mencegah osteoporosis dan patah tulang. Selain itu, susu juga dapat mempertahankan berat badan yang ideal dan sehat.
Jumlah Pemudik Tahun 2023 Sesuai Prediksi 123 Juta Orang, Tertinggi Sepanjang Sejarah!

Kegiatan awal adalah perkenalan dan pemaparan materi melalui media power point dan juga video edukasi, lalu dilanjutkan dengan ice breaking kemudian dilakukan tanya jawab dan posttest kepada siswa-siswi untuk mengetahui pemahaman mereka akan makanan 4 sehat 5 sempurna melalui pemaparan materi dan video edukasi yang telah di tampilkan. Kegiatan diakhiri dengan pembagian salah-satu makanan yang termasuk 4 sehat 5 sempurna yaitu jasuke. Semua peserta sangat antusias mengikuti kegiatan sampai dengan kegiatan selesai.

Dikatakan 4 sehat 5 sempurna karena sebenarnya 4 faktor utama (makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur dan buah) sudah cukup untuk menjadi syarat makanan sehat bagi tubuh kita, namun dengan adanya tambahan susu yang dianjurkan dikonsumsi, dipercaya akan menyempurnakan asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk selalu menjadi sehat. Menu makanan 4 sehat 5 sempurna memiliki bermacam kandungan gizi seimbang yang pastinya sangat bermanfaat untuk kerja organ dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Adapun manfaatnya antara lain:

  1. Menjaga berat badan tetap ideal, sehingga anak terhindar dari risiko obesitas dini.
  2. Mendukung pertumbuhan anak, termasuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi serta membuat anak tetap aktif.
  3. Menunjang perkembangan otak, misalnya melalui gizi yang terkandung dalam ikan.
  4. Mencegah anak mengalami gizi buruk yang berujung pada pertumbuhan kerdil alias stunting.
Gulai Pisang, Olahan Kuliner Pisang Unik dari Bengkulu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

TW
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini