Februari 2023 Ini, Jakarta International Velodrome Helat Ajang Balap Sepeda Tingkat Dunia

Februari 2023 Ini, Jakarta International Velodrome Helat Ajang Balap Sepeda Tingkat Dunia
info gambar utama

Jakarta International Velodrome akan menggelar ajang balap sepeda internasional pada bulan Februari ini. Ajang tersebut adalah Tissot UCI Track Nation Cup 2023.

Tissot UCI Track Nation Cup 2023 adalah ajang balap sepeda dari Union Cycliste Internationale yang digelar dengan format semusim penuh. Di Jakarta International Velodrome, ajang ini dijadwalkan dihelat pada 23 hingga 26 Februari 2023.

Setiap musimnya, Tissot UCI Track Nation Cup dihelat di tiga lokasi berbeda, yang berarti Jakarta bukan satu-satunya tuan rumah. Selain Jakarta yang menjadi tuan rumah putaran pertama, Tissot UCI Track Nation Cup musim ini juga akan digelar di Kairo, Mesir dan Milton, Kanada.

Ada beragam kategori yang dilombakan di Tissot UCI Track Nation Cup 2023. Kategori-kategori tersebut yakni keirin, individual sprint, team sprint, Madison, Omnium, dan team pursuit. Seluruh kategori yang dilombakan sama dengan yang ada di Olimpiade.

UCI Track Nation Cup 2023 adalah ajang penting bagi para atlet balap sepeda papan atas. Sebab, hasil para pebalap ajang ini akan dihitung sebagai poin ke dalam peringkat UCI, yang mana peringkat tersebut menentukan kelolosan atlet ke Olimpiade Paris 2024.

Setelah putaran pertama dilaksanakan di Jakarta, putaran kedua di Kairo dijadwalkan digelar pada 14 hingga 17 Maret, lalu putaran ketiga digelar di Milton pada 20 hingga 23 April, demikian sebagaimana diumumkan UCI di laman resminya.

Selaku tuan rumah, Indonesia sendiri juga akan menurunkan para pebalap terbaiknya untuk ambil bagian. Para wakil Indonesia dipastikan sudah siap bertanding.

"Anak-anak dalam kondisi siap tempur di kejuaraan ini, apalagi untuk ajang ini untuk memperebutkan poin ke Olimpiade," ujar Manajer Tim Balap Sepeda Indonesia Budi Saputra, seperti dilansir ANTARA.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Mencoba Jakarta International Velodrome

Tissot UCI Track Nation Cup 2023 punya sesi uji coba atau official pactice di mana para pebalap diberi kesempatan mencoba trek Jakarta International Velodrome sebelum turun balapan. Namun, ternyata banyak pebalap yang justru mencoba treknya duluan sebelum official practicr dimulai.

Hal ini direspons positif oleh pihak Indonesia. Ramainya pebalap yang mencoba trek dianggap sebagai tanda bahwa Jakarta International Velodrome begitu menarik.

"Kami sangat senang karena banyak tim peserta luar negeri yang memilih datang lebih awal demi bisa menjajal velodrome sebelum offical practice. Kami sangat welcome. Ini menunjukkan bahwa mereka sangat tertarik dengan velodrome terbaik di dunia ini," kata Ketua Panitia Penyelenggara Tissot UCI Track Nations Cup 2023 Novian Herbowo.

Total, akan ada lebih dari 500 atlet yang beraksi di Tissot UCI Track Nation Cup 2023. Mereka berasal dari 41 negara.

Siap di 2024, Stasiun KRL di Jakarta International Stadium (JIS) Dibangun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini