Mengenal Pantai Kelingking, Salah Satu Hidden Gem yang Dimiliki Indonesia

Mengenal Pantai Kelingking, Salah Satu Hidden Gem yang Dimiliki Indonesia
info gambar utama

Pantai Kelingking (Kelingking Beach) Adalah salah satu destinasi wisata yang terletak di Pulau Nusa Penida Barat, Bali lebih tepatnya di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Bali. Nama Pantai Kelingking itu sendiri diambil karena rupa pantai ini yang sekilas seperti jari kelingking walaupun ada juga yang menyebutnya mirip T-rex.

Pantai Kelingking menawarkan destinasi wisata dengan keindahan tebing dan pantai bagi para wisatawan. Wisatawan lokal dan mancanegara yang datang mengunjungi pantai ini biasanya melakukan swafoto yang menampilkan keindahan Pantai Kelingking dari atas tebing.

Selain berswafoto dari atas tebing, pengunjung juga dapat memilih untuk turun kebawah tebing dan menikmati secara langsung keindahan Pantai Kelingking. Air berwarna biru kehijauan yang jernih dan bersih semakin menambah keindahan visual dari pantai ini.

Pesona Pantai Wediombo: Wisata Bagaikan Surga di Gunungkidul
Seorang wisatawan berfoto menampilkan keindahan Pantai Kelingking dari atas tebing. | Foto: Instagram.com/sukmaaryanti
info gambar

Namun perlu di catat, jika Kawan GNFI ingin mengunjungi Pantai Kelingking atau lebih tepatnya ingin turun langsung ke Pantai Kelingking, ada beberapa hal yang perlu kawan GNFI semua siapkan. Apalagi mengingat letak pantai itu sendiri berada di bawah tebing. Tentunya membutuhkan usaha lebih jika ingin menikmati keindahan Pantai Kelingking secara langsung.

Mengutip dari websiteGo Travela beberapa persiapan yang harus kawan GNFI siapkan saat akan turun ke Pantai Kelingking, di antaranya:

  1. Sunblock
  2. Kondisi tubuh yang fit
  3. Air Mineral
  4. Topi dan sunglasses
  5. Masker (Karena Medan yang dilalui menuju pantai cukup berdebu
  6. Dan, kamera untuk mengabadikan momen kawan GNFI semua

Jika semua persiapan sudah siap, Kawan GNFI bisa dengan aman tentunya untuk turun dan merasakan langsung keindahan dari salah satu hidden gem Indonesia ini. Tentunya semua perjuangan Kawan GNFI akan terbayar lunas dengan keindahan yang disajikan oleh Pantai Kelingking ini.

Rute dan Cara ke Pantai Kelingking

Karena Daratan Bali dan Pulau Nusa Penida tempat Pulau Kelingking berada dipisahkan oleh laut, maka kawan GNFI semua harus menyebrang dahulu untuk bisa sampai di Pulau Kelingking. Mengutip dari website Red Doorz cara untuk menuju ke Pantai Kelingking, yaitu:

1. Menggunakan Transportasi Laut

Untuk menuju Pulau Kelingking menggunakan transportasi laut, Kawan GNFI bisa menggunakan fast boat, kapal dan perahu tradisional. Transportasi yang lebih sering digunakan oleh para wisatawan adalah fast boat karena waktu tempuh yang lebih cepat.

Terdapat beberapa titik penyebrangan menuju pulau Nusa Penida yaitu Pelabuhan Pantai Sanur, Dermaga Serangan Denpasar, Pantai Kusamba Klungkung dan Pelabuhan Padang Bai Karangasem.

Wisatawan banyak memilih penyeberangan melalui Pelabuhan Pantai Sanur menggunakan fast boat dikarenakan Pelabuhan Pantai Sanur berada di bali selatan yang banyak terdapat hotel penginapan dan dikarenakan jika melakukan penyeberangan dari pelabuhan Pantai Sanur harga tiket relatif lebih murah sekitar 100.000 - 120.000 rupiah.

Pantai Kembar Terpadu, Wisata Keluarga di Kebumen yang Hits dan Wajib Dikunjungi

2. Menggunakan Helikopter

Selain menggunakan fast boat, helikopter adalah pilihan kedua yang biasanya dipilih oleh wisatawan untuk menuju ke Pulau Kelingking apalagi jika ada halangan dalam menggunakan transportasi laut.

Wisatawan cukup duduk di kabin yang dikendarai oleh pilot berpengalaman sambil menikmati keindahan Pulau Nusa Penida dari udara. Tapi kawan GNFI, Biaya yang dikeluarkan untuk sekali penyeberangan lumayan besar yaitu berkisar 6,5 juta.

3. Menggunakan Transportasi Motor atau Mobil

Begitu sampai di Pulau Nusa Penida, kawan GNFI harus menaiki transportasi darat seperti motor atau mobil untuk sampai di Pantai Kelingking. Kawan GNFI bisa sampai di Pantai Kelingking dalam 35 menit dengan menyewa motor yang disediakan oleh jasa penyewaan dari warga sekitar dengan harga sewa sekitar 70.000 Rupiah perharinya sedangkan untuk mobil sekitar 600.000 rupiah perharinya yang sudah termasuk supir.

Harga tiket masuk dan waktu yang tepat untuk mengunjungi Pantai Kelingking

Untuk harga tiket masuk menuju pantai kelingking awalnya tidak berbayar alias gratis kawan GNFI. Hanya saja untuk menjaga keamanan, kebersihan dan keasrian pantai ini, desa adat dan pemerintah setempat memungut biaya sebesar 5.000 Rupiah untuk sekali masuk.

Namun, jika Kawan GNFI datang membawa motor, maka kamu akan dikenakan biaya tambahan parkir senilai 5.000 Rupiah dan untuk mobil dikenakan biaya senilai 10.000 Rupiah.

Foto Tiket masuk
info gambar

Bagi Kawan GNFI yang ingin berkunjung ke Pantai Kelingking ini, waktu yang tepat adalah ketika pagi hari sekitar pukul 7 karena belum di padati oleh wisatawan apalagi jika memasuki musim liburan yang pasti akan sangat ramai sekali.

Nah, itu dia Kawan GNFI pembahasan tentang Pantai Kelingking salah satu hidden gem indonesia di Pulau Nusa Penida Bali. Maha kuasa Sang Pencipta yang telah menganugerahi Bali dengan banyak tempat wisata yang indah salah satunya Pantai Kelingking di Pulau Nusa Penida Bali ini.

Setelah Taman Nasional Baluran, Pantai Sijile Diprediksi Jadi Primadona Wisata Situbondo

Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat ya, untuk Kawan GNFI semua. Sampai jumpa di lain kesempatan!

Referensi:Go Travela | Indonesia Red Doorz | Tempat Wisata Di Bali

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AS
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini