Goa Seplawan, Wisata Purworejo yang Semakin Berkembang

Goa Seplawan, Wisata Purworejo yang Semakin Berkembang
info gambar utama

Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Akan tetapi, kabupaten ini belum cukup terkenal di telinga masyarakat. Sering orang mengira Purworejo termasuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) karena lokasinya berbatasan langsung dengan provinsi tersebut.

Perlu Kawan GNFI ketahui, Kabupaten Purworejo terletak di sebelah barat Provinsi DIY, tepatnya barat Kabupaten Kulon Progo, selatan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Wonosobo, serta di sebelah timur Kabupaten Kebumen.

Selain itu, Purworejo dikelilingi Pegunungan Menoreh yang mengakibatkan adanya beberapa wisata alam yang berada di ketinggian. Salah satu wisata menarik di Purworejo adalah Goa Seplawan.

Kenali Beberapa Makanan Khas Daerah Purworejo yang Menggiurkan

Tentang Goa Seplawan

Goa Seplawan merupakan wisata alam yang berlokasi di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo. Lokasi tepatnya di bagian timur wilayah Kabupaten Purworejo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kulon Progo.

Hal menarik dari wisata ini, yaitu tempat ditemukannya arca emas 22 karat Dewa Siwa dan Dewi Parwati, tinggi 9 sentimeter, dan berat 2,5 kg. Arca tersebut ditemukan pada 15 Agustus 1972 dan saat ini disimpan di Museum Nasional sebagai benda bersejarah. Jadi, pada dasarnya Goa Seplawan tidak hanya wisata alam, tetapi sekaligus wisata sejarah.

Saat ini, Goa Seplawan juga terus berkembang dan penataannya pun semakin apik. Banyak area-area yang diperbaiki sehingga menambah daya wisata dari Goa Seplawan sendiri.

Bagi Kawan GNFI yang tertarik untuk berkunjung dapat menggunakan sepeda motor atau mobil karena akses jalan menuju lokasi sudah cukup baik. Akan tetapi, walaupun akses jalan sudah memadai, kondisi kendaraan harus dipastikan baik karena kondisi geografis jalan yang naik turun.

Untuk Kawan yang baru pertama kali ke Goa Seplawan sangat disarankan untuk menggunakan bantuan Google Maps. Meskipun demikian, jika mengalami kendala dengan Google Maps, Kawan dapat menanyakan jalan menuju lokasi ke warga setempat.

Goa Lawa Purbalingga, Relief Alam yang Terbentuk dari Letusan Gunung Slamet

Berapa harga tiket masuk yang perlu Kawan GNFI bayarkan?

Harga tiket masuk ke wisata ini sangatlah terjangkau yaitu Rp5.000/orang (harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu), harga ini belum termasuk biaya parkir kendaraan. Dengan harga tiket tersebut, Kawan dapat menjelahi wisata Goa Seplawan sepuasnya.

Kawan GNFI juga dapat menyusuri gua ini karena untuk aksesnya cukup mudah selama kondisi tidak hujan. Apabila kondisi hujan, disarankan Kawan tidak menyusuri gua dikarenakan kemungkinan debit air akan naik dan tentunya akan berbahaya jika memaksakan untuk masuk.

Wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti gardu pandang, mushola, toilet umum, gazebo, warung, dan lainnya.

Kawan GNFI hanya perlu mengeluarkan uang sedikit, tetapi sudah bisa menikmati fasiltas yang cukup lengkap di wisata Goa Seplawan. Gardu pandang yang ada pun dapat dinikmati untuk bersantai maupun menikmati keindahahan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta karena lokasinya berada di ketinggin 800 mdpl. Cukup bagus untuk melihat pemandangan daerah Yogyakarta.

Bisa dikatakan ketika berwisata di Goa Seplawan, Kawan telah menjalankan peribahasa sekali mendayung dua tiga pulau terlampui. Hal ini dikarenakan jika berkunjung ke Goa Seplawan, Kawan juga bisa mengunjungi wisata di sekitar Goa Seplawan yang tidak kalah menarik.

Jadi, apakah Kawan GNFI sudah tertarik untuk berkunjung ke Goa Seplawan di Kabupaten Purworejo?

Referensi:Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Purworejo | Kebudayaan Kemdikbud

Goa Harimau, Wisata Mendunia Sumatra Selatan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AD
KO
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini