Bahan Bakar Minyak Kembali Alami Perubahan Harga, Ini Detailnya

Bahan Bakar Minyak Kembali Alami Perubahan Harga, Ini Detailnya
info gambar utama

Harga bahan bakar minyak (BBM) pertamax dan pertamax turbo naik mulai hari ini, Rabu (1/3/2023). Satu liter pertamax naik dari Rp12.800 menjadi Rp13.300, sedangkan pertamax turbo menjadi Rp15.100 per liter dari sebelumnya Rp14.850.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menuturkan, keputusan menaikkan harga BBM kali ini diambil atas pertimbangan harga minyak mentah hingga nilai tukar rupiah.

"Harga BBM Pertamina mempertimbangkan berbagai aspek, di antaranya minyak mentah, publikasi MOPS (Means of Platts Singapore) dan kurs," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip dari Cnnindonesia.com.

Berpotensi Jadi Raksasa Migas, Pulau Seram dan Warim Dilirik Investor Asing

Irto menerangkan, Pertamina melakukan penyesuaian beserta penetapan harga BBM berkala mengikuti Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum, Jenis Bensin, dan Minyak Solar, yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Penyesuaian harga itu dikatakannya mengacu pada rata-rata MOPS periode 25 Januari s.d. 24 Februari 2023. Berdasarkan acuan inilah kenaikan harga di setiap provinsi menjadi berbeda-beda.

"Harga baru ini berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor sebesar 5 persen seperti di wilayah DKI Jakarta," tulisnya.

Meski naik, Irto menjamin harga BBM di Pertamina masih lebih murah jika dibandingkan dengan SPBU swasta lainnya.

"Harga produk Pertamina masih paling kompetitif dibandingkan perusahaan lain dan harga tersebut telah memenuhi ketentuan batas atas pada periode Maret 2023 yang ditetapkan untuk setiap jenis BBM," ujarnya.

Pertamina hanya menaikkan dua jenis BBM di atas, sedangkan yang lain justru turun atau tidak berubah sama sekali. Harga pertamina dex merosot dari Rp16.850 per liter menjadi Rp15.850. Dexlite juga turun menjadi Rp14.950 per liter dari yang sebelumnya Rp16.150.

Sementara itu, pertalite dan solar harganya tetap, yakni Rp10 ribu dan Rp6.800 per liter.

Indonesia Punya 4 Proyek Migas Besar Hingga 2027, Berapa Nilainya?

Daftar harga BBM non subsidi terhitung mulai 1 Maret 2023

Sumber: Pertamina.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini