Pemerintah Resmikan Julapat Administrasi Pertanahan, Semuanya Bisa Daring!

Pemerintah Resmikan Julapat Administrasi Pertanahan, Semuanya Bisa Daring!
info gambar utama

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) di Jakarta, Selasa (7/3/2023), membahas peningkatan investasi melalui transformasi digital dan kepastian hukum di bidang tata ruang dan pertahanan. Salah satu hasilnya adalah peresmian tujuh layanan cepat (Julapat) yang dapat dilakukan secara daring.

Tujuh layanan tersebut di antaranya adalah Pengecekan Sertifikat, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), Roya Manual dan Roya Elektronik, Hak Tanggungan, Peralihan (kecuali warisan), Pendaftaran Surat Keputusan, dan Perubahan Hak Guna Bangunan menjadi Hak Milik.

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto mengatakan, tujuh layanan daring ini adalah 79 persen dari total layanan yang diberikan di kantor ATR/BPN.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa Julapat diluncurkan untuk dinasionalisasikan ke seluruh kantor ATR/BPN yang pelaksanaannya tidak mengharuskan kegiatan lapangan, melainkan dapat diterapkan secara elektronik.

“Layanan ini juga tidak memerlukan analisa mendalam dan tidak melibatkan pihak eksternal,” kata Hadi yang dilansir Antara.

Tujuan dari diluncurkannya layanan ini adalah agar mempermudah dan mempercepat layanan ATR/BPN sehingga masyarakat dapat merasakan kemudahan dalam mengurus masalah pertanahan.

Pada kesempaan ini juga, Menteri Hadi tak lupa mengingatkan kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Kementerian ATR/BPN untuk menjaga integritas dalam menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat. Ia pun menegaskan akan menindak oknum-oknum yang berniat untuk menyalahgunakan wewenang dalam pelayanan pertanahan.

Sebelumnya, Kementerian ATR/BPN juga telah meluncurkan layanan daring dalam bentuk laman. Misalnya, Gisliner atau Geographic Information System Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang pada akhir tahun 2022 yang lalu.

Website ini dikembangkan sebagai media sosialisasi serta sarana bagi pengambil keputusan dalam bidang pengendalian dan penertiban tanah dan ruang.

Setelah Daring Terbitlah Hybrid Learning, Apa Keunggulan dan Manfaatnya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini