Inilah 5 Universitas Terbaik di Bandung, Berminat Kuliah di Sana?

Inilah 5 Universitas Terbaik di Bandung, Berminat Kuliah di Sana?
info gambar utama

Berminat kuliah di Bandung? Jangan lewatkan daftar 5 universitas terbaik di Bandung berikut ini. Yang mana pilihanmu?

Setiap siswa sekolah biasanya harus berpikir akan ke mana mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Nyatanya, memilih tempat kuliah bisa jadi perkara yang memusingkan.

Salah satu hal yang biasa dipertimbangkan dalam memilih tempat kuliah adalah lokasinya. Di Indonesia, ada beberapa kota yang kerap menjadi tujuan bagi putra-putri dari berbagai penjuru Indonesia untuk kuliah. Salah satunya adalah Bandung.

Ya, Bandung punya sederet universitas yang siap menampung orang-orang terpilih untuk kuliah. Namun, tahukah Anda universitas mana yang terbaik di Bandung?

Kali ini, GNFI akan membahas tentang sederet universitas terbaik di Bandung. Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda bisa menentukan pilihan universitas dengan tepat sesuai dengan minat studi yang dimiliki.

Perlu diketahui juga, daftar ini dibuat berdasarkan pemeringkatan UniRank. Dalam laman resminya, UniRank menjelaskan jika Pemeringkatan tersebut dibuat dengan menyertakan universitas yang memenuhi tiga kriteria, yakni terakreditasi oleh pihak berwenang, memiliki program sarjana atau pascasarjana, dan menyediakan pembelajaran secara tatap muka.

Pertama di Indonesia. Selamat Datang, Universitas Siber Muhammadiyah

Berikut adalah daftar 5 universitas terbaik di Bandung:

1. Institut Teknologi Bandung

Siapa tidak tahu ITB? Perguruan tinggi ini adalah idaman banyak siswa sekolah dari berbagai penjuru Indonesia. Oleh karena itu, persaingan dalam seleksi masuknya pun sangat ketat.

ITB dikenal sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi yang secara tradisional dianggap terbaik di Indonesia. Sebagai top three, ITB bersanding dengan Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada.

ITB merupakan perguruan tinggi dengan sejarah yang panjang. Cikal-bakal ITB adalah de Techniche Hoogeschool te Bandung (TH) yang didirikan Pemerintah Kolonial Hinda Belanda pada 3 Juli 1920. Setelah sempat beberapa kali berganti nama, Pemerintah Indonesia meresmikan Institut Teknologi Bandung pada tanggal 2 Maret 1959.

ITB adalah perguruan tinggi yang dikenal begitu mumpuni di bidang sains dan teknologi. Kendati demikian, tidak semua program studi di ITB hanya berkutat pada ranah sains dan teknologi saja. Ada pula fakultas di ITB yang memiliki prodi di bidang lainnya seperti Fakultas Seni Rupa dan Desain. Serta Sekolah Bisnis dan Manajemen.

Meskipun namanya Institut Teknologi Bandung, namun saat ini ITB tidak hanya punya kampus di luar Bandung. Ada pula kampus ITB yang dibuka di Cirebon, Jatinangor, dan Jakarta.

Kampus di Bandung bisa dibilang kampus pusat ITB. Kampus ini juga akrab disebut dengan kampus Ganesha. Sedangkan kampus Cirebon berada di Arjawinangun, kampus Jatinangor di Sayang, sementara kampus Jakarta di Kuningan.

2. Telkom University

Telkom University adalah perguruan tinggi yang disebut-sebut sebagai universitas swasta terbaik di Bandung. Telkom University berdiri dan beroperasi di bawah perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia.

Kampus Telkom University terletak di Dayeuhkolot, tepatnya di Jl. Telekomunikasi, Terusan Buahbatu, Sukapura, Dayeuhkolot, Bandung

Telkom University merupakan universitas swasta yang termasuk besar. Oleh karena itu, bidang program studi yang tersedia pun beragam, mulai dari sains dan teknologi hingga perhotelan, serta seni rupa.

Maklum saja, Telkom University didirikan lewat penggabungan empat Perguruan Tinggi yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Telkom, yakni Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Politeknik Telkom , dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom.

Bagi generasi yang berusia lebih tua, nama Telkom University mungkin tidak terlalu akrab di telinga kendati universitas ini sudah berdiri sejak tahun. Sebab, sebelumnya universitas ini berkali-kali berubah nama sebelum akhirnya menyandang nama Telkom University hingga sekarang.

Bahasa Indonesia Kian Diminati, Kelas BIPA KBRI Lima Didominasi Warga Negara Peru

3. Universitas Padjadjaran

Selain ITB, Universitas Padjadjaran juga merupakan universitas favorit di Bandung. Namun perlu diketahui, kampus Unpad juga bukan hanya terletak di Bandung, namun juga di Jatinangor, Sumedang

Kampus Unpad di Bandung berada di Jalan Dipati Ukur dan digunakan untuk perkuliahan program pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sedangkan kampus Jatinangor adalah kampus yang terbesar di mana sebagian besar kegiatan perkuliahan diselenggarakan di sana.

Unpad didirikan pada tahun 1957 dengan misi menyediakan pendidikan tinggi bagi pemuda-pemudi Jawa Barat guna mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan. Kini mahasiswa Unpad bukan hanya berasal dari Jabar, namun dari berbagai penjuru Indonesia bahkan luar negeri.

Terdapat berbagai program studi yang tersedia di Unpad. Namun ada dua yang begitu terkenal dari kampus ini, yakni Hukum dan Ilmu Komunikasi.

Ada satu hal menarik dari Unpad, yakni dikenalnya kampus ini sebagai tempat belajarnya para selebritis. Ya, memang banyak seleb Tanah Air yang merupakan alumni Unpad, misaknya Ernest Prakasa, Annisa Pohan, Alshad Ahmad, hingga Melody JKT48.

4. Universitas Pendidikan Indonesia

Universitas ini adalah tenpat para calon guru dididik. UPI memang punya banyak program studi di ranah ilmu pendidikan dari berbagai bidang studi.

UPI punya kampus di beberapa lokasi. Di Bandung sendiri, kampus UPI ada dua di mana kanpus yang beralamat di Jl. Setiabudhi 229 adalah kampus utamanya. Selain itu, kampus UPI juga terdapat di berlokasi di Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.

Perlu diketahui, UPI sebetulnya tidak hanya punya prodi di bidang ilmu pendidikan. Ada pula prodi ilmu nonpendidikan yang bisa diikuti oleh mahasiswa, misalnya Manajemen, Keperawatan, hingga Manajemen Industri Katering.

Bagi mereka yang berminat menimba ilmu di bidang pendidikan dan meniti karier sebagai guru, UPI adalah salah satu universitas favorit. UPI bersanding dengan kampus berorientasi ilmu pendidikan papan atas lain seperti Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas Negeri Jakarta.

5. Universitas Islam Bandung

Peringkat kelima universitas terbaik di Bandung ditempati oleh Universitas Islam. Universitas yang dimaksud adalah Universitas Islam Bandung (Unisba).

Perlu diperhatikan, Universitas Islam Bandung berbeda dengan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Meski sama-sama mengusung nama universitas Islam, namun Unisba adalah universitas swasta, sementara UIN Sunan Gunung Djati adalah universitas negeri.

Kampus Unisba berlokasi di jantung Kota Bandung. Tepatnya, kampus Unisba beralamat di Jl. Tamansari No.1, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116.

Unisba telah berdiri sejak tahun 1958. Unisba didirikan oleh sejumlah tokoh umat Islam dan ulama di Jawa Barat. Sempat beberapa kali berpindah tempat, kegiatan perkuliahan di Unisba akhirnya ditempatkan di Jalan Tamamsari sejak tahun 1972.

Kini, Unisba memiliki berbagai program studi yang itu dalam bidang ilmu agama maupun ilmu umum di jenjang sarjana dan pascasarjana.

Anda tertarik kuliah di Bandung? Setelah menyimak uraian di atas, sudahkah Anda memilih universitas yang akan dituju?

Cerita di Balik Keberhasilan Siswi Madrasah yang Diterima 6 Universitas Top Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini