Pesona Curug Citambur, Air Terjun Indah yang Buat Rumah Ditawar Rp2,5 Miliar

Pesona Curug Citambur, Air Terjun Indah yang Buat Rumah Ditawar Rp2,5 Miliar
info gambar utama

Rumah panggung milik Abah Jajang, di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur menjadi viral. Pasalnya rumah itu ditawar hingga Rp2,5 miliar karena pemandangannya yang indah.

Pemandangan indah ini lantaran rumahnya berada tepat di belakang Curug Citambur. Curug ini merupakan air terjun alami yang sudah terbentuk sejak lama. Namun baru ditata pada tahun 2014 oleh masyarakat melalui LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan).

5 Lokasi Alternatif Berakhirpekan di Sukabumi

“Spot foto yang Instagramable itu hasil penataan mandiri masyarakat yang urunan agar Citambur ini indah dan membuat nyaman wisatawan,” ujar Ketua LMDH, Yeceu yang dinukil dari Detik.

Kawasan ini sebelumnya kebun ilalang kemudian ditata menjadi kawasan indah. Di sana terdapat empat foto utama di Curug Citambur, mulai dari Kolam Cinta, Kiara Asmara, Rumah Terbalik dan Rumah Hobbit, dan spot utama lembah Citambur.

Air terjun tertinggi

Curug Citambur merupakan air terjun tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian mencapai 130 meter. Ketinggian tersebut membuat air yang jatuh terpecah kayaknya kabut yang menyelimuti bagian dasar air terjun.

Bila terpapar oleh matahari, jatuhan air tersebut akan memunculkan pelangi yang cantik. Pesona Curug Citambur tersebut yang membuat wisatawan dari berbagai daerah berdatangan.

“Kalau sekarang wisatawan yang datang 70 persen dari luar kota dan 30 persen dari dalam kota,” jelas Yuceu.

Kepuasan Tiada Habisnya di 7 Curug Cilember

Curug Citambur tidak terlalu jauh dari pusat Kabupaten Cianjur, yakni sekitar 83 kilometer (km) ke arah selatan dengan waktu tempuh kurang-lebih 3,5 jam. Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan akses menuju tempat wisata ini belum terlalu memadai.

“Tapi mobil dan motor tetap bisa masuk. Karena lokasi parkirnya cukup luas,” ujarnya.

Aktivitas Curug Citambur

Wisatawan selain bisa menikmati pemandangan Curug Citambur. Mereka juga bisa melakukan aktivitas lain seperti mandi dan berenang di aliran sungai bawah air terjun Citambur.

“Kalau untuk penginapan biasanya ada yang booking. Ada juga yang langsung pesan di tempat semisal ada yang kosong,” ujarnya.

Curug Malela, Wisata Air Terjun Tersembunyi di Kabupaten Bandung

Dirinya menambahkan wisata Curug Citambur merupakan wisata yang murah meriah, pasalnya harga tiket masuk hanya Rp10 ribu per orang. Sedangkan untuk spot foto dikenakan biaya Rp5 ribu untuk satu kawasan spot foto.

“Tiket bisa langsung bayar di tempat tanpa perlu booking,” jelasnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini