Manfaat Sorgum, Biji-bijian yang Bisa Dipakai untuk Pengganti Nasi

Manfaat Sorgum, Biji-bijian yang Bisa Dipakai untuk Pengganti Nasi
info gambar utama

Sebagian dari kita mungkin masih jarang mendengar sorgum. Sorgum adalah sejenis biji-bijian yang mempunyai manfaat sama bagusnya dengan beras, gandum, dan jagung. Sorgum bahkan bisa digunakan sebagai pengganti nasi.

Indonesia merupakan negara yang memiliki segudang keanekaragaman hayati yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Sorgum mengandung kekayaan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Di antaranya adalah magnesium, antioksidan (flavonoid, asam fenolik, tanin.) serta vitamin B.

Apa itu sorgum dan apa manfaatnya? Simak ulasannya sebagai berikut.

Baca juga: Mengetahui Kandungan dan Manfaat Tepung Mocaf

Apa itu Sorgum?

pengertian sorgum dan manfaat sorgum
info gambar

Sorgum adalah tanaman serbaguna yang bisa dipakai sebagai sumber pangan (serealia, sirup), pakan ternak, dan bahan baku industri (alkohol, biofuel). Sorgum termasuk dalam jenis biji-bijian dalam suku gramineae yang memiliki batang hingga 6 meter.

Bentuknya berupa seperti malai, buahnya berbentuk butiran bulat atau hampir bulat dan memiliki ukuran yang lebih kecil daripada jagung. Sebagai bahan makanan, sorgum berada di urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

Adapun nutrisi yang terkandung pada tanaman sorgum adalah kandungan niasin, thiamin, vitamin B6, zat besi, dan mangan. Bahkan dikatakan bahwa kandungan protein, vitamin, dan mineral pada sorgum lebih tinggi ketimbang beras.

Baca juga: Tanaman Porang: Manfaat, Budidaya dan Potensi Ekspor Bagi Petani Lokal

Manfaat Sorgum

Sejauh ini, sorgum masih belum sepopuler nasi dan jagung, namun, biji-bijian ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah manfaat sorgum:

1. Mengurangi Peradangan

Manfaat pertama sorgum adalah mengurangi peradangan. Sorgum mengandung senyawa fenolik yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan itu terbukti baik dalam rangka untuk mengurangi berbagai bentuk peradangan.

2. Mencegah Kanker

Sorgum termasuk dalam makanan yang dapat mencegah kanker karena memiliki senyawa berupa fenolik. Selain itu, tanin di dalam sorgum juga bisa menghambat enzim yang berhubungan dengan kanker payudara.

Tidak hanya itu, senyawa lain yang terkandung dalam sorgum seperti 3 deoxy anthocyanins terbukti memiliki efek yang dapat merusak beberapa sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia.

3. Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Selanjutnya, sorgum juga dapat membantu menurunkan berat badan.pati dalam sorgum sulit dicerna oleh tubuh manusia. Oleh sebab itu, sorgum bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama tanpa perlu mengasup terlalu banyak kalori. Oleh karena itu, sorgum adalah solusi yang baik untuk membantu menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat keempat sorgum adalah dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Sorgum merupakan salah satu sumber serat makanan terbaik. Dalam satu porsi sorgum terdapat 48 persen asupan serat harian.

Sementara itu, serat mempunyai fungsi yang sangat penting untuk fungsi pencernaan. Serat bisa melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit. Apabila sistem pencernaan manusia berjalan optimal, maka ini akan dapat mengurangi masalah kesehatan lainnya.

5. Aman untuk Penyakit Celiac

Sorgum memiliki produk turunan seperti tepung. Sementara itu, sorgum sudah ditetapkan sebagai biji-bijian yang aman untuk pengidap penyakit celiac. Hal itu dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menganalisis genom sorgum untuk mencari protein gluten di dalam sorgum.

6. Mempunyai Banyak Kegunaan

Selain memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, sorgum juga mempunyai manfaat lain seperti dapat dipakai untuk pengganti nasi karena mempunyai kandungan protein, vitamin, dan mineral yang lebih baik dibandingkan beras.

Sorgum juga bisa digunakan untuk membuat tepung karena rasanya yang netral dan warnanya yang cerah. Tepung sorgum juga bisa berfungsi sebagai tepung bebas gluten. Selain itu, sorgum juga bisa dipakai untuk membuat pop corn, sereal, dan sirup.

Baca juga: 6 Tanaman Pangan yang Cocok Ditanam di Pekarangan Rumah

Sumber:

https://indonesia.go.id/kategori/pariwisata/1156/sorgum-pengganti-nasi-yang-kaya-manfaat?lang=1

https://www.halodoc.com/artikel/bisa-jadi-pengganti-nasi-ini-6-manfaat-sorgum-untuk-kesehatan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini