Kim Sabu "Dr. Romantic", Menginspirasi Kaum Muda untuk Menemukan Makna Hidup

Kim Sabu "Dr. Romantic", Menginspirasi Kaum Muda untuk Menemukan Makna Hidup
info gambar utama

Drama Korea Romantic Doctor, Teacher Kim menyatukan banyak aktor berbakat. Salah satu aktor veteran dalam drama tersebut adalah Han Suk Kyu yang memerankan karakter utama Dr. Boo Yong Joo alias Kim Sabu. Ia adalah seorang ahli bedah yang brilian dan menjadi satu-satunya dokter yang memiliki tiga sertifikasi spesialis di Korea.

Kim Sabu bekerja di rumah sakit pedesaan bernama Doldam. Ia mengajarkan keterampilan dan nilai-nilai berharga serta menjadi mentor dokter muda yang datang ke RS tersebut.

Berdasarkan analisis karakter Kim Sabu dalam drama Dr. Romantic, kepribadian, sifat, motivasi, dan tindakannya memberikan pelajaran kepada kita mengenai kehidupan. Berikut pelajaran hidup yang dapat dipetik dari karakter Kim Sabu.

1. Utamakan Nilai Kemanusiaan

Han Suk Kyu dalam drama Dr. Romantic, Kim Sabu 2 (doc. SBS)
info gambar

Kim Sabu sangat peduli terhadap pasiennya. Dengan dedikasi pada profesinya sebagai ahli bedah, ia membantu dan menyelamatkan nyawa pasien. Apa pun risikonya, sekalipun harus melanggar aturan.

Kehidupan dan kesejahteraan pasiennya adalah hal yang utama. Bahkan ada salah satu dialog Kim Sabu yang akan sering kalian dengarkan, yaitu “Selamatkan pasien, apa pun caranya, selamatkan pasien”.

Tak jarang Kim Sabu menantang otoritas, dan bentrok dengan tokoh-tokoh kuat yang mencoba mengganggu tujuannya untuk memperjuangkan pasiennya. Contohnya, pada Dr. Romantic episode pertama season 2, saat Doldam squad harus menerima menteri pertahanan sebagai pasien.

Karena keadaan yang kritis menteri pertahanan harus diselamatkan bagaimanapun caranya, meskipun Kim Sabu harus melawan otoritas para petinggi kementerian pertahanan.

3 Drama Netflix tentang Kedokteran, Ada yang Menjadi Favoritmu?

2. Atasi Masalah dengan Bijaksana

Sadar tidak? Apa pun masalah yang datang silih berganti di RS Doldam pada akhirnya pasti akan menemukan solusi. Selain itu, Kim Sabu selalu ada untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Hal ini dapat terjadi karena Kim Sabu selalu menemukan cara untuk menghadapi berbagai konflik yang muncul. Ia selalu mendengarkan pendapat kedua belah pihak dan mencoba menemukan solusi damai.

Misalnya, di season 1 ketika ada seseorang gangster masuk ke dalam ruang operasi dan menyandera Dr Yoon Seo Jong (Seo Hyun Jin). Semua staff merasa panik, tetapi Kim Sabu dengan bijak dan tenang menyelesaikan masalah tersebut tanpa ada yang terluka. Meskipun sang gangster mengancam salah satu muridnya ia tetap mendengarkan alasan sang gangster melakukan kejahatan.

3. Jangan Pernah Menyerah dengan Mimpi

Han Suk Kyu dalam drama Dr. Romantic, Kim Sabu 2 | Foto: SBS
info gambar

Sebagai orang yang romantis, Kim Sabu mempercayai cita-cita dan nilai kehidupan. Meskipun Kim Sabu pernah menjadi korban fitnah dan ketidakadilan, ia tidak pernah berhenti untuk menjadi dokter yang bertanggung jawab. Ia tidak pernah menyerah untuk menciptakan rumah sakit pusat trauma meskipun berkali-kali para petinggi yayasan rumah sakit berusaha untuk menutup RS Doldam.

Sebagai mentor, Kim Sabu selalu mendorong murid-muridnya untuk mengikuti aspirasi dan mengatasi ketakutan terhadap otoritas yang semena-mena. Ia juga mendorong para dokter muda untuk selalu mengikuti prinsip, moral, tidak berkompromi atau menyerah pada mimpi.

5 Rekomendasi Drama Musikal di Youtube, Tontonan Seru dan Gratis!

4. Hargailah Pertemanan dan Kerja Sama

Bukan hanya seorang guru, Kim Sabu juga menjadi teman bagi para dokter muda di RS Doldam. Ia mendukung dan mempercayai apa pun keputusan mereka. Kim Sabu menghargai anggota staf Doldam lainnya dan memperlakukan mereka sederajat tanpa mementingkan hierarki.

Kim Sabu merupakan gambaran sosok pemimpin yang karismatik dan inspiratif, ia tidak hanya mengajarkan keterampilan medis tetapi juga pelajaran hidup. Ia menghormati potensi para rekan medis, serta membantu mengatasi kelemahan dan ketakutan mereka. Kim Sabu memperlakukan para staf Doldam selayaknya teman dan keluarga. Ia juga tidak ragu untuk memuji kemampuan para staf Doldam.

Dengan sikapnya ini, banyak orang-orang rumah sakit Geosan yang awalnya terpaksa datang ke RS Doldam menjadi luluh dan menemukan arti kehidupan yang sesungguhnya seperti Kang Dong Joo (Yoo Yeon Seok), Do In Bum (Yang Se Jong), Seo Woo Jin (Ahn Hye Seop), dan Cha Eun Jae (Lee Sung Kyung). Siapa sih yang nggak mau punya leader seperti Kim Sabu?

5. Selalu Rendah Hati

Han Suk Kyu dalam drama Dr. Romantic, Kim Sabu 2 | Foto: SBS
info gambar

Kim Sabu memang dokter yang sangat berbakat, ia bahkan mendapat julukan ‘tangan Tuhan’ dan dipercaya dapat menghidupkan kembali pasien yang hampir mati. Namun, tidak pernah sekalipun ia sesumbar tentang keterampilan atau prestasinya. Ia justru memilih untuk bekerja di rumah sakit pedesaan meskipun ia memiliki kesempatan untuk terbang tinggi sebagai dokter bedah.

Dengan otoritasnya sebagai kepala divisi bedah, Kim Sabu tidak pernah meragukan kemampuan para dokter muda. Ia juga menerima pendapat dengan baik sekalipun itu musuhnya. Misalnya, ketika Park Min Kook (Kim Joo Heon) menyampaikan amarahnya dan merasa keyakinannya sebagai dokter terluka karena ia melarikan diri dari sebuah kecelakaan bus.

5 OST Drama Korea Ini Cocok Temani Kamu Belajar!

Alih-alih menjatuhkan musuhnya, Kim Sabu justru menghibur dan menunjukkan belas kasih dan pengertian kepada Park Min Kook dan menyuruhnya untuk memaafkan dirinya sendiri.

Karakter Kim Sabu memang dapat dijadikan role model dalam menjalankan kehidupan. Prinsip serta idealisasi Kim Sabu menunjukkan bahwa ia adalah dokter yang romantis. Untuk Kawan yang kangen sama dokter Kim Sabu, jangan khawatir. Pada bulan Aprill ini Romantic Doctor, Teacher Kim season 3 akan tayang, loh. Jadi enggak sabar, ya?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini