Menjelang Mudik, 391 SPBU Berjalan Siap Pasok BBM di Tengah Kemacetan

Menjelang Mudik, 391 SPBU Berjalan Siap Pasok BBM di Tengah Kemacetan
info gambar utama

PT Pertamina (Persero) menerjunkan sebanyak 391 motoris alias petugas pembawa Bahan Bakar Minyak (BBM) selama arus mudik-balik Lebaran 2023. Mereka bakal bertugas di sejumlah titik jalan raya dan tol untuk membantu para pemudik mengisi BBM.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Mars Ega Logowo Putra mengungkapkan, kehadiran para motoris yang disebut juga 'SPBU berjalan' itu bertujuan untuk mengantisipasi jika terdapat pemudik yang kehabisan bensin di tengah jalan, namun tidak bisa mampir ke SPBU karena terjebak macet.

"Dan juga kami menyiapkan motoris, untuk kondisi-kondisi darurat masyarakat yang membutuhkan BBM, kami siap mengantar, dan ini dalam pengawalan Kepolisian Republik Indonesia juga," katanya dalam Konferensi Pers Pelaksanaan Posko Nasional Sektor ESDM Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023, Senin (10/4/2023).

Depo Plumpang dan Peran Besarnya dalam Suplai BBM Nasional

Menurutnya, jumlah motoris saat ini sudah bertambah sebanyak 100 armada dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 290 saja.

Tak hanya menggunakan sepeda motor, BBM juga akan diantarkan dengan mobil pick up. Dalam hal ini, Pertamina bekerja sama dengan Jasa Marga untuk melakukan patroli di jalan tol.

Kemudian, Pertamina juga akan menyediakan 201 kantong SPBU, yakni mobil-mobil tangki yang siap menyuplai BBM ke SPBU sekitarnya.

"Harapannya ini bisa mempercepat pasokan apabila ada lonjakan permintaan di SPBU tertentu," kata dia.

Benarkah Harga BBM di Indonesia Masih yang Termurah di Dunia?

Sementara itu, dari 7.400 SPBU Pertamina, 1.500 di antaranya beroperasi selama 24 jam. Pihak Pertamina bersama BPH Migas juga menyiagakan 114 terminal BBM, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), 23 terminal LPG, 667 Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE), 5.471 agen Elpiji, serta berbagai fasilitas tambahan di wilayah dengan permintaan tinggi.

Meski Pertamina menyiapkan SPBU Berjalan dan sejumlah fasilitas pendukung lainnya, Mars tetap mengimbau masyarakat untuk memenuhi tangki bensin kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Hal ini dikarenakan kepadatan lalu lintas bisa terjadi saat puncak arus mudik dan berimbas pada antrean di SPBU.

"Kami mengimbau agar masyarakat mengisi bensin full tank sebelum berangkat, khususnya yang menggunakan kendaraan roda empat," tandasnya.

Kisah Kasih BBM, Berganti-ganti Presiden Harganya Tetap Naik Juga

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini