5 Perawatan Tradisional Perempuan Indonesia yang Dapat Membantu Perlambat Penuaan Dini

5 Perawatan Tradisional Perempuan Indonesia yang Dapat Membantu Perlambat Penuaan Dini
info gambar utama

Sejak lama, perempuan Indonesia memang terkenal akan kecantikannya yang alami. Perempuan Indonesia memiliki paras yang menarik meskipun dengan jenis wajah yang beragam dan berbeda.

Perempuan Indonesia memiliki fitur wajah yang kecil, warna kulit yang eksotis, dan rambut yang menawan sehingga banyak perempuan lain dari berbagai belahan dunia menyukai pesonanya. Salah satu hal yang membuat perempuan Indonesia dikagumi adalah mereka yang selalu tampak awet muda dan selalu terlihat menawan meskipun sudah berusia lanjut.

Mengutip laman National Geographic, menurut situs TheTopTen, penduduk lokal Indonesia memiliki daya tarik dan kecantikan yang luar biasa, khususnya yang berasal dari wilayah Jawa dan Bali. Meskipun perempuan Indonesia mendapat banyak paparan sinar matahari pada kulit mereka, mereka tetap dapat terlihat cantik dan malah membuat kulit mereka tampak eksotis.

Seperti halnya banyak budaya, perempuan Indonesia menggunakan sumber daya alami dan tradisional untuk perawatan kecantikan mereka secara turun temurun. Beberapa rahasia kuno nyatanya masih efektif dan dapat membawa manfaat besar bagi seluruh tubuh, khusunya mendapatkan kulit yang sehat dan awet muda.

Dilansir dari Bright Side, berikut lima jenis perawatan tradisional perempuan Indonesia yang bantu perlambat penuaan dini:

1. Konsumsi Jamu Tradisional

Jamu Tradisional
info gambar

Jamu adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan-bahan alami. Jamu telah digunakan selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan dan memiliki segudang manfaat salah satunya sebagai sumber kecantikan para perempuan Indonesia. Racikan jamu yang dapat Kawan coba yaitu kunyit asam, beras kencur, wedang jahe dan rebusan daun sirih.

Baca juga: 3 Perempuan Indonesia yang Berjasa di Bidang Teknologi

2. Teknik Lulur Kuno

Lulur merupakan teknik pembersihan kulit dari kotoran dan sel kulit mati.
info gambar

Perempuan Indonesia memiliki ritual khusus untuk membersihkan, melembutkan, dan memurnikan kulit mereka. Ritual ini disebut perawatan lulur. Pada awalnya, lulur merupakan ritual kuno pernikahan.

Resep lulur kuno ini terdiri dari tepung beras, pandan, kayu manis, dan kunyit dengan cara dipijatkan pada seluruh tubuh yang ditambah campuran minyak kelapa murni.

3. Masker Pijatan Perut

Masker perut biasanya digunakan di spa kecantikan.
info gambar

Terdapat salah satu ritual yang populer dilakukan di kalangan perempuan Indonesia yang sedang hamil. Mereka perlu mengoleskan masker khusus ke dalam perut mereka. Masker ini terbuat dari beras yang ditumbuk dan kencur berasal dari rempah alami seperti jahe. Masker ini dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membantu mencegah timbulnya stretchmark.

Setelah seorang perempuan melahirkan, seorang bidan akan memberikan pijatan pasca melahirkan secara teratur. Setelah itu, bidan akan menempelkan bungkus herbal ini pada perut perempuan itu.

4. Perawatan Bedak Dingin

Masker bedak dingin yang mampu menjaga kulit tetap awet muda.
info gambar

Selain ritual kecantikan khusus, perempuan Indonesia juga memiliki perawatan sehari-hari yang mereka gunakan. Salah satu perawatan itu disebut bedak dingin. Bedak dingin adalah masker wajah tradisional yang bahkan digunakan oleh para bangsawan di masa lalu.

Bahan utamanya adalah tepung beras yang mengandung vitamin B dan tiamin. Berkat bahan-bahan tersebut, masker ini dapat menjaga kelembapan dan melindungi wajah dari sengatan matahari dan membuat wajah tampak awet muda.

5. Konsumsi Air Kelapa

Air kelapa memiliki banyak khasiat untuk tubuh, khususnya kulit manusia.
info gambar

Perempuan Indonesia menyarankan untuk minum air kelapa setiap hari karena air kelapa kaya akan vitamin dan mineral. Selain itu, air kelapa juga bebas lemak sehingga meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah kulit kering.

Kelapa juga merupakan salah satu komoditas yang banyak dijumpai di Indonesia sehingga tidak mengherankan perempuan Indonesia sudah mengonsumsi minuman air kelapa untuk merawat kecantikan mereka sejak lama.

Saat ini, Kawan tidak perlu memotong kelapa asli untuk mendapatkan airnya. Kawan dapat menemukan kemasan siap saji di sebagian besar toko bahan makanan secara instan dan mudah.

Itulah beberapa cara perempuan Indonesia dalam melakukan perawatan kulit. Untuk Kawan yang ingin menerapkannya, pastikan Kawan melakukan perawatan kulit secara konsisten, ya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini