Indonesia Raih Penghargaan dalam Ajang Peneliti Muda Internasional di Serbia

Indonesia Raih Penghargaan dalam Ajang Peneliti Muda Internasional di Serbia
info gambar utama

Enam peneliti muda Indonesia berhasil meraih medali dan penghargaan dalam International Conference of Young Scientist (IYCS) ke-29 di Beograd, Serbia, yang berlangsung Sabtu minggu lalu hingga Jumat (14/4/2023). Tim Indonesia yang dipimpin oleh Antonius M. Barus ini memenangkan dua medali perak dan tiga penghargaan poster terbaik.

Pelajar Indonesia yang meraih medali perah adalah Dhavina Priskila Tjahjadi dan Gabrielle Rochellin Susanto, berasal dari SMA Santa Laurensia Alam Sutera serta Teresa Azarel Gayatri Lamiang dari SMP Montessori Yogyakarta.

Kemudian untuk penghargaan poster terbaik, diraih oleh Fiona Lee dan Veronica Jane Sudjana, berasal dari SMA Cita Hati East Campus Surabaya serta Mikael Dihardja dari SMA Tarakanita Gading Serpong.

Perwakilan Tim Indonesia tersebut diterima Duta Besat Republik Indonesia untuk Serbia Chandra Widya Yudha. Selama kompetisi berlangsung pun mereka mendapatkan dukungan penuh dari KBRI Beograd.

Dilansir dari Kompas.id, Direktur Center for Young Scientist (CYS) Monika Raharti menjelaskan bahwa peserta dari sekolah menengah Indonesia tersebut telah melalui proses seleksi dalam Lomba Peneliti Belia Nasional 2022. Adapun judul penelitian yang dibawakannya sebanyak empat judul di bidang ilmu komputer dan lingkungan.

Mengutip dari siaran pers KBRI Beograd, judul penelitian yang berhasil menang itu, antara lain (1) Mucilage and Bamboo Charcoal Based Wound Dressing: Malabar Spinach (Basella alba) Mucilage and Cendani Bamboo (Phyllostachys aurea) Charcoal as A Biodegradable Hydrogel Powder for Wound Dressing, (2) Styrofoam Biodegradation by Superworm, (3) DontDrown: An Artificial Intelligent System for Beach Surveillance, dan (4) Program to Optimize MSME’s Profit Using Linear Program.

Seperti diketahui, ICYS merupakan pertemuan tingkat siswa sekolah menengah untuk mempertandingkan penelitian ilmiah dalam topik/tema tertentu pada tingkat internasional. Konferensi ICYS ke-29 ini, dihadiri oleh lebih dari 80 pelajar yang berasal dari berbagai negara di seluruh dunia.

Jokowi Terima Penghargaan Perdamaian Internasional 2022 dari Uni Emirat Arab

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini