Bukan Cuma Juara, PSM Makassar Bergelimang Gelar di Liga 1 2022-2023

Bukan Cuma Juara, PSM Makassar Bergelimang Gelar di Liga 1 2022-2023
info gambar utama

PSM Makassar sungguh luar biasa di Liga 1 2022-2023. Bukan cuma juara, mereka juga menyabet gelar lain.

PSM Makassar mengakhiri Liga 1 2022-2023 dengan gelar juara. Mereka pun layak dinobatkan sebagai jawara sepak bola Indonesia. Apalagi, gelar juara ini sudah lama mereka nantikan.

Dengan tuntasnya Liga 1 2022-2023, PSM duduk di posisi puncak klasemen akhir dengan koleksi 75 poin. Di bawah PSM, bertengger Persija Jakarta dan Persib Bandung yang masing-masing mengoleksi 66 dan 62 poin.

PSM telah menunggu selama 23 tahun untuk kembali menjadi juara liga. Terakhir kali mereka menjadi juara liga adalah pada musim 1999-2000.

Tak heran apabila suporter PSM dan masyarakat Makassar sangat bergembira dengan pencapaian ini. Setelah mengunci gelar juara, perayaan dadakan pun digelar di jalanan Makassar untuk merayakannya.

Selain penantian panjang yang berakhir, ada pula hal lain yang membuat gelar juara ini semakin spesial bagi PSM, yakni didapatnya gelar individu yang tentunya bergengsi.

Sport Tourism, Target Baru Pariwisata Indonesia

Dua Gelar Individu

Di pengujung Liga 1 2022-2023, terdapat lima gelar individu yang dihadirkan. Keempatnya yakni MVP alias pemain terbaik, YMVP alias pemain muda terbaik, pelatih terbaik, pencetak gol terbanyak, serta gol terbaik. Sebetulnya ada pula satu gelar lagi, namun ini tidak diperuntukkan bagi pemain atau pelatih, yakni wasit terbaik.

PSM meraih dua dari sederet gelar individu tersebut. Adalah sang kapten PSM Wiljan Pluim yang dinobatkan sebagai MVP. Selain itu, pelatih Bernardo Tavares juga diberi gelar pelatih terbaik.

Kinerja keduanya di PSM memang luar biasa. Pluim adalah pemain veteran PSM yang menjadi kapten sekaligus penggerak irama permainan Juku Eja, utamanya di lini serang. Sedangkan Bernardo Tavares sukses membangun skuad PSM dengan bertumpu kepada pemain muda. Musim ini juga merupakan pengalaman pertama pelatih asal Portugal itu melatih di Indonesia.

Untuk YMVP, pemain yang meraih gelarnya adalah Ilham Rio Fahmi dari Persija. Kemudian gelar pencetak gol terbanyak dan gol terbaik diberikan kepada Matheus Pato dari Borneo FC.

Berikut daftar gelar di Liga 1 2022-2023:

Juara: PSM Makassar
MVP: Wiljan Pluim (PSM)
YMVP: Ilham Rio Fahmi (Persija)
Pelatih Terbaik: Bernardo Tavares (PSM)
Pencetak Gol Terbanyak: Matheus Pato (Borneo FC) / 25 Gol
Gol Terbaik: Matheus Pato (Borneo FC vs Bali United, Pekan ke-32).

Siap-siap! Ada Klub Sepak Bola Eropa yang Akan ke Indonesia untuk Menantang Persija

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini