7 Rekomendasi Olahraga Ringan yang Menyehatkan

7 Rekomendasi Olahraga Ringan yang Menyehatkan
info gambar utama

Halo Kawan GNFI! Apakah Kawan sudah berolahraga? Meskipun padat dengan berbagai aktivitas, kebugaran tubuh perlu dijaga, ya. Salah satu mekanisme untuk menjaga dan support kebugaran tubuh adalah dengan rutin berolahraga. Berdasarkan informasi dari Katadata, badan yang bugar bermanfaat kepada badan yang sehat dan tidak mudah merasa kelelahan dalam berkegiatan.

Bagi Kawan yang sarat dengan berbagai kesibukan dan belum ada waktu luang yang panjang untuk olahraga, penulis punya solusinya. Ada beberapa rekomendasi olahraga ringan yang menyehatkan. Olahraga ringan ini bisa kawan rutinkan sebagai bagian dari usaha menyehatkan badan, ya. Berikut tujuh rekomendasinya!

1. Naik Turun Tangga

Tangga Foto:Pixabay/WenPhotos
info gambar

Bagi Kawan yang rumahnya memiliki tangga atau kawan yang berprofesi sebagai karyawan di perusahaan dengan bangunan kantor bertangga, olahraga ringan ini bisa menjadi alternatif. Naik turun tangga adalah bagian dari olahraga yang ringan, sebab memerlukan energi untuk melakukannya. Mengutip dari SehatQ, naik turun tangga dapat memacu jantung serta melatih otot kaki yang bermanfaat bagi kebugaran tubuh.

Baca juga: Berstatus Juara Asia, Indonesia Incar Kesempatan Beraksi di Kejuaraan Dunia Bridge 2023

2. Peregangan Dada

Stretching Foto: Pixabay/ RyanMcGuire
info gambar

Bagi kawan yang sering menghabiskan waktu belajar dan/atau bekerja nih, olahraga ringan berupa peregangan dada dapat menjadi alternatif untuk merasa “jompo”. Peregangan dada memberi kesempatan bagi tubuh yang sering bersandar untuk dapat lebih rileks. Olahraga ringan ini juga dapat membantu menjadikan postur tubuh lebih baik.

Implementasinya:

a. Duduk tegak, jangan bersandar pada kursi
b. Melemaskan pundak dan merentangkan tangan ke samping
c. Busungkan dada hingga merasakan tarikan
d. Tahan sekitar 5-10 menit, ulangi gerakan beberapa kali

3. Jalan atau Jogging di Tempat


Bukanlah alasan bagi Kawan bila tidak memiliki halaman yang lapang untuk malas berolahraga? Sebab, olahraga ringan seperti jogging dan jalan di tempat pun mudah dilakukan. Kaki tetap bergerak dan space yang dibutuhkan pun tidak perlu luas.

Baca juga: Ivar Jenner dan Rafael Struick, Darah Muda yang Akan Jadi Tenaga Baru Timnas Indonesia

4. Latihan Kardio Ringan dengan Jumping Jacks

Jumping Foto: Pixabay/ Pexels
info gambar


Bagi kawan yang sedang dalam program menurunkan kalori, olahraga ringan ini bisa menjadi alternatif ya. Bagaimana cara melakukannya? Berikut langkahnya berdasar informasi dari SehatQ .
a. Mulai dengan posisi kedua kaki rapat dan kedua tangan lurus ke bawah.
b. Setelah itu, lompat lah secara ringan sambil membuka kedua kaki selebar bahu.
c. Saat melompat, ayun kedua lengan hingga lurus di atas kepala dan kembali turun saat kaki kembali rapat.

5. Rotasi Leher

Apakah Kawan sering pening di bagian kepala? Coba cara satu ini deh, berikut langkahnya:
a. Duduk tegak dengan bahu dilemaskan.
b. Putar leher ke arah kiri sejauh mungkin.
c. Tahan selama 5 detik.
d. Lakukan hal yang sama ke arah kanan, ulangi rutin.

6. Squat

Squat, mengutip dari Halodoc, merupakan olahraga yang bermanfaat untuk mengencangkan beberapa otot tubuh seperti paha bagian dalam, pantat, kaki dan betis. Bagaimana cara melakukannya? Berikut steps-nya:
a. Berdiri ( posisi tegak)
b. Kaki dibuka selebar pinggul
c. Turunkan tubuh seperti hendak duduk, sambil luruskan lengan ke depan untuk menjaga keseimbangan
d. Kembali ke posisi tegak
e. Lakukan berulang.

Baca juga:Menanti Kawasan Danau Toba yang Futuristik

7. Senam

Referensi mengenai senam sudah banyak diunggah di internet. Mulai dari beat lambat hingga cepat, durasi sebentar hingga lama, disesuaikan dengan kebutuhan, dll. Nah, kawan semakin dimudahkan untuk berolahraga dengan adanya akses ini.

Nah, meski kelihatannya sederhana, olahraga ringan bermanfaat untuk kesehatan antara lain: antisipasi penyakit jantung, darah tinggi, hingga obesitas. Olahraga ringanlah dengan durasi minimal 10 hingga 15 menit per hari. Bakar kalori untuk menjaga stabilitas berat badan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DA
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini