Bernilai Sejarah, Kedutaan Besar Inggris Rayakan HUT Raja Charles III di Kebun Raya Bogor

Bernilai Sejarah, Kedutaan Besar Inggris Rayakan HUT Raja Charles III di Kebun Raya Bogor
info gambar utama

Kedutaan Besar Inggris menggelar pertunjukan musik band militer Inggris atau The Royal Yeomanry dalam rangka merayakan ulang tahun Raja Charles III di Kebun Raya Bogor (KRB), Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/6/2023).

Wakil Dubes Inggris Matt Downing mengungkapkan Kebun Raya Bogor memiliki hubungan kuat dengan Inggris. Sebagai informasi, tempat tinggal Letnan Gubernur di Jawa, Stamford Raffles di Istana bogor pada 1811 yang bergaya lanskap Inggris telah banyak menginspirasi Kebun Raya.

“Kebun Raya Bogor ini kebun yang sangat indah dan amat sangat berkesan dengan keindahan dari Kebun Raya Bogor. Ada Kaitan Sejarah antara Inggris dan Indonesia, Kebun Raya Bogor juga bekerja sama dengan Kew Garden yang ada di London,” kata Wakil Dubes Inggris Matt, dilansir dari Antara.

Kebun Raya Bogor, Sejarah dan Tanda Cinta Raffles

Antusias kelilingi KRB

Royal Military Band yang terdiri dari enam personil dikabarkan datang langsung dari Inggris. Mereka tampil bersama dengan siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Polisi 1 Bogor.

Band militer Inggris itu melakukan tour atau keliling KRB sebelum menampilkan aksinya. Seperti yang diberitakan Kompas.com, para personel ini begitu antusias saat mengunjungi monumen pendiri Kebun Raya Bogor, Casper Georg Karl Reinwardt.

Selanjutnya, pertunjukan musik militer ditampilkan dengan membawakan lagu populer Hey Jude dari The Beatles. Beragam instrumen musik mulai dari saxophone, trombone, hingga perkusi berhasil menciptakan harmonisasi yang membuat penonton senang.

Perkuat hubungan Indonesia-Inggris

Tak hanya itu, belakangan ini Kebun Raya Bogor juga diketahui menjadi bagian dari kerja sama Inggris-Indonesia untuk melestarikan keanekaragaman hayati Indonesia yaitu kolaborasi antara Kebun Raya Bogor, Kew Gardens, dan Departemen Riset Indonesia (LIPI).

Perayaan HUT Raja Charles III yang beberapa waktu lalu dinobatkan tersebut juga menjadi momentum untuk menjalin hubungan baik dan mempererat tradisi kedua negara. Raja Charles melalui perwakilannya hendak mempromosikan empat hal kepeduliannya, salah satunya keberlanjutan yang menjadi inti dari kinerja pembangunan dan dipromasi Inggris-Indonesia.

Mengutip dari Radar Bogor, momen itu pun dimanfaatkan untuk mendorong usulan dari Kedutaan Inggris menjadikan Kebun Raya Bogor sebagai world heritage site melalui UNESCO. Sejauh ini, banyak persayaratan disebut masih belum terpenuhi.

Benarkah Kebun Raya Bogor Kebun Raya Tertua di Dunia?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

FI
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini