Saat Endemi, Biaya Berobat Covid-19 Tak Lagi Ditanggung Pemerintah

Saat Endemi, Biaya Berobat Covid-19 Tak Lagi Ditanggung Pemerintah
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia akan segera memasuki masa endemi Covid-19. Pengumuman resmi akan disampaikan dalam satu atau dua minggu lagi.

Jokowi mengatakan, saat Indonesia resmi memasuki endemi, pengobatan pasien Covid-19 tak akan ditanggung lagi oleh pemerintah.

"Ini dalam seminggu dua minggu ini, akan kita nyatakan kita masuk ke endemi. Ini hati-hati kalau udah masuk endemi, kalau kena COVID-19 bayar," ungkap Jokowi dalam pidatonya pada acara Rapimnas Barisan Relawan Jalan Perubahan di Hotel Salak, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/6/2023).

Pada kesempatan berbeda, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menanggapi pernyataan Presiden tersebut. Menurutnya, meski Covid-19 di Indonesia berubah status menjadi endemi, virusnya tidak hilang. Maka dari itu, untuk menghadapi Corona saat ini, kata dia, masyarakat punya peran untuk menanganinya, salah satu caranya dengan menjaga kesehatan diri sendiri.

"...Kita harus belajar hidup dengan virus ini. Sama halnya dengan kita belajar hidup dengan penyakit menular lainnya, misalnya malaria, DB, TBC, itu kan semuanya masih ada," sambungnya.

Menuju Endemi, 4 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Masih Tersedia Gratis

Budi menuturkan, fasilitas kesehatan yang ada saat ini sudah siap merawat pasien Covid-19. Dia mengklaim warga juga sudah memahami apa saja yang harus dilakukan untuk mencegah ataupun saat tertular korona. Misalnya, mencuci tangan dan memakai masker bagi yang tidak sehat.

"Kemudian kedua, dia mesti tahu surveilansnya seperti apa, rapid test antigen sekarang sudah ada, tes genomik sudah ada, itu bisa dipakai, lalu kalau misalnya kita sakit mengukur suhu pakai termometer, kemudian bisa dicatat, sehingga tahu bagaimana surveilansnya atau cara mendeteksinya," tambahnya.

Tak hanya itu, Budi juga memberitahu bahwa pemerintah juga telah menyiapkan obat-obatan yang bisa digunakan pasien Covid-19. Obat-obat itu, kata dia, juga tersedia di apotek.

Sudah Koordinasi dengan WHO, Indonesia Siap Cabut Status Pandemi COVID-19

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini