Deretan Musisi Indonesia Sukses Mendunia dalam Dua Tahun Terakhir

Deretan Musisi Indonesia Sukses Mendunia dalam Dua Tahun Terakhir
info gambar utama

Sederet musisi Tanah Air berhasil mengguncang panggung dunia dalam dua tahun terakhir. Mulai dari menggelar tur berbagai negara, mengisi lagu tema Piala Dunia U-20, hingga sejajar dengan penyanyi kelas atas.

Pencapaian demi pencapaian itu kian menunjukkan bahwa musisi Indonesia juga mampu bersaing dalam belantika musik internasional.

Dalam rangka menyambut Hari Musik se-Dunia ke-41, mari mengenal prestasi membanggakan yang telah ditorehkan oleh beberapa musisi Indonesia berikut ini.

Senggigi Sunset Jazz, Ajang Musik yang Memadukan Indahnya Pantai dan Merdunya Musik Jazz

Voice of Baceprot

Grup metal pendatang baru asal Garut, Voice of Baceprot (VoB), berhasil mendobrak panggung internasional dengan menggelar tur Eropa pada 2022 lalu. Bertajuk “Fight Dream Believe”, konser mereka diselenggarakan di 4 negara dan 8 kota.

Band yang digawangi tiga hijabers ini tampil bersama musisi top, seperti Twenty One Pilots, The Kilelr, Martin Garrix, Kings of Convenience, Wardruna, dan Meduza.

Setelah tur Eropa sukses, VoB mengumumkan akan memulai tur "Retas" ke 11 kota di Amerika Serikat pada 3-19 Agustus 2023. Mereka bahkan telah menandatangani kontrak eksklusif dengan agensi manajemen artis GLP (Georg Leitner Productions GmbH) yang terkenal memegang artis internasional seperti Lee “Scratch” Perry, Rick Wakeman, Asian Dub Foundation, Kim Wilde, Tokio Hotel, hingga KC & The Sunshine Band.

Mengenal 7 Alat Musik Tradisional Sumatra yang Unik dan Menawan

Putri Ariani

Nama Putri Ariani belakangan ini jadi perbincangan dunia usai mendapatkan Golden Buzzer pada malam audisi Americas Got Talent 2023 pekan kedua. Berkat itulah, gadis 17 tahun tersebut langsung melaju ke babak Semifinal.

Kemenangan Putri sontak menggemparkan jagat media sosial tak lama setelah penampilannya ditayangkan pada Rabu pagi (7/6/2023), pukul 10.00 WIB. Penyanyi tuna netra itu mencatatkan dirinya sebagai orang Indonesia pertama yang memenangkan golden buzzer sejak AGT perdana digelar. Simon Cowell yang menekan Golden Buzzer untuk Putri bahkan mengatakan dia penyanyi terbaik yang dimiliki acara itu.

Kemerduan Musik Banyuwangi yang Menjadi Tuan Rumah di Tanah Sendiri

NIKI Zefanya

Lima tahun terakhir bisa dibilang sebagai masa keemasan bagi NIKI Zefanya, penyanyi muda Indonesia yang berkarier di Amerika Serikat. Pelantun “High School in Jakarta” itu berhasil menjadi penyanyi wanita Indonesia pertama yang tampil di Coachella Valley 2022. Perempuan 24 tahun itu sepanggung dengan sejumlah musisi dunia, seperti Biliie Eilish, Harry Styles, The Weekend, dan Doja Cat.

Setelah Coachella, kini NIKI dikabarkan akan tampil di festival musik Amerika, Lollapalooza, pada 3-6 Agustus 2023 di Grant Park, Chicago.

Terbaru, NIKI dijadwalkan menggelar tur solo dunia bertajuk Nicole sepanjang 2023. Konser itu telah dimulai sejak Sabtu (13/5/2023) di Mexico, Amerika Utara. NIKI dikabarkan akan konser juga di Indonesia pada Selasa (26/9/2023) di Jakarta Internasional EXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat pukul 18.30 WIB.

Tidak hanya Indonesia, konser NIKI juga akan diadakan di Eropa, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Singapura, Australia, Perancis, dan Belanda.

Sejarah Hari Tari Sedunia, Merayakan Keanekaragaman Budaya Melalui Gerak Tubuh dan Musik

Weird Genius feat Lyodra, Tiara, Ziva

Musisi yang ini bukan tampil di panggung internasional, tapi suara mereka juga didengarkan satu dunia. Grup band Weird Genius bersama tiga penyanyi muda Indonesia, Lyodra Ginting, Tiara Andini, dan Ziva Magnolya, dipercaya oleh FIFA menjadi pengisi lagu tema untuk Piala Dunia U-20.

Meski Indonesia batal menjadi tuan rumah dan digantikan Argentina, namun lagu penyemangat berjudul “Glorious” itu tetap digunakan oleh FIFA sebagai soundtrack pertandingan.

Polopalo, Alat Musik Tradisional Khas Gorontalo

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini