LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Akan Beroperasi Bersamaan Pada 18 Agustus 2023

LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Akan Beroperasi Bersamaan Pada 18 Agustus 2023
info gambar utama

Moda transportasi kereta api adalah salah satu pilihan yang memiliki keunggulan tersendiri. Selain bisa mengangkut banyak penumpang dalam waktu bersamaan, kereta api juga memiliki jalur tersendiri yang membuatnya bebas dari kemacetan.

Dari waktu ke waktu, perkembangan moda transportasi kereta api di Indonesia terus mengalami kemajuan. Kini, Indonesia sudah memiliki dua jenis transportas kereta api baru yang akan segera beroperasi pada 18 Agustus 2023 mendatang, yaitu Light Rapid Transit (LRT) Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta Bandung.

Hal ini dikatakan oleh Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo pada acara peresmian penggabungan Perum Damri dan PPD di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Senin (19/6/2023).

"Ini salah satunya yg akan kita launching nanti 18 Agustus adalah LRT dan kereta cepat," ujar Kartika sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

Canggih! Teknologi Ini Bikin Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tak Berisik Saat Melintas

Kedua moda transportasi yang akan beroperasi tersebut nantinya akan terhubung dengan integrasi di Stasiun Halim Jakarta. Hal ini turut memudahkan untuk para penumpang bila hendak bepergian atau datang dari tempat lain, sebab pusat integrasi ini pun terkoneksi dengan moda transportasi lainnya di Jakarta.

"LRT Jabodebek dan KCJB itu adalah integrasi dua fungsi layanan publik yang nantinya akan terkoneksi dengan Dukuh Atas dengan Transjakarta yang mungkin sebagian besar dioperasikan oleh PPD (Perum Damri)," kata Kartika.

Untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung, tanggal 18 Agustus sendiri merupakan waktu beroperasi secara soft launching setelah sebelumnya sempat melakukan uji coba. Untuk waktu operasional penuhnya sendiri nantinya akan direncanakan pada Oktober mendatang di tahun ini.

Dengan kecepatan mencapai 350 kilometer per jam, nantinya kereta cepat ini hanya akan memakan waktu tempuh selama 50 menit. Beberapa stasiun yang dilewati antara lain Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, hingga Stasiun Tegalluar.

Sementara untuk LRT Jabodebek, setelah 12 Juli-15 Agustus dilakukan soft launching secara terbatas untuk para penumpang, maka pada 18 Agustus 2023 moda transportas umum ini akan mulai beroperasi secara penuh dengan rute Kelapa Gading-Velodrome Rawamangun.

Akhirnya, Bali Akan Segera Punya LRT

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini