Libur Iduladha, Inilah Daftar Kereta Api yang Dapat Tambahan Perjalanan

Libur Iduladha, Inilah Daftar Kereta Api yang Dapat Tambahan Perjalanan
info gambar utama

Kereta Api jadi salah satu pilihan favorit masyarakat untuk pergi ke luar kota. Apalagi ketika masa libur panjang tiba, orang pun berbondong-bondong untuk memesan tiket kereta api sebagai moda transportasi jarak jauh pilihan.

Tak terkecuali pula bila sudah masa menjelang libur Iduladha tiba. Tak jarang, banyak yang kehabisan tiket kereta yang sesuai dengan destinasi tujuannya. Sehingga, pilihannya adalah mencari alternatif transportasi umum lain atau malah membatalkan rencana liburannya.

Terkait hal ini, ada kabar baik dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Menyambut masa libur Iduladha, KAI pun memberikan tambahan jadwal perjalanan untuk kereta api jarak jauh ke beberapa rute.

Bersumber dari keterangan tertulis resmi dari KAI, terhitung sejak waktu libur panjang Iduladha tahun 2023 ini yang berlangsung dari hari Selasa, 27 Juni sampai dengan Minggu, 2 Juli, paling tidak akan ada 1.340 kereta api untuk jarak jauh yang akan beroperasi.

Hal ini merupakan peningkatan dari pekan sebelumnya selama periode 20 Juni - 25 Juni yang memiliki perjalanan kereta api sebanyak 1.322. Itu artinya, untuk penambahan jadwal perjalanannya sendiri terdapat 18 tambahan jadwal kereta api jarak jauh.

Penambahan frekuensi perjalanan kereta api tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan untuk menghadapi peningkatan jumlah penumpang selama liburan akhir pekan panjang pada perayaan Idul Adha.

Tidak Tegak Lagi, Kursi KA Ekonomi Baru Akan Mirip Eksekutif

Daftar kereta yang mendapatkan tambahan perjalanan

Sampai dengan Jumat (23/6), tercatat bahwa total tiket KA Jarak Jauh yang terjual mulai dari Selasa (27 Juni) hingga Minggu (2 Juli) sebanyak 437.350 tiket, dengan rata-rata penjualan sebanyak 72.892 tiket per hari. Jumlah ini masih mencakup 58% dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang tersedia, yakni sebanyak 750.669 tiket.

Berikut adalah daftar kereta api yang mendapatkan tambahan rute perjalanan :

  • KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp)
  • KA Manahan (Gambir - Solo Balapan pp)
  • KA Pandalungan (Gambir - Jember pp)
  • KA Sancaka (Yogyakarta - Surabaya Gubeng pp)
  • KA Kaligung (Semarang Poncol - Cirebon Prujakan pp)

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau menggunakan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access, yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan menggabungkan jadwal kereta yang saling terhubung.

Waktu Tempuh 140 Kereta Jarak Jauh Bakal Dipangkas Mulai 1 Juni



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini