Gratis Sebulan, Uji Coba Transjakarta Rute Bandara Soetta Dimulai 4 Juli 2023

Gratis Sebulan, Uji Coba Transjakarta Rute Bandara Soetta Dimulai 4 Juli 2023
info gambar utama

Bus Transjakarta akan memulai uji coba rute Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada 4 Juli 2023. Masyarakat yang ingin menikmati layanan ini, tidak akan dikenakan biaya alias gratis selama satu bulan.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menerangkan, pihaknya akan menerjunkan empat sampai lima unit bus berpintu masuk rendah (low deck). Jadwal operasional layanan ini terbagi dua, yakni pagi pukul 06.00-09.00 WIB dan sore pukul 18.00-21.00 WIB.

Untuk saat ini, kata Syafrin, ada dua titik pemberhentian di Bandara Soetta, yaitu Terminal Kargo dan Kantor Angkasa Pura II.

”Bus-bus Transjakarta akan berangkat dari Terminal Kalideres. Kemudian, ada dua titik pemberhentian di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu Terminal Kargo dan Kantor Angkasa Pura 2,” ucap Syafrin di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (29/6/2023), dikutip dari Kompas.id.

Dia bilang, layanan rute Terminal Kalideres-Bandara Soetta masih gratis selama uji coba sebulan ini.

”Nanti, begitu Transjakarta masuk ke Bandara Soekarno-Hatta secara berbayar, itu akan menjadi angkutan umum, tidak lagi angkutan karyawan,” imbuhnya.

Makin Aman! Transjakarta Tambah 20 Bus Pink Khusus Penumpang Wanita

Melalui uji coba ini, kata Syafrin, Dishub DKI dan PT Transportasi Jakarta berharap bisa mendapatkan gambaran utuh mengenai karakteristik perjalanan penumpang dan operasionalisasi, sehingga besaran tarif dapat ditentukan.

”Kami mengharapkan dalam dua minggu uji coba gambaran utuh itu diperoleh,” ucap dia.

Dia lalu menjelaskan, uji coba layanan ke Bandara Soetta direncanakan tidak akan melewati tol, tetapi melalui jalur nontol, sehingga layanannya tidak point to point. Dengan begitu, waktu tempuh dari Terminal Kalideres ke Bandara Soetta maksimum 45 hingga 90 menit.

Selain itu, akan ada sejumlah bus stop atau titik halte yang disiapkan di lintasan layanan Terminal Kalideres-Bandara Soetta. Headway atau waktu tunggu bus direncanakan setiap 20 menit.

”Di titik (jalan reguler) itu kita pasang bus stop, sehingga bus akan berhenti di sana mengangkut penumpang menuju bandara maupun yang ke Kalideres,” ujar Syafrin.

Terpisah, Kepala Departemen Hubungan Masyarakat dan CSR PT Transportasi Jakarta Wibowo mengungkapkan, dalam proses uji coba layanan ini, Transjakarta mencoba menerapkan timetable atau jadwal kedatangan dan keberangkatan bus. Itu dimulai dari titik pemberangkatan awal, yakni Terminal Kalideres.

”Penerapan timetable akan mendukung kepastian waktu layanan,” kata Wibowo.

Asyik! TransJakarta dan Trans Pakuan Akan Terhubung, Jalan-jalan Jakarta-Bogor Makin Mudah

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini