Keseruan KKN PPM UGM Pesisir Ngombol Hari Raya Idul Adha di Desa Depokrejo

Keseruan KKN PPM UGM Pesisir Ngombol Hari Raya Idul Adha di Desa Depokrejo
info gambar utama

Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia. Dilansir dari situs resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, Idul Adha jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijah tahun Hijriah. Idul Adha menjadi sebuah peringatan mengenai kurban, yang menggambarkan keikhlasan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya Ismail untuk Allah.

Idul Adha mengajarkan kepada umat muslim bahwa dibutuhkan keikhlasan dan kasih sayang kepada sesama manusia untuk melakukan pengorbanan. Tahun ini, hari raya idul adha jatuh pada tanggal 29 Juni 2023, tepatnya di hari kamis. Desa Depokrejo, kecamatan Ngombol, Purworejo mengadakan hari raya idul adha di dua masjid, yaitu Masjid Nurul Hidayah dan Masjid Baiturrohman.

Perayaan idul adha dimulai pada pukul 06.00 WIngan dilakukannya shalat idul adha bersama. Proses kurban atau penyembelihan hewan diadakan bersama di satu tempat yaitu di masjid Nurul Hidayah. Kegiatan penyembelihan hewan kurban dimulai pukul 08.00 dan selesai pukul 12.00 WIB dimana daging kurban telah siap didistribusikan kepada seluruh masyarakat desa Depokrejo.

Pengendalian Zoonosis melalui Daging Konsumsi Kurban Idul Adha oleh Tim KKN UGM Siliragung

Seperti halnya hari raya kurban di tahun-tahun sebelumnya, dilakukan penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing. Pada tahun ini, desa Depokrejo sapi yang disembelih berjumlah satu ekor dan kambing berjumlah sebelas ekor. Sapi dan kambing disembelih dengan prosedur tata syariat islam sehingga daging yang didapatkan dipastikan halal, sehat, dan bergizi.

Unit KKN PPM UGM desa Depokrejo aktif dalam mengikuti hari raya kurban. Dalam perayaan idul adha ini, KKN PPM UGM Unit Depokrejo menjadikannya sebagai ajang untuk proses pendekatan kepada masyarakat dan mengenal satu sama lain.

Terlebih lagi, mahasiswa KKN PPM UGM merupakan pendatang baru di desa ini sehingga momen idul adha ini merupakan kesempatan yang bagus sebagai ajang perkenalan dan pengakraban diri terhadap masyarakat, baik dari kalangan bapak-bapak dan ibu-ibu saling mengobrol untuk bertukar cerita dan wejangan (nasihat). Mahasiswa KKN PPM UGM juga berinteraksi dengan anak-anak dengan berkenalan, bercanda, dan membelikan jajan es krim.

Kegiatan Idul Adha dimulai dari pemeriksaan kesehatan hewan kurban, dilanjutkan penyembelihan hewan kurban hingga memasak dan makan bersama warga desa. Mahasiswa KKN PPM UGM unit desa Depokrejo membantu pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembelih dan pemeriksaan organ genital setelah disembelih.

Warga desa Depokrejo sangat terbuka dan antusias dengan hadirnya mahasiswa KKN PPM UGM dalam perayaan hari kurban ini. Hal ini sangat baik mengingat desa Depokrejo merupakan desa yang dibilang cukup kecil yang berkisar hanya memiliki delapan puluh kartu keluarga di dalamnya. Rasa kekeluargaan dan kebersamaan terlihat sangat kental dan erat ditunjukkan pada hari raya idul adha. Warga secara berbondong-bondong dan bersemangat mengikuti rangkaian acara mulai dari awal hingga akhir.

KKN UGM, Deroduwur yang Memeluk dengan Kehangatan

Selain pemeriksaan hewan, unit KKN PPM UGM desa Depokrejo juga membantu proses memasak untuk makan siang bersama. Memasak dilakukan seiring dengan proses pembagian daging sehingga setelah proses kurban warga dapat langsung beristirahat dan makan siang bersama.

Setelah itu, tim unit KKN PPM UGM desa Depokrejo dipersilakan pulang ke pondokan dengan diberi buah tangan berupa daging sebanyak enam kantong atau setara dengan 6 kilogram daging sapi. Daging tersebut kemudian dimasak tim unit KKN PPM UGM desa Depokrejo menjadi semur untuk makan bersama di sore hari. Terima kasih masyarakat Depokrejo, Idul Adha tahun ini menjadi seru dan menyenangkan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini