Tak Perlu ke Maldives, Nikmati Panorama Laut yang Eksotis di Pulo Cinta

Tak Perlu ke Maldives,  Nikmati Panorama Laut yang Eksotis di Pulo Cinta
info gambar utama

Air laut jernih berwarna biru muda, hamparan pasir putih, terumbu karang, dan biota laut yang indah, serta deretan cottage yang saling terhubung satu sama lain membentuk lambang “love”, menjadi ikonik dan daya tarik tersendiri dari keberadaan Pulo Cinta yang terletak di Utara Pulau Sulawesi.

Pulo Cinta yang terletak di Teluk Tomini, Desa Patoameme, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo, Sulawesi Utara, ini bermula dari sebuah pulau tidak berpenghuni yang kemudian dikembangkan menjadi salah satu kawasan resort, dengan berbagai fasilitas eksklusif di dalamnya. Bahkan, berkat keindahan alamnya yang eksotis membuat pulau ini disebut-sebut sebagai ‘Maldives’-nya Indonesia.

Hamparan laut bersih dan jernih yang memanjakan mata, hembusan angin yang sejuk, serta bentuk resort berupa cottage kayu yang beratapkan jerami akan membuat kamu seakan berada dan tinggal di lingkungan pedesaan yang sangat alami. Ada pula beberapa spot ayunan yang dibuat menghadap ke laut untuk bersantai, sambil menikmati pesona dan keindahan laut di sana. Di malam hari, suasana yang ditawarkan Pulo Cinta juga tidak kalah indah. Panorama langit bertaburan bintang akan membuat suasana menjadi semakin cantik dan romantis.

Sejarah Pulo Cinta

*Source: https://www.pulocinta.com/
info gambar

Keindahan Pulo Cinta di Gorontalo yang dinikmati saat ini tidak terlepas dari kisah sejarah masa lalu. Tepatnya di masa penjajahan, pulau ini menjadi salah satu rute untuk mendukung kegiatan perdagangan yang dilakukan Belanda.

Ada pula sebuah legenda yang mengatakan bahwa lokasi ini menjadi tempat pertemuan rahasia untuk pangeran Gorontalo dengan putri saudagar dari Belanda. Mereka bertemu dan menyatu untuk melupakan hiruk pikuk peperangan sejenak di pulau ini. Maka tak heran, jika pulau ini memberikan kesan yang romantis bagi siapa saja yang ingin menikmatinya. Bentuk resort yang menyerupai lambang cinta menambah kesan romantis dari kehadiran pulau ini.

Senggigi Sunset Jazz, Ajang Musik yang Memadukan Indahnya Pantai dan Merdunya Musik Jazz

Aktivitas di Pulo Cinta

Dengan balutan suasana romantis di dalamnya, Pulo Cinta menawarkan banyak sekali aktivitas seru yang akan mewarnai liburan maupun waktu honeymoon kalian, beberapa di antaranya:

  • Snorkelling dan Diving

Pulo Cinta dan suasana lautnya | Sumber: pulocinta.com
info gambar

Melihat biota dan keindahan bawah laut di sekitar pulau akan sayang jika kamu lewatkan. Snorkelling dan diving nampaknya jadi aktivitas wajib kalian lakukan ketika berkunjung ke pulau ini. Dijamin kamu tidak akan menyesal karena dapat melihat dan menikmati eksotisme bawah laut di sekitar Pulo Cinta ini.

  • Susur Pesona Pulo Cinta

Kegiatan seru lainnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan susur pesona Pulo Cinta dan sekitarnya. Kamu bisa menggunakan perahu kecil untuk menyusuri keelokan alam di sana. Adapun tempat yang bisa dijelajahi di antaranya Pulau berpasir Gulf of Tomini, menikmati keindahan di Pulau Bajo, jelajahi pemandangan yang eksotis di Pulau Lito Mohupombo Kiki, dan juga pemandangan indah lainnya yang mengelilingi Pulo Cinta.

  • Jelajah Hutan

Di bagian seberang Pulo Cinta terdapat area hutan yang rindang. Bagi kamu yang senang melakukan aktivitas trekking, menelusuri area hutan ini bisa jadi pilihan. Hutan hijau yang lebat, sejuk dan rindang tentu akan menyegarkan mata yang memandang. Menariknya, kamu juga akan disambut oleh penduduk sekitar dengan keramahan dan kehangatan layaknya keluarga sendiri, lo.

  • Dinner Romantis

Di pulau ini, kamu akan mendapatkan pelayanan makan malam yang disulap dengan berbagai sentuhan keromantisan. Ditemani deburan suara ombak yang syahdu, hiasan cahaya lilin dan suasana romantis tentu saja akan membuat momen dinner bersama pasangan akan jadi semakin indah dan tidak terlupakan.

  • Menikmati Stargazing Night

Pulo Cinta tampak dari Atas | Sumber: pulocinta.com
info gambar

Menikmati langit malam yang bertabur bintang dengan mata telanjang jadi momen langka yang jarang bisa dinikmati di kota-kota besar. Karena sedikitnya polusi cahaya di Pulo Cinta, gugusan bintang yang indah dan gemerlap di malam hari dapat kamu nikmati dengan mata telanjang. Tentu saja, hal ini bisa jadi momen yang super mengesankan, apalagi jika dihabiskan bersama pasangan atau orang terkasih.

Penyebab Kematian di Pantai Ternyata Bukan karena Ratu Kidul, Lalu Apa?

Cara Mencapai Pulo Cinta

Untuk mencapai Pulo Cinta, kamu dapat memesan penerbangan ke Gorontalo. Dari Bandara Jalaluddin Gorontalo, perjalanan kemudian dilanjutkan dengan kendaraan darat selama 2 jam menuju Kabupaten Boalemo, Kecamatan Tilamuta. Kemudian dilanjutkan dengan menyewa mini boat menuju Pulo Cinta dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 20-30 menit.

Pulo Cinta dan lautannya | Sumber: pulocinta.com
info gambar

Pulo Cinta dengan beragam pesona keindahannya pasti akan membuat momen berlibur kamu menjadi semakin indah dan mengesankan. Nah, bagi kamu yang berencana berlibur ke sana, kamu akan dimanjakan dengan adanya berbagai fasilitas yang tersedia. Salah satunya layanan antar-jemput dari bandara Gorontalo hingga ke Desa Patoameme, termasuk menyeberang ke lokasi pulau. Termasuk untuk rute kembali ke bandara Gorontalo saat pulang.

Kamu berencana untuk berlibur maupun honeymoon ke Pulo Cinta? Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa kunjungi website https://www.pulocinta.com/.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini