Manifestasi Lagu Musisi Nadin Amizah yang Menggelorakan Semangat Generasi Z

Manifestasi Lagu Musisi Nadin Amizah yang Menggelorakan Semangat Generasi Z
info gambar utama

Nadin Amizah adalah seorang musisi asal Indonesia. Lagu-lagu yang dibawakannya kental dengan dengan genre dominan kombinasi kombinasi dari pop, R&B, dan musik tradisional. beberapa judul lagu miliknya antara lain: Bertaut, Sorai, Beranjak Dewasa, Rumpang, Taruh, Amin Paling Serius, dan apabila ditotal ada berkisar lebih dari sepuluh judul lagu.

Nadin Amizah menjadi ikon populer di kalangan industri musik Indonesia. berdasarkan informasi dari laman Young on Top, kepopuleran seorang Nadin Amizah salah satu pendukungnya adalah ia menginspirasi sekaligus memotivasi semangat gen Z melalui lagu. Disebutkan bahwa penyanyi sekaligu penulis lagu ini senantiasa menyelipkan pesan dan cerita dalam lagunya yang menggugah psikis pendengar.

Nadin Amizah Foto: Massive Music
info gambar

Namun demikian, apakah sebuah kebenaran bahwa kehadiran musik dengan narasi positif dan memotivasi mampu membangkitkan emosi dari pendengarnya? Pertanyaan ini diaminkan dalam sebuah sumber yang berasal dari laman Psikologi Unnes, sebuah penelitian yang melibatkan Maratos, Gold, Wang, & Crawford tahun 2018 menghasilkan temuan mengenai efektivitas musik dalam meningkatkan kualitas hidup.

Mengerucut pada generasi Z dan kebiasannya di media sosial. Umumnya, mereka cenderung terpenjara dalam pemikiran sempurna dengan referensi postingan beberapa akun lain. Pola konsumsi dan pemikiran ini berpotensi menyebabkan stres dan kecemasan pada generasi Z (gen Z). Apalagi adanya tuntutan berkarir bagus dan hidup sempurna dari beberapa oknum keluarga yang membuat gen Z semakin mengalami tekanan. Dengan demikian, asumsinya musik dapat menjadi alternatif untuk relieve emosi negatif mereka.

Baca juga: Etika Berkendara yang Hilang: Ketika Lampu Sein Dibiarkan Tetap Menyala

Genre musik yang tenang dan sendu yang berpeluang menjadi pereda stres generasi Z. Seperti contoh genre akustik yang memfasilitasi pendengar sebuah lagu tanpa pengiring alat music elektronik. Jenis lagu ini dinilai memberi input ketenangan mendalam kepada pendengarnya. Berkenaan dengan ini, melansir dari Grid.id, musisi Nadin Amizah pun menjadi bagian dari penyanyi yang membawakan musik akustik.

Lantas seperti apa bentuk komunikasi seorang musisi Nadin Amizah dalam karya lagunya yang dinilai menginspirasi generasi Z (kaum muda)? Mari kita simak penjabaran berikut ini.

Lagu Berjudul “Beranjak Dewasa”

Dalam khazanah narasi lagu berjudul “Beranjak Dewasa”, tersimpul pesan yang dapat dimaknai dengan sebuah fase kehidupan menuju dewasa yang terasa begitu cepat kedatangannya dengan segala dinamika peristiwa yang harus dihadapi. Satu yang menjadi pesan adalah bahwa dewasa dengan segala naik turunnya kesulitan dan kebahagiaan merupakan permulaan dari peristiwa lanjutan yang harus dihadapi dengan psikologi dewasa juga.

Lagu Berjudul “Bertaut”

Lagu berjudul bertaut ini menyajikan lirik yang tidak biasa dan cenderung “kasar” bagi sebagian khalayak yang tidak terbiasa dengan umpatan. Dalam lagu ini tersuguhkan pesan mengenai perjuangan dalam menjalani hidup. Penulis yang seakan menyampaikan pesan bahwa betapa keras hidup dalam menghimpit, ia masih sanggup bertahan dengan segala kemampuannya.

Lagu Berjudul “Seperti Tulang”

Lagu ini mengisahkan sebuah kepiawaian seseorang dalam menyembunyikan luka dalam hati dan memilih bahagia di depan publik. Seni berkomunikasi yang menyuguhkan luka batin untuk tidak diketahui orang lain.

Baca juga: Pentingnya Pendidikan Bagi Masyarakat Indonesia

Lagu Berjudul “Rumpang”

Lagu ini menyiratkan pesan mengenai kehilangan seseorang. Setiap hidup akan disuguhkan pertemuan dan perpisahan. Pertemuan dimulai dengan kikuk kemudian berlangsung akrab dan bahkan menjadi sahabat dan perpisahan yang akan meninggalkan kesedihan dan luka. Selain itu narasi dalam lagu ini pun dapat dimaknai mengenai representasi sebuah keadaan lemah yang dimiliki oleh setiap manusia dan sudah sewajarnya perlu bangkit.

Bagaimana Kawan? Tertarik untuk menganalisa judul lagu Nadin Amizah yang lain?

Referensi:

  • https://www.grid.id/read/043820065/lagu-baru-nadin-amizah-rayuan-perempuan-gila-musik-folk-akustik-yang-pas-dinikmati-kala-senja?page=all#:~:text=Genre%20yang%20dianut%20Nadin%20dalam,pop%2C%20folk%2C%20dan%20akustik.
  • https://psikologi.unnes.ac.id/musik-dan-psikologi-benarkah-musik-dapat-mempengaruhi-kondisi-psikologis/
  • https://www.youngontop.com/nadin-amizah-sosok-anak-muda-inspiratif-dengan-segala-keunikannya/#:~:text=Nadin%20Amizah%20dikenal%20sebagai%20salah,lagu%20ciptaannya%20di%20atas%20panggung.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

TA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini